Dua Pendaki Foto Bugil, Tahukah? Ini Kenapa Seorang Muslim Harus Punya Rasa Malu!

0
27
Dua Pendaki Foto Bugil dan Pentingnya Rasa Malu

Dua pendaki foto bugil – Unggahan foto bugil dua pendaki di Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat sempat menggegerkan jagad raya. Jika umumnya tempat seperti gunung menjadi objek foto yang bagus. Ini justru menjadi objek untuk berbuat tidak sopan atau asusila dengan berpose bugil. Seketika unggahan ini mendapat banyak kecaman dari masyarakat. Meskipun akhirnya beberapa akun yang mengunggah foto ini memutuskan untuk menghapusnya atau take down.

Dua Pendaki Foto Bugil dan Pentingnya Rasa Malu

Berpose bugil adalah suatu perbuatan yang melanggar norma, dan bahkan termasuk perbuatan asusila. Apalagi ini dilakukan di tempat umum dan justru dipublikasikan. Bukankah miris sekali dimana manusia semakin tidak memiliki rasa malu. Dalam islam, seorang muslim diajarkan untuk memiliki rasa malu. Ini karena sikap malu yang bisa menghindarkan kita dari perbuatan yang merendahkan diri sendiri.

Dua Pendaki Foto Bugil, Begini Alasan Perlunya Memiliki Rasa Malu Bagi Seorang Muslim

Dua Pendaki Foto Bugil dan Alasan Perlunya Punya Rasa Malu

Dua pendaki foto bugil di Gunung Gede Pangrango adalah tindakan yang tidak sepantasnya dilakukan, bahkan oleh seorang muslim. Padahal perbuatan ini justru bentuk sikap mempermalukan diri sendiri. Namun di jaman sekarang justru semakin banyak orang yang tidak malu untuk mempermalukan diri sendiri. Lalu apa yang didapatkan? tentu saja kerugian, dan bahkan menjauhkan diri dari kecintaan Allah SWT lho.

Inilah alasannya islam mengajarkan kaum muslimin untuk menanamkan rasa malu dan memiliki rasa malu. Agar kita tidak berbuat hal yang justru merugikan dan merendahkan diri sendiri. Ada beberapa alasan perlunya  seorang muslim memiliki rasa malu menurut pandangan islam, apa saja?

Agar Mendapat Kecintaan Allah SWT

Dua Pendaki Foto Bugil dan Keutamaan Malu Dalam Islam

Alasan perlunya seorang muslim memiliki rasa malu adalah agar mendapatkan kecintaan Allah SWT. Sobat CahayaIslam, Allah mencintai orang-orang yang punya rasa malu. Itu sebabnya dalam ajaran islam, malu menjadi salah satu sifat yang harus dimiliki oleh muslim. Jika manusia sudah tidak memiliki rasa malu, apa yang akan terjadi dalam kehidupan di dunia ini? tentu saja kehancuran.

Rasulullah Adalah Sosok Yang Pemalu

Rasulullah adalah teladan bagi semua umat islam, itulah kenapa kita harus mengikuti ajaran Rasulullah SAW. Rasa malu adalah salah satu sikap yang bisa dijadikan teladan dari Rasulullah.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَدْخُلُوا بُيُوتَ النَّبِيِّ إِلَّا أَنْ يُؤْذَنَ لَكُمْ إِلَىٰ طَعَامٍ غَيْرَ نَاظِرِينَ إِنَاهُ وَلَٰكِنْ إِذَا دُعِيتُمْ فَادْخُلُوا فَإِذَا طَعِمْتُمْ فَانْتَشِرُوا وَلَا مُسْتَأْنِسِينَ لِحَدِيثٍ ۚ إِنَّ ذَٰلِكُمْ كَانَ يُؤْذِي النَّبِيَّ فَيَسْتَحْيِي مِنْكُمْ ۖ وَاللَّهُ لَا يَسْتَحْيِي مِنَ الْحَقِّ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah-rumah Nabi kecuali bila kamu diizinkan untuk makan dengan tidak menunggu-nunggu waktu masak (makanannya), tetapi jika kamu diundang maka masuklah dan bila kamu selesai makan, keluarlah kamu tanpa asyik memperpanjang percakapan. Sesungguhnya yang demikian itu akan mengganggu Nabi lalu Nabi malu kepadamu (untuk menyuruh kamu keluar), dan Allah tidak malu (menerangkan) yang benar.(1)

Rasa Malu Adalah Bentuk Keimanan

Malu terbagi dalam tiga bentuk rasa malu. Diantaranya adalah malu kepada Allah, malu kepada sesama dan malu kepada diri sendiri. Sobat CahayaIslam, rasa malu adalah tanda bahwa seorang muslim masih beriman. Itu artinya, malu menjadi bentuk keimanan seorang muslim. Jika seseorang sudah tidak memiliki malu, ini berarti ia tidak lagi memiliki iman. Naudzubillah.

Dua pendaki foto bugil – mencerminkan betapa kurangnya rasa malu yang dimiliiki oleh manusia. Sebagai seorang muslim, kita harus menanamkan rasa malu dalam diri. Ini agar kita terhindar dari perbuatan yang bisa merendahkan dan mempermalukan diri sendiri.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ahzab Ayat 53

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY