Genangan Air Mencapai Atap Rumah, Inilah Hikmah di Balik Bencana Banjir Jakarta!

0
114

Banjir Jakarta – Kabar duka kini datang dari ibu kota. Curah hujan yang tinggi membuat beberapa wilayah di kota Jakarta terendam banjir. Selain curah hujan yang tinggi, banjir disebabkan luapan Sungai Ciliwung yang limpas. Hal ini tentunya menjadi salah satu bencana yang amat  mengerikan. Bahkan, banjir mencapai beberapa atap rumah warga.  Banjir melanda daerah Cililitan, kawasan Jakarta Timur. Tercatat kurang lebih sekitar 20 warga dievakuasi untuk mengungsi di tempat yang lebih aman.

Sobat Cahaya Islam, tidak ada asap tanpa ada api. Bencana yang datang tentu ada penyebabnya. Selain itu, setiap bencana yang terjadi terdapat hikmah yang dapat dipetik. Hal ini sebagai salah satu pembelajaran dalam hidup guna mewujudkan kehidupan yang lebih hakiki.

Hikmah yang Didapatkan dari Bencana Banjir

Sebagaimana yang diketahui, segala hal yang ada di dunia ini senantiasa memberikan manfaat dan madharat. Sekali pun musibah atan bencana yang tiba, memberikan hikmah besar yang bisa dipetik. Di antara hikmah yang dapat dijadikan pembelajaran yakni sebagai berikut.

1.   Bukti Kekuasaan Allah SWT

Musibah atau pun bencana yang menghadang manusia merupakan bukti kekuasaan Allah SWT. Hal ini sebagai salah satu pengingat bahwa manusia hanyalah makhluk yang lemah dan membutuhkan Allah SWT. Kesadaran pada manusia betapa tidak ada apa-apanya seorang manusia tanpa Sang Maha Kuasa.

2.   Kesempatan untuk Introspeksi

Hadirnya suatu bencana merupakan salah satu kesempatan untuk berintropeksi. Bencana yang melanda tentu tidak lepas dari perbuatan yang dilakukan manusia itu sendiri. Sepeti halnya Banjir Jakarta yang merendam beberapa pemukiman warga. Bencana sebagai pengingat akan kelalaian yang telah dilakukan manusia. Hal ini sebagai salah satu kesempatan kepada manusia untuk bisa memperbaiki.

3.   Meningkatkan Kepedulian Terhadap Sesama

Bencana yang melanda suatu kawasan sebagai salah satu hal yang akan meningkatkan kepedulian sesama manusia. Ketika muslim yang satu terkena bencana, maka muslim lainnya akan membantu. Hal ini sebagai salah satu perwujudan bentuk kasih-sayang sesama manusia. Melalui suatu bencana, rasa peduli serta ikatan persaudaraan sesama manusia pun akan semakin kuat.

4.   Meningkatkan Kesabaran

Suatu bencana sebagai salah satu ujian yang hendaknya diterima dengan penuh kesabaran. Setiap orang yang beriman akan diuji dengan beragam bentuk. Hal ini dijelaskan dalam firman Allah swt, yakni sebagai berikut.

أَمْ حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَأْتِكُمْ مَثَلُ الَّذِينَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ ۖ مَسَّتْهُمُ الْبَأْسَاءُ وَالضَّرَّاءُ وَزُلْزِلُوا حَتَّىٰ يَقُولَ الرَّسُولُ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ مَتَىٰ نَصْرُ اللَّهِ ۗ أَلَا إِنَّ نَصْرَ اللَّهِ قَرِيبٌ

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat. (Qs. Al-Baqarah: 214)”

5.   Pengingat untuk Tidak Terlalu Mencintai Dunia

Tanpa disadari, kebanyakan manusia lebih condong terhadap kehidupan dunia dan menyepelekan akhirat yang kekal. Adanya suatu bencana mengingatkan bahwa dunia ini hanyalah tempat persimpangan sebelum menuju akhirat. Oleh karena itu, senantiasa memerhatikan kehidupan dunia sewajarnya saja.

6.   Sebagai Penghapus Dosa

Munculnya musibah atau pun bencana akan menjadi salah satu penghapus dosa serta diangkat derajatnya seseorang. Hal ini dijelaskan dalam beberapa hadits, salah satunya sebagai berikut.

Tidaklah sesuatu pun yang menimpa orang mukmin , sampai duri yang menancapnya kecuali Allah catat baginya dan dihilangkan kejelekan”. (HR. Muslim, No: 2572).

Demikianlah ulasan singkat terkait hikmah di balik bencana Banjir Jakarta. Semoga Sobat Cahaya Islam senantiasa diberikan kesabaran dalam menghadapi berbagai ujian yang menghadang. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan keimanan seseorang.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY