Doa Turun Hujan Agar Hujan Membawa Berkah

Doa Turun Hujan Meminta Hujan yang Barokah

0
204

berita Islam – Ketika musih hujan tiba maka banyak orang akan mengeluh dan ketika musim kemarau panjang maka kebanyakan juga akan mengeluh. Sifat manusia memang selalu seperti itu. Di musim penghujan seperti sekarang ini, sebaiknya kita selalu bersukur karena pada kenyataannya jika musim hujan tidak tiba maka akan sangat sulit untuk mendapatkan air. Selain itu tumbuhan juga akan mengering jika tidak tersiram air hujan. Berikut ini Doa Turun Hujan Agar Hujan Membawa Berkah.

Doa Turun Hujan Agar Hujan Membawa Berkah

Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh makhluk hidup saat musim hujan telah tiba. Tanah menjadi basah sehingga tumbuhan akan tumbuh dengan subur. Petani merasa senang karena swah terairi dengan baik, ikan merasa riang karena air kolam yang meningkat, manusia juga banyak terbantu ketika banyak air.

doa turun hujan

Di sisi lain jika musim penghujan telah tiba, bencana alam juga banyak terjadi seprti banjir, tanah longsor, gagal panen dan lain sebagainya. setiap bencana yang datang atau terjadi memang datangnya dari Allah namun bisa juga karena ulah tangan manusia.

Misalnya saja bencana banjir akibat banyak sampah menumpuk di aliran sungai, tanah longsong akibat hutan gundul dan lain sebagainya. Allah menurunkan segala sesuatu dengan maksud dan tujuan yang luar biasa. Hanya saja manusia memiliki keterbatasan dalam memahami apa yang Allah berikan.

Membaca doa turun hujan

Sobat cahaya Islam, sebagai orang yang beriman kita memiliki banyak cara untuk mensyukuri apa yang Allah berikan. Ketika musim hujan tiba sepatutnya kita selalu bersyukur karena Allah menurunkan rahmadnya ke bumi.

Salah satu hal yang perlu dilakukan oleh setiap muslim ketika hujan tiba adalah dengan membaca doa. Berikut ini adalah doa turun hujan yang penting diketahui setiap muslim:

اِنَّ النَّبِيَّ – صلى الله عليه و سلم – كَانَ اِدَا رَاَى الْمَطَرَ قالَ : اَللهُمَّ صَيِّبًا نَفِعًا

Artinya : Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan : Allahumma sayyiban nafi’an (Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat). (HR. Bukhori : 1032)

Dengan membaca doa tersebut inshaallah Allah akan menurunkan hujan yang bermanfaat dan bukan hujan yang membawa bencana. Hujan adalah rahmat dari Allah untuk setiap makhluk hidup di bumi. Apabila seseorang mampu melihat secara positif manfaat dari hujan maka tidak akan mudah mengeluh dan akan lebih banyak bersyukur.

Allah telah befirman:

“Dan Kami turunkan dari langit air yang banyak manfaatnya. Lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam.” (QS.Qaaf: 9)

doa turun hujan

Tanah yang kering akan menjadi subur ketika disiram oleh air hujan. Pepohonan tumbuh dengan subur dan banyak buah-buahan yang tumbuh. kita bisa melihat sendiri betapa saat musim penghujan tiba ada beragam buah yang bisa kita makan seperti buah durian, buah duku, manggis, langsat dan berbagai macam buah lezat lainnya.

Sobat cahaya Islam, bersyukur memang merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Apabila seseorang mendapatkan nimkmat dari Allah terkadang yang terlihat adalah hal-hal yang negative padahal ada begitu banyak hal baik yang bisa disyukuri.

Di musim penghujan ini kita bisa berlatih sabar dan syukur sekaligus. Jangan lupa untuk sering membaca doa tersebut terutama ketika hujan sedang turun. Semoga Allah menurunkan hujan yang bermanfaat dan menjauhkan kita dari bencana alam.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!