Pemobil Buang Sampah Sembarangan di Kalimalang, Ini Larangannya Dalam Islam!

0
61
Pemobil Buang Sampah Sembarangan dan Ini Larangannya Dalam Islam

Pemobil buang sampah – Beberapa waktu lalu sebuah video viral di sosial media, dimana tampak pemobil membuang sampah di Kalimalang. Tindakan ini mendapat banyak komentar karena tentu saja tindakannya sudah melanggar aturan yang ada. Aksi membuang sampah yang bukan pada tempatnya, ini sama saja dengan melakukan pencemaran lingkungan. Bahkan ini juga tertulis dalam Pasal 17 B Peraturan Daerah Kabupaten Bekasi Nomor 6 Tahun 2006, dimana masyarakat tidak boleh membuang sampah sembarangan.

Pemobil Buang Sampah Sembarangan di Kalimalang

Pemobil yang seketika viral karena aksinya yang membuang sampah sembarangan, akhirnya dikabarkan menyerahkan diri ke polisi. Dan saat ini sedang menjalani proses investigasi. Dalam ajaran islam, menjaga lingkungan adalah tindakan yang dianjurkan. Itu sebabnya, islam juga melarang keras tindakan mencemarkan lingkungan. Tentu saja membuang sampah sembarangan juga mengakibatkan hal-hal yang kurang baik lho sobat CahayaIslam.

Pemobil Buang Sampah Sembarangan di Kalimalang, Begini Larangannya Dalam Islam!

Pemobil Buang Sampah Sembarangan dan Ini Dilarang Dalam Islam

Pemobil buang sampah sembarangan menjadi suatu contoh tindakan yang tidak baik. Selain mencerminkan tindakan yang melanggar aturan dan hukum yang berlaku. Ini juga tidak sesuai dengan ajaran islam. Tahukah sobat CahayaIslam, bahwasanya mencemari lingkungan dengan membuang sampah sembarangan. Maka ini suatu bentuk kedzaliman karena melakukan kerusakan di bumi.

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).(1)

Dalam ayat ini, dijelaskan bahwasanya kerusakan di bumi adalah akibat perbuatan manusia. Dan atas kerusakan yang diperbuat tangan manusia inilah Allah berikan akibat juga kepada mereka. Itu artinya, Allah melarang berbuat kerusakan dan memberikan balasan bagi pelakunya. Begitu juga dengan membuang sampah sembarangan, ini termasuk salah satu perbuatan yang menyebabkan kerusakan lho.

Islam Larang Buang Sampah Sembarangan? Ini Alasannya!

Pemobil Buang Sampah Sembarangan dan Ini Larangannya Dalam Islam

Jika dalam ajaran islam berbuat kerusakan ini dilarang, maka itu artinya membuang sampah sembarangan juga tindakan yang hukumnya dilarang. Apalagi membuang sampah tidak pada tempatnya adalah bentuk sikap tidak menjaga lingkungan. Dan tahukah sobat CahayaIslam, ada beberapa alasan islam melarang buang sampah sembarangan.

Menyebabkan Kerusakan Lingkungan

Hal yang pertama menjadi alasan dilarangnya membuang sampah sembarangan tentu saja karena bisa sebabkan kerusakan lingkungan. Dari kerusakan yang terjadi ini, akan banyak akibat buruk yang bisa saja terjadi. Seperti bencana banjir misalnya. Ini merupakan akibat perbuatan manusia yang tidak menjaga lingkungan dan justru berbuat kerusakan.

Bukan Cerminan Sikap Muslim

Berbuat kerusakan seperti membuang sampah sembarangan bukanlah cerminan sikap seorang muslim. Itu sebabnya, islam melarang perbuatan tersebut. Sebagai seorang muslim, seharusnya mengetahui bagaimana menjaga lingkungan. Apalagi Allah menyukai orang-orang yang menjaga kebersihan.

Pemobil buang sampah – Sikap membuang sampah sembarangan bukanlah yang diajarkan oleh agama islam. Bahkan jelas bahwasanya ada larangan untuk berbuat kerusakan di bumi. Jadi sobat CahayaIslam, menjaga lingkungan adalah yang seharusnya dilakukan oleh kaum muslimin. Salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak sembarangan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ar-Rum Ayat 41

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY