Gunung Lawu Tempat Tinggal Jin? Kenali Tempat Tinggal Jin menurut Islam

0
78

Gunung Lawu– Anda tentu sering mendengar tentang misteri-misteri yang ada di gunung. Banyak orang yang mengatakan Jika gunung merupakan tempat yang penuh dengan misteri. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya cerita mistis di tengah masyarakat terkait dengan gunung. Bahkan banyak orang yang mengalami langsung kejadian mengerikan ketika sedang berada di sebuah gunung atau sedang melakukan pendakian.

Benarkah Gunung Lawu Pusat Tempat Tinggal Jin?

Banyak yang mengatakan bahwa gunung Lawu merupakan pusat tempat tinggal jin di pulau Jawa. Mitos ini sudah ada sejak dulu dan sudah menjadi cerita turun-temurun. Gunung adalah salah satu tempat tinggal jin. Ini sudah disebutkan di dalam salah satu hadis. Manusia tinggal di bumi berdampingan dengan makhluk ciptaan Allah lainnya seperti jin, hewan, dan lain-lain.

Tidak boleh sembarangan berkata kasar, atau berbuat maksiat di bumi. Apalagi di gunung yang menjadi tempat tinggal para jin. Mereka tentu akan merasa jengkel dan kesal jika k tempat tinggal mereka diganggu oleh manusia. Banyak para pendaki yang melakukan perbuatan kurang baik disesatkan jalannya oleh jin.

Jadi, di manapun berada kita sebagai manusia harus selalu berbuat baik dan mentaati perintah Allah. Allah memerintahkan kita untuk saling berlomba dalam kebaikan, menegakkan kebenaran dan mencegah kemungkaran (amar ma’ruf nahi munkar).

Berbicara soal Jin, mereka merupakan ciptaan Allah yang yang tinggal di bumi, sama dengan manusia tapi alam nya saja yang berbeda. Mereka tinggal di alam jin sebab mereka adalah makhluk gaib. Dalam Islam dijelaskan tempat-tempat yang biasanya menjadi tempat tinggal jin.

Tempat Tinggal Jin

Gua

Pernah suatu ketika Jin mendatangi Rasulullah untuk minta diajari ilmu Alquran. Dan akhirnya Beliau menyanggupi permintaan mereka titik diketahui mereka tinggal dalam sebuah gua di padang pasir.

Lautan

Laut menjadi salah satu tempat tinggal kesukaan para jin. Jin yang menetap di laut atau air disebut jin ghowwas. kita tahu bahwa jin juga mempunyai kerajaan. Disebutkan dalam sebuah hadis sahih riwayat Muslim, bahwa singgasana jin berada di laut.

عن جابر رضي الله عنه قال سمعت النبي صلى الله عليه و سلم يقول إن عرش إبليس على البحر فيبعث سراياه فيفتنون الناس فأعظمهم عنده أعظمهم فتنة

“Dari Jabir, Nabi ‘alaihis shalatu was salam bersabda, “Sesungguhnya iblis singgasananya berada di atas laut. Dia mengutus para pasukannya. Setan yang paling dekat kedudukannya adalah yang paling besar godaannya.” (Shahih, HR. Muslim 2813).

Gunung

Mungkin sobat cahaya Islam pernah mendengar mitos bahwa gunung merupakan tempat tinggal jin. Berdasarkan hadis sahih ternyata benar bahwa gunung memang menjadi salah satu tempat tinggal jin. Jadi mungkin memang benar, gunung Lawu dan gunung-gunung lain di Indonesia juga merupakan tempat tinggal bangsa jin.

Lubang

Rasulullah pernah memperingatkan kepada umatnya agar tidak mengencingi lubang. Karena bisa jadi lubang tersebut bukan hanya rumah hewan tetapi juga bisa menjadi tempat sarang jin. Mengencingi lubang bisa menyakiti hewan yang tinggal di dalam lubang tersebut. dan mungkin juga bisa menjadi tempat tinggal jin. Jadi sebaiknya hindari kencing di atas lubang.

Toilet dan WC

Tempat tinggal favorit Jin lainnya yaitu toilet. Apa besok merupakan tempat yang penuh najis serta kotor. Biasanya Jin yang tinggal di tempat seperti itu adalah jin kafir. Oleh sebab itu sobat cahaya Islam saat akan memasuki atau keluar dari WC harus membaca doa. Doa keluar masuk WC bisa untuk mencegah gangguan jin saat sedang melaksanakan buang hajat.

itulah beberapa tempat yang sering dijadikan tempat tinggal Jin. Dimanapun kita harus selalu menjaga perilaku kita dan tidak lupa agar berdoa supaya bisa terhindar dari gangguan jin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!