PLN Berikan Token Listrik Gratis tetapi Perlu Hemat, Pentingnya Berhemat dalam Islam

0
123

PLN – Memberikan token gratis terhadap masyarakat Indonesia, sebagai bentuk bantuan menghadapi pandemi virus Covid-19. Program ini bermula dari bulan April sampai terhitung sekarang bulan November.

Token listrik gratis diberikan kepada masyarakat yang menggunakan listrik 450 VA dan 900 VA prabayar. Untuk mendapatkannya bantuan itu, masyarakat bisa mendaftarkan diri melalui website milik PLN maupun bisa menggunakan WhatsApp resminya.

Biaya listrik gratis bukan berarti kesempatan untuk menggunakan berbagai media listrik dengan semena-mena. Melainkan harus tetap Arif dan bijaksana dengan berhemat. Mari kita terapkan pepatah “Hemat Pangkal Kaya”.

Sobat Cahaya Islam, anjuran untuk berhemat tentu telah diperintahkan. Islam memberikan arahan terkait segala lingkup kegiatan termasuk dalam hal ini. Sebagaimana dalam hadis berikut ini.

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَوَضَّأُ بِالْمُدِّ، وَيَغْتَسِلُ بِالصَّاعِ، إِلَى خَمْسَةِ أَمْدَادٍ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berwudhu dengan satu mud (air) dan mandi dengan satu sha’ sampai lima mud (air)” (HR. Bukhari no. 198 dan Muslim no. 325).

Hadis di atas menunjukkan perbuatan nabi terkait berhemat saat berwudhu, beliau hanya membutuhkan air satu mud sekitar setara dengan 0,688 liter air untuk berwudhu, dan sekitar sampai lima mud untuk beliau mandi.

Perintah berhemat dalam menggunakan air bisa diterapkan dalam segala aspek kehidupan dalam artian mewakili perintah berhemat dalam hal yang lain.

Mengingat bahwa lawan kata dari berhemat yakni menghamburkan-hamburkan, yang mana perbuatan ini dilarang menurut agama. Berikut ini, pentingnya berhemat yang perlu muslim ketahui.

Pentingnya Berhemat dalam Islam, termasuk Berhemat Menggunakan Listrik PLN

Ada beberapa hal yang bisa menjadi perenungan tentang pentingnya berhemat dalam segala hal menurut agama Islam.

  1. Mengikuti Sunah Nabi

Rasulullah SAW saja berhemat, yang mengaku menjadi umatnya perlu. Meneladani beliau dengan berhemat. Jika bisa dilakukan dengan hanya sebuah mengapa harus menggunakan semisal dua buah?

Sebenarnya perintah berhemat bukan hanya mengikuti sunah nabi tetapi juga menjalankan perintah Allah SWT untuk tidak boros. Larangan bersikap boros telah tertera dalam Al-Qur’an dan pemboros termasuk teman syaitan.

  1. Menghindari Kelangkaan

Tidak semua yang Allah SWT berikan bersifat leluasa atau dapat diperbaharui. Meskipun, ada sumber alam yang bisa diperbaharui untuk menghalau kelangkaan penting untuk berhemat.

  1. Sebagai Bentuk Peduli Masa Depan

Kita memang hidup di tahun 2020, yang masih bisa merasakan berbagai nikmat yang sumber daya alam. Berhemat penting demi kepentingan masa depan keturunan atau masa depan.

Tentu kita tidak ada yang menginginkan generasi penerus kita mengalami penderitaan karena kekurangan hanya disebabkan ulah kita yang belum mampu berhemat.

  1. Bisa Menjadikan Kaya

Muslim yang berhemat sangat kemungkinan bisa kaya dibandingkan yang tidak mampu mengelola dengan berhemat. Kaya memang bukan tujuan utama tetapi Islam tidak menganjurkan untuk berkekurangan.

Banyak tokoh-tokoh muslim yang mempunyai banyak kekayaan. Seperti Khalifah Usman bin Affan. Bila sudah kaya bisa ikut membela agama dengan mentasarufkan harta ke jalan Allah SWT.

  1. Bahagia

Berhemat berarti bisa memperkecil pengeluaran serta bisa bebas dari beberapa tagihan yang membengkak. Bebas tagihan tentu bisa membuat kalian tersenyum bahagia. Sesederhana itu bahagia dengan berhemat.

Sobat Cahaya Islam, lima hal di atas merupakan pentingnya berhemat. Semoga kita dapat berhemat dalam segala aspek kehidupan termasuk berhemat dalam menggunakan listrik PLN. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY