Arti Gong Xi Fa Cai dan Hukum Mengucapkannya bagi Umat Islam

0
31
Arti Gong Xi Fa Cai

Arti Gong Xi Fa CaiMeski sudah sering disebut, tetapi Arti Gong Xi Fa Caimasih banyak dipertanyakan. Istilah tersebut erat kaitannya dengan perayaan Tahun Baru Imlek. Umumnya masyarakat saling mengucapkan kepada orang yang merayakan.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, Gong Xi Fa Cai maknanya bukan selamat Tahun Baru Imlek, tetapi memiliki makna lain. Lalu sebenarnya apa maknanya? ketahui jawabannya pada pembahasan ini.

Penjelasan Arti Gong Xi Fa Cai

Sebelum mengucapkannya, ada baiknya mengetahui makna Gong Xi Fa Cai itu sendiri. Jangan sampai salah dalam memahaminya karena di dalamnya mengandung makna doa dan pengharapan.

Berdasarkan penulisannya, masing-masingnya tersimpan makna tersendiri. Jika dijabarkan yaitu Gong Xi artinya selamat, Fa artinya berkembang, dan Cai artinya kekayaan. Di sisi lain, Fa Cai berarti berkembang dan menjadi kaya.

Apabila seluruh kalimat disatukan maka membentuk arti semoga mendapatkan lebih banyak kekayaan atau kemakmuran. Hal tersebut merupakan pengharapan di tahun baru supaya menjadi pribadi yang semakin baik dan selalu beruntung.

Penggunaan kata Gong Xi sudah berlangsung dari beberapa abad lalu. Berdasarkan legenda, ucapan ini artinya memberikan selamat kepada penduduk China saat mereka mampu mengusir binatang buas bernama Nian.

Seiring dengan perkembangan zaman, Gong Xi kemudian diikuti dengan menambahkan Fa Cai di belakangnya yang bermakna kesejahteraan atau makmur.

Hukum Mengucapkan Selamat Imlek dalam Islam

Sampai sekarang, hukum mengucapkan selamat dalam perayaan hari besar agama lain masih menjadi perdebatan. Sahabat Cahaya Islam bisa memilih mana paling sesuai dengan keyakinan dan arahan para guru agama.

Arti Gong Xi Fa Cai

Berdasarkan penerapannya, ada dua hukum mengucapkan selamat Imlek yaitu boleh dan haram. Supaya jelas dan mengetahui alasan di balik pencetusan hukum tersebut, simak pembahasannya berikut ini:

1. Haram

Ada beberapa alasan mengapa mengucapkan selamat Imlek tidak boleh, salah satunya karena dalam perayaan tersebut seringkali diiringi dengan pesta dan bersenang-senang. Ibnu Qayyim Al Jauziyyah rahimahullah mengatakan:

وَأَمَّا التَّهْنِئَةُ بِشَعَائِرِ الْكُفْرِ الْمُخْتَصَّةِ بِهِ فَحَرَامٌ بِالِاتِّفَاقِ مِثْلَ أَنْ يُهَنِّئَهُمْ بِأَعْيَادِهِمْ وَصَوْمِهِمْ، فَيَقُولَ: عِيدٌ مُبَارَكٌ عَلَيْكَ، أَوْ تَهْنَأُ بِهَذَا الْعِيدِ، وَنَحْوَهُ، فَهَذَا إِنْ سَلِمَ قَائِلُهُ مِنَ الْكُفْرِ فَهُوَ مِنَ الْمُحَرَّمَاتِ، وَهُوَ بِمَنْزِلَةِ أَنْ يُهَنِّئَهُ بِسُجُودِهِ لِلصَّلِيبِ، بَلْ ذَلِكَ أَعْظَمُ إِثْمًا عِنْدَ اللَّهِ وَأَشَدُّ مَقْتًا مِنَ التَّهْنِئَةِ بِشُرْبِ الْخَمْرِ وَقَتْلِ النَّفْسِ وَارْتِكَابِ الْفَرْجِ الْحَرَامِ وَنَحْوِهِ

Terjemah: “Adapun memberi ucapan selamat terhadap syi’ar-syi’ar kekufuran yang merupakan ciri khas orang kafir hukumnya haram secara ijma’ (kata sepakat) para ulama. Semisal memberi ucapan selamat pada hari raya dan selamat atas puasa dengan mengatakan, ‘Semoga hari raya ini berkah untuk anda’, atau ucapan: “saya ucapkan selamat atas hari raya anda ini” atau semisal itu. Andaikan pengucapan tidak jatuh pada kekufuran, maka tetap saja ini adalah perkara yang diharamkan. Ucapan selamat yang demikian itu sama seperti kita mengucapkan selamat atau sujudnya seseorang kepada salib. Bahkan perbuatan ini lebih besar dosanya di sisi Allah dan lebih dibenci Allah dibanding seseorang memberi ucapan selamat kepada orang yang minum khamr, membunuh, berzina, atau ucapan selamat atas maksiat yang lainnya” (Ahkam Ahlidz Dzimmah, 1/441).

2. Boleh

Pada pendapat ulama kontemporer, menyebutkan bahwasannya mengucapkan selamat Imlek hukumnya boleh. Hanya saja niatnya untuk berbuat baik kepada sesama bukan mengubah akidah. Hal ini berprinsip pada QS. Al-Mumtahanah ayat 8:

لَا يَنْهٰىكُمُ اللّٰهُ عَنِ الَّذِيْنَ لَمْ يُقَاتِلُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ وَلَمْ يُخْرِجُوْكُمْ مِّنْ دِيَارِكُمْ اَنْ تَبَرُّوْهُمْ وَتُقْسِطُوْٓا اِلَيْهِمْۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِيْنَ

Terjemah: Allah tidak melarang kamu berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu dalam urusan agama dan tidak mengusir kamu dari kampung halamanmu. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil.

Arti Gong Xi Fa Cai

Setelah mengetahui Arti Gong Xi Fa Cai, Sahabat Cahaya Islam dapat memutuskan untuk mengucapkannya kepada non muslim atau tidak. Terlebih, para ulama mengeluarkan dua pendapat yaitu haram dan boleh dengan alasan tersendiri.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY