Hand Sanitizer Alami yang Mudah di Buat Sendiri

0
101
hand sanitizer

Hand sanitizer – Masalah virus corona memang masih terus saja menyita perhatian. Hingga saat ini masyarakat masih melakukan isolasi diri untuk mencegah penyebaran dan penularan virus tersebut. Berdasarkan berita yang beredar, korban yang meninggal akibat virus ini sudah lebih dari 30 orang. Betapa hal ini membuat banyak orang semakin panic hingga banyak yang memborong perlengkapan seperti alcohol, hand sanitizer dan lain sebagainya.

Akibat banyaknya orang yang membelui perlengkapan tersebut, stok hand sanitizer di pasaran menjadi semakin menipis. Selain itu juga menyebabkan harga barang tersebut melonjak naik. Bagi sobat cahaya Islam yang ingin mendapatkan hand sanitizer yang murah kini sudah ada alternative mudah yang bisa dilakukan.

hand sanitizer

Hand Sanitizer Buatan Sendiri

Sobat cahaya Islam tidak perlu membeli hand sanitizer karena bisa membuatnya sendiri di rumah. bahan yang digunakan untuk membuat pembasmi kuman ini cukup sederhana. Anda bisa menyiapkan daun sirih dan juga jeruk nipis sebagai bahan utama. Jangan lupa juga untuk menyiapkan air sebagai bahan untuk merebus sirih dan jeruk.

Caranya sangatlah mudah. Pertama anda harus mencuci 7 lembar daun sirih terlebih dahulu. selanjutnya keringkan sebentar dibawah terik matahari. Apabila sudah anda bisa menggunting atau memotongnya kecil-kecil. Jika sudah tambahkan air atau bisa juga dengan cara memasak daun sirih seperti di tim. Jika sudah maka anda bisa memask hingga beberapa menit. jika sudah maka anda akan mendapati cairan daun sirih yang siap digunakan.

Jika anda ingin mengurangi aroma daun sirih yang pekat maka bisa menambahkan perasan jeruk nipis atau kulit jeruknya. Kulit jeruk bisa di rebus bersama dengan daun sirih sebagai penetral aroma dan semakin memperkuat kemmpuan hand sanitizer dalam membunuh bakteri.

hand sanitizer 1

Jika sudah anda bisa menyimpan hcairan ke dalam botol semprot. Hand sanitizer alami sudah siap untuk digunakan. Cara lain yang lebih mudah adalah dengan langsung merebus 7 lembar daun sirih dengan 2 gelas air. Nantinya setelah mendirih anda bisa meniamkan beberapa saat hingga dingin baru siumpan di dalam botol semprot.

Hand Sanitizer Murah dan Hemat

Cara membuat hand sanitizer tersebut sangat mudah dilakukan. Bahan bakunya juga mudah ditemukan di berbagai tempat terutama yang memiliki tanaman ini di rumah. sobat cahaya Islam tidak perlu merasa bingung lagi untuk menemukan hand sanitizer murah dan mudah selama masa isolasi.

Selain membuat hand sanitizer sendiri, anda juga bisa mencoba untuk membuat masker sendiri dengan menggunakan bahan yang sederhana. Menjadi kreatif ditengah kesulitan seperti ini memang sangat diperlukan. Hal yang terpenting adalah jangan menjadi roang yang mudah panic hingga melakukan hal-hal yang merugikan orang lain seperti memborong masker, hand sanitizer dan lain sebagainya.

hand sanitizer 2

Tetap Waspada dan Bijaksana

Muslim yang beriman memang penting untuk menjadi pribadi yang bijaksana meskipun keadaan memang banyak menuntut kita melakukan hal-hal yang tidak biasa. akibat virus corona ini, banyak orang yang kebingungan hingga memborong persediaan hand sanitizer di toko atau di pusat perbelanjaan.

“dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (Q.S Al-An’am[6]: 141)

Kita jangan sampai melakukan hal yang berlebihan meskipun kita mampu melakukannya. Akan lebih baik jika kita melakukan ikhtiar bersama dan tetap biajksana dalam melakukan pencegahan virus corona. Penyakit apapun yang turun di bumi ini adalah atas kehendak Allah. Semuanya terjadi atas izin Allah. Jkita perlu membedakan sifat tawakal dan sifat takabur. Sifat tawakal artinya berserah diri kepada Allah namun tetap dengan ikhtiar terbaik sedangkan takabur adalah merasa aman dan egois hingga menghiraukan ikhtiar yang seharusnya dilakukan.

Semoga kita semakin bijaksana dan tetap dalam lindungan Allah. Aamiin ya Robbal Alamin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!