Bocah Dibawah Umur Curi Uang 13 Juta! Jauhkan Anak Dari Sifat Mencuri, Begini Menurut Islam

0
64
Bocah Dibawah Umur Curi Uang dan Cara Hindarkan Anak Dari Sifat Mencuri

Bocah dibawah umur – Seorang bocah 12 tahun baru-baru ketahuan mencuri uang 13 juta di sebuah hotel yang ada di jalan Pengayoman, Panakkukang, Makassar. Setelah diinterogasi, bocah ini mengaku bahwa sudah beberapa kali melakukan pencurian. Hanya saja baru kali ini mencuri yang hingga belasan juta. Aksinya dilakukan saat resepsionis dan security tertidur. Namun kemudian ditangkap setelah aksi pencuriannya terlihat di rekaman CCTV hotel.

Bocah Dibawah Umur Curi Uang dan Cara Hindarkan Anak Dari Sifat Mencuri

Perbuatan mencuri tentu saja bukan tindakan terpuji. Selain melanggar hukum negara karena termasuk tindakan kriminal, ini juga menyimpang dari ajaran islam. Itu sebabnya, islam melarang perbuatan mencuri. Selain termasuk dosa besar, ini juga merupakan perbuatan zalim lho. Lebih miris lagi pencurian ini justru dilakukan oleh anak 12 tahun yang tentunya masih dibawah umur. Dimana seharusnya ia masih dalam pengawasan dan didikan orang tua.

Bocah Dibawah Umur Curi Uang 13 Juta! Jauhkan Anak Dari Sifat Mencuri, Begini Tipsnya Menurut Islam

Bocah Dibawah Umur Curi Uang dan Cara Hindarkan Anak Dari Sifat Mencuri

Bocah dibawah umur curi uang hingga belasan juta di sebuah hotel. Bahkan ini sudah ke-5 kalinya ia melakukan aksi pencurian tersebut. Tentu saja ini merupakan fenomena yang cukup miris, dimana kalangan anak-anak dibawah umur sudah berani mencuri. Dalam islam sendiri, mencuri sangat dilarang. Bukan hanya menjadi sebab dosa, namun juga termasuk perbuatan zalim. Allah pun membenci kezaliman lho.

Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.(1)

Ayat ini menunjukkan bahwa mencuri adalah perbuatan yang dibenci oleh Allah dan menyimpang dari ajaran islam. Itu sebabnya Allah memerintahkan pembalasan potong tangan bagi pencuri. Lalu bagaimana jika mencuri justru dilakukan oleh anak dibawah umur? tentu saja orang tua harus tahu cara menjauhkan anak dari sifat atau perbuatan zalim ini.

Tanamkan Kepada Anak Bahwa Mencuri Adalah Dosa

Bocah Dibawah Umur Curi Uang

Untuk menjauhkan anak dari perbuatan zalim seperti mencuri ini. Maka orang tua harus menanamkan sejak dini bahwa mencuri adalah dosa. Anak harus diberikan pengertian tentang perbuatan yang tidak boleh dilakukan. Sehingga jika dalam diri anak tertanam bahwa mencuri adalah dosa, dibenci oleh Allah dan balasannya adalah neraka misalnya. Maka anak akan enggan untuk mencuri.

Ajari Anak Untuk Senantiasa Bersyukur

Ada banyak alasan kenapa seseorang mencuri, dan yang paling mendasar adalah karena tidak bersyukur. Itu sebabnya, untuk menjauhkan anak dari perbuatan mencuri perlu untuk ditanamkan sifat syukur. Sehingga anak akan terbiasa mensyukuri apa yang dimilikinya. Dengan bersyukur, maka tidak akan ada alasan untuk mencuri meskipun dalam keadaan yang terhimpit sekalipun.

Bekali Anak Dengan Ilmu Agama Yang Cukup

Ilmu agama adalah salah satu pedoman bagi kaum muslimin dalam kehidupan. Jika seseorang memiliki bekal ilmu agama yang cukup, maka ia juga akan lebih banyak mengamalkan hal-hal baik. Dan tentunya menjauhi apa-apa yang tidak baik dan dilarang dalam islam. Begitu juga untuk menjauhkan anak dari sifat atau perbuatan mencuri ini. Orang tua perlu membekali anak dengan ilmu agama yang cukup.

Bocah dibawah umur – melakukan aksi mencuri, tentu saja ini menyimpang dari ajaran islam. Itulah kenapa, perlunya cara untuk menjauhkan anak dari sifat mencuri. Semoga bermanfaat ya sobat CahayaIslam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ma’idah Ayat 38

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY