Jangan Sepelekan Pekerjaan Rumah Tangga

0
109
pekerjaan rumah tangga

Motivasi islam – Banyak wanita yang mengeluh dengan pekerjaan rumah tangga. Pekerjaan rumah tangga memang terkadang sangat terasa berat karena seolah tidak ada habisnya. Namun dibalik itu semua ternyata ada banyak pahala yang tersimpan apalagi bagi wanita yang sudah menikah. Pernikahan memang bukan hanya tentang hal-hal yang membahagiakan saja namun didalamnya juga akan ada suka duka yang akan mewarnai kehidupan.

Jangan Sepelekan Pekerjaan Rumah Tangga

Jadi siapapun yang menikah harus menyiapkan diri dengan apapun yang akan terjadi di dalam pernikahan. Pekerjaan istri setelah menikah mungkin saja akan lebih banyak namun jika bisa menyikapinya dengan baik maka akan ada banyak sekali pahala yang di dapatkan. Allah memberikan pekerjaan dengan banyak pahala jadi ada pahala di setiap pekerjaan rumah tangga.

Sebagai seorang wanita perlu untuk mengetahui kewajiban dalam berumah tangga namun sebagai suami juga perlu untuk mengetahui kewajibannya dalam menyayangi istri dan keluarga agar istri yang melakukan pekerjaan dirumah tidak merasa seperti seorang pembantu.

Suami juga perlu untuk membantu pekerjaan istri apalagi jika pekerjaan istri sedang sangat banyak. Jika suami bisa menempatkan posisi dengan baik maka istri akan merasa lebih nyaman dan bahagia dalam mengerjakan tugas-tugasnya sebagai seorang ibu rumah tangga apalagi ada pahala di setiap pekerjaan rumah tangga.

Kisah fatimah yang lelah menggiling gandum

Suatu hari fatimah putri rasulullah menangis karena kelelahan saat menggiling gandum, lalu rasulullah memerintahkan agar penggilingan tersebut bergerak untuk menggiling sendiri dan ternyata penggilingan itu bergerak tanpa di sentuh.

Lalu rasulullah menjelaskan kepada putrinya bahkan jika dia mau maka akan diperintahkan kepada alat penggilingan itu agar bekerja sendiri sejak lama namun Rasulullah ingin agar putrinya mendapatkan pahala dari apa yang dikerjakan. ada pahala di setiap pekerjaan rumah tangga memang harus dipahami oleh setiap wanita.

Dalam sebuah hadis

جئن النساء إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقلن: يا رسول الله، ذهب الرجال بالفضل والجهاد في سبيل الله تعالى، فما لنا عمل ندرك به عمل المجاهدين في سبيل الله؟ فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من قعدأو كلمة نحوهامنكن في بيتها فإنها تدرك عمل المجاهدين  في سبيل الله.

Seorang wanita datang menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian berkata : “Wahai Rasulullah, laki-laki memiliki keutamaan dan mereka juga berjihad di jalan Allah. Apakah bagi kami kaum wanita bisa mendapatkan amalan orang yang jihad di jalan Allah? Rasulullah bersabda : “ Barangsiapa di antara kalian yang tinggal di rumahnya  maka dia mendapatkan pahala mujahid di jalan Allah.” [1]

Dari setiap apapun yang dikerjakan istri asalkan ikhlas dan juga diniatkan untuk beribadah kepada Allah maka akan memberikan pahala yang banyak. Bahkan membuatkan minum suami atau mencucikan baju saja ada banyak pahala dan bahkan penghapus juga.

Namun bagi sahabat cahaya islam yang belum mengetahui mengenai keistimewaan ibu rumah tangga tentu akan merasa berat dengan pekerjaan yang ada padahal pekerjaan rumah tangga tidak bisa dianggap remeh. Perlu sekali dipahami dengan baik bahwa ada pahala di setiap pekerjaan rumah tangga oleh setiap ibu rumah tangga dan juga suami agar pekerjaan yang dikerjakan terasa ringan dan juga bisa bernilai ibadah.

Bayangkan saja apabila seorang ibu rumah tangga mengerjakan berbagai macam pekerjaan dalam sehari maka akan ada banyak sekali pahala yang didapat. Di dalam pernikahan memang setiap kegiatan yang baik akan bernilai iabadah. Oleh karena itu beruntung sekali bagi sobat cahaya islam yang sudah menikah dan ikhlas dalam mengerjakan pekerjaan rumah.

Jika memang merasa lelah sobat cahaya islam tentu saja harus dan perlu beristirahat. Suami yang pengertian juga tidak akan membiarkan istrinya mengalami kelelahan. Meskipun ada pahala di setiap pekerjaan rumah tangga bagi wanita namun jangan paksakan diri untuk melakukan segala sesuatu dengan sempurna karena rumah tangga bukan hanya bekerja saja namun juga menikmati kehidupan bahagia dengan pasangan dan keluarga.

Setelah mengetahui jika ternyata ada pahala di setiap pekerjaan rumah tangga sobat cahaya islam sekarang sudah bisa mulai bekerja dengan lebih ikhlas dan juga penuh kebahagiaan. Nikmati masa bekerja karena nantinya akan menjadi tabungan yang bisa dipanen di akhirat. Selalu berusaha untuk taat kepada Allah, Rasul dan suami maka insyaallah surga bisa menjadi tempat kembali.


Catatan Kaki

[1] Tafsir Al Qur’an Al ‘Adzim surat Al Ahzab 33

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!