Meninggalnya Ibunda Jokowi, Kematian Rahasia Allah

0
20
Rahasia Allah Kematian Tidak Bisa Dihindari, Perbanyak Amal Ibadah

Rahasia Allah – Kematian merupakan salah satu rahasia Allah yang kita sebagai manusia bahkan tidak bisa menduganya. Sehingga bukan hal yang biasa ketika mendengar berita duka yang datang dari orang terdekat. Sementara tidak pernah menyangka bahwa ajal menjemput lebih cepat saat sebelumnya kita mungkin masih bersua dengan beliau dalam keadaan sehat. Seperti halnya dengan berita duka yang datang dari presiden kita Jokowi atas meninggalnya sang bunda.

Berita duka yang datang dari keluarga presiden Jokowi pada Rabu, 25 Maret 2020 atas meninggalnya ibunda beliau tentu memberikan duka mendalam. Terutama bagi keluarga dan kerabat yang ditinggalkan. Kematian ibunda Jokowi juga dikabarkan karena sakit kanker yang dideritanya selama 4 tahun terakhir. Berbagai pengobatan juga sudah dijalani, namun Allah berkehendak lain. Sehingga ajal menjemput beliau tepat dikabarkan di hari ini. Ini mengingatkan kita sebagai umat muslim bahwa kematian selalu berdampingan dengan kehidupan kita.

Kematian Merupakan Rahasia Allah, Mempersiapkan Diri Adalah Hal Terbaik Bagi Kaum Muslim

Memaknai Kematian Yang Tidak Lain Adalah Rahasia Allah

Rahasia Allah – Kematian, sejatinya merupakan hal yang menakutkan bagi setiap orang. Namun meski begitu, kematian tidak bisa dihindari atau ditunda. Sehingga yang bisa kita lakukan sebagai umat muslim, bukanlah mengkhawatirkan kematian yang tidak tahu kapan datangnya. Namun lebih kepada mempersiapkan diri agar saat kematian datang, kita sudah siap dalam keadaan yang terbaik. Seperti yang tertulis pada ayat berikut,

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. (1)

Ayat diatas memberikan kita sebuah nasehat, bahwa kematian adalah hal yang akan datang pada kita sebagai manusia yang hidup. Bahkan tidak ada siapapun yang akan terhindar dari kematian. Itu sebabnya kita diingatkan untuk tidak lalai dengan kehidupan dunia yang hanya digunakan untuk kesenangan saja. Hal terbaik yang bisa dipersiapkan adalah dengan memperbanyak amal dan pahala untuk bekal kematian. Sehingga kematian tidak lagi menjadi hal yang menakutkan jika kita memiliki persiapan untuk menghadapinya.

Bagaimanapun Kematian Adalah Rahasia Allah, Sebabnya Kematian Tidak Bisa Dihindari

Kematian Rahasia Allah Yang Akan Ditemui Semua Makhluk Hidup

Sebagai seorang muslim yang berpegang teguh pada agama kita, yaitu Islam. Maka kita tentu tahu bahwa dasar kehidupan adalah kembali pada kematian. Kematianpun bukannya tidak datang pada kita, hanya kita tidak mengetahui kapan datangnya. Banyak orang sibuk mengkhawatirkan kematian, namun lupa untuk mempersiapkan diri. Bahkan sebagian orang justru diperdaya dengan gemerlap dunia, hingga lupa bahwa ia akan diketemukan dengan kematian juga. Karna kematian tidak bisa dihindari, seperti yang disebutkan ayat ini,

أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكْكُمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ ۗ

Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh. (2)

Rahasia Allah tentang kematian, disebutkan pada ayat diatas  bahwa kematian adalah hal yang tidak akan bisa dihindari. Bahkan sejauh apa dan sekokoh apa benteng yang menghalangi. Ini merupakan bukti bagaimana kuasa Allah SWT. Semua manusia yang hidup akan merasakan kematian, dan kematian akan datang padanya. Oleh karena itu, apa yang harus kita lakukan? Sebagai umat muslim mari sibukkan diri untuk beribadah, beramal dan perbanyak pahala dengan kebaikan-kebaikan.

 


Catatan Kaki:

(1) – Ali ‘Imran Ayat 185

(2) – An-Nisa’ Ayat 78

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!