Golongan Manusia Terbaik Menurut Islam

0
301
Golongan Manusia Terbaik 1

Golongan manusia terbaik Sebagai manusia sekaligus seorang muslim, sudah pasti kita selalu mencoba menjadi manusia yang terbaik di mata Allah SWT. Orang yang benar-benar hidup untuk mengejar akhirat maka akan selalu berusaha untuk menjalankan apa-apa yang menjadi perintahNya. Serta menjauhi apa-apa yang menjadi laranganNya, sehingga dengan begitu segala perbuatan sesuai dengan ajaran islam.

Meskipun tiap-tiap manusia memiliki versi terbaiknya masing-masing. Namun ada beberapa golongan manusia yang dianggap sebagai orang yang terbaik menurut pendapat islam. Untuk dapat menjadi manusia terbaik maka kita harus mengetahui bagaimana kriteria menurut pandangan dalam islam itu sendiri. Sehingga kaum muslimin dapat bercermin dan juga menjadikannya sebagai teladan.

Golongan Manusia Terbaik Menurut Islam, Simak Ini!

Golongan Manusia Terbaik 2

Golongan manusia terbaik menurut islam terdiri dari beberapa golongan. Hal ini dapat menjadi tolak ukur sekaligus sebagai introspeksi diri, agar kita tidak lelah untuk selalu memperbaiki diri di hadapan Allah SWT. Tahukah sobat CahayaIslam, bahwa Allah memiliki beberapa golongan manusia yang dianggap sebagai orang yang terbaik dan layak untuk mendapatkan rahmat-Nya.

Salah satu golongan manusia terbaik menurut pandangan dalam islam itu sendiri adalah orang yang tidak lalai atas hutangnya. Sehingga ia pun bersikap baik dalam melunasi hutang yang menjadi kewajibannya.

وَلَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ وَتُدْلُوا بِهَا إِلَى الْحُكَّامِ لِتَأْكُلُوا فَرِيقًا مِنْ أَمْوَالِ النَّاسِ بِالْإِثْمِ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui.

Ayat ini menjelaskan tentang bagaimana Allah melarang kaum muslimin untuk memakan harta dengan jalan yang bathil. Sama halnya jika seseorang enggan membayar hutang, maka ini termasuk dalam perbuatan memakan harta yang bukan menjadi haknya.

Lalu golongan manusia seperti apa yang terbaik menurut islam?

Orang Yang Mengamalkan Al Quran

Salah satu golongan manusia terbaik menurut islam adalah orang yang mengamalkan Al Quran. Baik itu belajar atau mengajarkan Al Quran. Maka orang-orang yang senantiasa membaca serta mengamalkan Al Quran adalah orang yang disukai oleh Allah SWT.

Orang Yang Bersikap Baik Kepada Keluarganya

Manusia terbaik menurut islam adalah orang yang bersikap baik kepada keluarganya. Bagaimanapun, keluarga adalah orang terdekat yang harus kita perlakukan dengan baik. Maka barangsiapa yang berbuat baik dan memuliakan keluarganya, Allah pun akan memuliakan orang tersebut tentu saja.

Orang Yang Diandalkan Kebaikannya

Orang terbaik dalam pandangan Rasulullah SAW adalah orang yang paling diandalkan kebaikannya dan paling jauh keburukannya. Sehingga kebaikan dari orang tersebut adalah yang paling diharapkan. Ini artinya, ia termasuk dalam golongan orang yang senantiasa berbuat baik dan menjauhi keburukan.

Golongan manusia terbaik – Ada beberapa golongan manusia yang dianggap sebagai manusia terbaik menurut islam. Diantaranya adalah orang yang memberikan makan dan juga orang yang bermanfaat bagi orang lain. Semoga kita semua dapat menjadi salah satu golongan manusia terbaik di hadapan-Nya ya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 188

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY