Orang Yang Menyesal Di Hari Kiamat, Siapa Mereka?

0
166
Orang Yang Menyesal Di Hari Kiamat 2

Orang yang menyesal – Hari kiamat merupakan hari akhir dimana semua manusia tidak memiliki waktu lagi. Baik untuk memperbanyak amalannya, berbuat baik, ataupun bertaubat. Itu sebabnya, Allah menganjurkan kaum muslimin untuk bertaubat agar kelak di hari kiamat dapat terhapus segala dosa dan kesalahannya. Namun sayangnya, ketika hari kiamat tiba maka orang yang tidak kunjung bertaubat akan diminta pertanggung jawaban untuk segala perbuatan selama di dunia.

Kita tahu bahwa segala bentuk perbuatan akan mendapatkan ganjaran dan harus dapat kita pertanggungjawabkan di akhirat nanti. Namun tahukah, bahwa pada hari kiamat terdapat golongan orang yang paling menyesal. Tentu saja penyesalan tersebut tidak akan ada artinya karena manusia tidak lagi memiliki waktu untuk memperbaiki apapun itu.

Orang Yang Menyesal Di Hari Kiamat, Begini Menurut Islam

Orang Yang Menyesal Di Hari Kiamat 1

Orang yang menyesal di hari kiamat terdiri dari beberapa golongan. Hal ini karena hari kiamat adalah akhir dari kehidupan di dunia. Sehingga apapun itu sudah tidak ada lagi tersedia waktu untuk mengulang ataupun memperbaiki. Itulah kenapa akan ada manusia yang paling menyesal pada hari kiamat nantinya. Seperti apa yang tertulis dalam ayat Al Quran mengenai hari kiamat.

يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ

Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka,Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. (1)

Ayat ini menjelaskan tentang bagaimana pada hari akhir nanti tiap-tiap umat akan dibangkitkan untuk Allah mintai pertanggungjawaban atas segala yang mereka perbuat. Itu sebabnya, akan ada golongan manusia yang paling menyesal.

Siapakah orang yang paling menyesal di hari kiamat menurut islam?

Orang Yang Tak Menuntut Ilmu

Salah satu golongan orang yang paling menyesal di hari kiamat adalah orang yang memiliki kesempatan untuk menuntut ilmu namun ia tak menuntutnya. Sehingga ia menyesal karena orang lain dapat mengambil manfaat dari ilmu tersebut, sementara dirinya tidak dapat mengambil manfaat itu.

Orang Yang Berbicara Keadilan, Namun Tindakannya Berlawanan

Orang yang paling menyesal di hari kiamat diantaranya adalah orang yang menggambarkan keadilan dengan kata-katanya. Namun, tindakannya berlawanan dengan keadilan.

Orang Yang Mencari Harta Bukan di Jalan Allah

Orang yang mencari harta bukan di jalan Allah atau bukan dalam ketaatan kepada Allah, kemudian harta tersebut diwariskan kepada pewarisnya. Namun pewarisnya justru menggunakan harta tersebut dalam ketaatan kepada Allah, sehingga karena kebaikannya itulah ia masuk surga. Sementara orang yang mencari harta bukan di jalan Allah akan masuk neraka karena hartanya tersebut.

Orang yang menyesal – Beberapa golongan orang adalah yang paling menyesal di hari kiamat disebabkan apa yang ia perbuat. Sementara ia tak dapat kembali pada waktu dimana ia dapat mengulang hal yang disesali. Itu sebabnya sobat CahayaIslam, mari kita menjadi manusia sebaik-baiknya hingga tak ada penyesalan kelak.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Az-Zalzalah Ayat 6-8

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY