Banyak Terjadi Gempa Terkini di Indonesia, Ini Cara Menyikapinya

0
406
gempa terkini

Gempa Terkini – Di Indonesia kerap terjadi fenomena gempa terkini yang tergolong mengkhawatirkan dan membuat banyak orang merasa takut. Pastinya banyak orang termasuk Sobat Cahaya Islam sendiri merasa khawatir di daerah tempat tinggal terjadi gempa bumi.

Pasalnya guncangan bumi terjadi secara tiba-tiba dan tak banyak orang yang sadari keberadaannya. Terbaru, ada guncangan bumi yang terjadi di Cianjur dan menewaskan banyak orang.

Selain di Cianjur, ada 8 kawasan di Indonesia yang mengalami guncangan dengan kekuatan bervariasi. Guncangan tersebut terjadi pada hari ini Minggu 4 Desember 2022.

Pihak BMKG sendiri mencatat guncangan terkini terjadi di Jayapura Papua, Kep. Aru Maluku, Cianjur Jawa Barat, Bolsel Sulawesi Selatan. Selain itu gempa juga terjadi di Tasikmalaya Jawa barat, Boltim Sulawesi Utara, dan Lampung Barat.

Variasi kekuatan guncangan yang terjadi bervariasi mulai dari terkecil atau magnitudo di Lampung berkekuatan 1,9. Sementara itu guncangan terbesar atau Magnitudo terjadi di Cianjur Jawa Barat dengan kekuatan 4,6.

Hikmah Banyaknya Gempa Terkini Dalam Islam

Bagi umat islam, kita harus selalu yakin akan ada selalu hikmah di balik sebuah kejadian. Dalam hal ini, Sobat Cahaya Islam juga perlu meyakini hikmah gempa terkini.

Menilik guncangan bumi yang terjadi belakangan ini, tak serta merta hanya terlihat sebagai bencana alam untuk umat manusia. Sebab ternyata bencana gempa bumi tersebut bukan hal yang asing.

Apalagi, guncangan bumi menjadi fenomena alam yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja termasuk di Indonesia. Bukan itu saja, gempa bumi juga merupakan salah satu di antara fenomena alam yang tertulis di dalam Al Quran.

Baha nada juga penjelasan dalam Al Quran terkait hikmah di balik guncangan bumi  yang terjadi pada umat manusia.  Berikut ini ada beberapa hikmah di balik terjadinya gempa bumi yang perlu Sobat Cahaya Islam pahami.

1.       Tanda Kekuasan Allah SWT

Sobat Cahaya Islam, di dalam agama islam guncangan bumi berada di dalam Al Quran sebagai ayat-ayat kauniyah. Adapun maksud dari ayat-ayat kauniyah ini merupakan tanda-tanda kekuasan dari Allah SWT.

gempa terkini

Allah SWT menciptakan fenomena alam seperti guncangan bumi untuk memperlihatkan kekuasaannya. Dengan demikian makhluk ciptaannya yakni manusia akan merasa takut dengan ketetapan Nya.

Merujuk berdasarkan sunnatullah atau hukum alam, guncangan bumi memiliki hikmah tersendiri. Adapun hikmah tersebut merujuk pada tanah yang termasuk pergerakan gunung dan lapisan di dalam bumi.

Hal ini sebagaimana firman dari Allah SWT di dalam QS Al Naml ayat 88 yang berbunyi:

 وَتَرَى ٱلْجِبَالَ تَحْسَبُهَا جَامِدَةً وَهِىَ تَمُرُّ مَرَّ ٱلسَّحَابِ ۚ صُنْعَ ٱللَّهِ ٱلَّذِىٓ أَتْقَنَ كُلَّ شَىْءٍ ۚ إِنَّهُۥ خَبِيرٌۢ بِمَا تَفْعَلُونَ

Artinya: “Dan kamu sangka gunung-gunung itu tetap ada di tempatnya, padahal gunung-gunung itu bergerak seperti awan yang bergerak. Allah telah membuat segala sesuatu dengan kokoh. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

2.       Sebuah Peringatan

Tak hanya sebagai tanda-tanda kekuasaan Allah SWT, gempa bumi terjadi sebagai bentuk peringatan dari Allah terhadap hamba-Nya. Seperti yang Sobat Cahaya Islam ketahui, Allah SWT bersifat Maha Berkehendak.

gempa terkini

Lewat kejadian tertentu itulah, allah SWT turut memberikan peringatan agar hamba-Nya merasa takut dan akan kembali mengingat-Nya.

Hal ini sebagaimana yang berada di dalam firman Allah dalam QS Al Isra ayat 59 yang berbunyi:

وَمَا نُرْسِلُ بِالآيَاتِ إِلا تَخْوِيفًا

Artinya: “Dan tidaklah Kami memberi tanda-tanda itu melainkan untuk menakut-nakuti.” (QS. Al-Israa: 59)

3.       Musibah

Demikian pula sejatinya setiap kejadian serta fenomena alam juga bisa berkaitan dengan musibah. Tetapi musibah yang terjadi berupa penderitaan karena perbuatan manusia itu sendiri.

Itulah beberapa hikmah di balik gempa terkini yang bisa Sobat Cahaya Islam petik untuk menyikapi fenomena tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY