Gempa Terkini di Pangandaran, Ini Amalan Yang Perlu Kaum Muslimin Lakukan Saat Terjadi Gempa

0
93
Gempa Terkini di Pangandaran dan Ini Pandangan Dalam Islam

Gempa terkini di Pangandaran – Hari ini terjadi gempa dengan magnitudo 5,9 di Pangandaran, Jawa Barat. Meskipun sempat membuat panik namun menurut keterangan Ketua Tagana Pangandaran, kondisi saat ini aman dan kondusif. Dan juga belum ada laporan terkait bangunan yang rusak. BMKG sendiri juga merilis informasi bahwasanya gempa ini tidak berpotensi terjadi tsunami. Itu artinya gempa hari ini tidak menimbulkan kekacauan apalagi korban jiwa.

Gempa Terkini di Pangandaran dan Ini Pandangan Dalam Islam

Gempa adalah salah satu kejadian alam yang cukup sering terjadi di Indonesia. Bahkan beberapa kali terjadi bencana seperti tsunami sesaat setelah adanya gempa. Dalam islam sendiri, gempa merupakan bencana yang mungkin saja berkaitan dengan banyaknya kemaksiatan di bumi.  Ini telah diterangkan dalam firman Allah dimana bencana yang terjadi tidak lain adalah akibat perbuatan manusia.

مَا أَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِنَ اللَّهِ ۖ وَمَا أَصَابَكَ مِنْ سَيِّئَةٍ فَمِنْ نَفْسِكَ ۚ وَأَرْسَلْنَاكَ لِلنَّاسِ رَسُولًا ۚ وَكَفَىٰ بِاللَّهِ شَهِيدًا

Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. Kami mengutusmu menjadi Rasul kepada segenap manusia. Dan cukuplah Allah menjadi saksi.(1)

Gempa Terkini di Pangandaran, Ini Amalan Yang Perlu Kaum Muslimin Lakukan Saat Terjadi Gempa

Gempa Terkini di Pangandaran dan Amalan Muslim Ketika Gempa

Gempa terkini di Pangandaran sempat menghebohkan masyarakat yang juga merasakan efeknya. Apalagi guncangan gempa yang cukup besar, sehingga terasa sekali. Dalam islam, gempa adalah salah satu fenomena alam yang terjadi dan memang sudah ditetapkan oleh Allah. Karena sesungguhnya segala kejadian di bumi adalah dengan ketetapan-Nya. Bahkan gempa atau bencana alam ini selalu dikaitkan dengan perbuatan manusia.

Dalam kehidupan, di jaman yang semakin modern saat ini kemaksiatan semakin banyak  terjadi. Namun sedikit orang yang menyadari, bahwa semakin banyak bencana alam atau musibah yang terjadi di bumi. Itu artinya semakin banyak kemaksiatan yang sudah diperbuat manusia hingga mendapat teguran Allah. Inilah sebabnya, saat gempa terjadi kaum muslimin sebaiknya melakukan beberapa amalan. Amalan apa saja?

Melakukan Taubat Kepada Allah

Gempa Terkini di Pangandaran

Sobat CahayaIslam, segala yang terjadi di bumi ini adalah kehendak Allah. Termasuk bencana alam seperti gempa. Dan untuk menghentikannya maka kepada Allah juga kita meminta. Itu sebabnya, saat gempa terjadi maka amalan yang perlu kaum muslimin lakukan adalah bertaubat. Seperti dalam firman Allah dimana diterangkan bahwa musibah atau bencana yang terjadi adalah akibat perbuatan manusia. Maka sudah sepantasnya kita menyadari apa yang diperbuat dan melakukan taubat kepada Allah.

Perbanyak Istighfar, Doa dan Dzikir Kepada Allah

Amalan kedua yang bisa dilakukan saat terjadi gempa adalah memperbanyak istighfar, doa serta dzikir kepada Allah. Ini bisa menjadi jalan untuk mendapat pertolongan Allah dan bahkan mendapatkan ampunan Allah.

وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ ۚ وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun(2)

Menegakkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Amalan yang ketiga yang bisa kaum muslimin lakukan saat terjadi gempa adalah menegakkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Sebagaimana disebutkan dalam firmanNya bahwa bencana yang terjadi adalah akibat dari perbuatan manusia. Maka hendaknya kita memperbaikinya, caranya dengan menegakkan dakwah, kemudian saling mengingatkan dan amar ma’ruf nahi munkar. Sehingga memperkecil segala bentuk kemungkaran di bumi.

Gempa terkini di Pangandaran – bukan hanya sebagai salah satu fenomena alam yang terjadi. Namun ini menjadi pengingat bagi kaum muslimin untuk memperbanyak amalan. Semoga ini bermanfaat untuk sobat CahayaIslam sekalian ya.


Catatan Kaki:

(1) –  Surat An-Nisa Ayat 79

(2) – Surat Al-Anfal Ayat 33

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY