Dua Bansos Disalurkan di 2021, Ini Prinsip Bersedekah Dalam Islam

0
159
Dua Bansos Disalurkan di 2021 dan Prinsip Sedekah

Dua bansos disalurkan – Pemerintah kabarnya akan kembali menyalurkan bansos atau bantuan sosial di awal tahun 2021. Tercatat bahwasanya akan ada dua bansos yang disalurkan melalui Kementerian Sosial. Bantuan tersebut diantaranya Program Keluarga Harapan dan Bantuan Tunai untuk Jabodetabek. Bantuan yang disalurkan ini bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan, apalagi di masa pandemi ini. Perekonomian yang semakin menurun saja.

Dua Bansos Disalurkan di 2021 dan Prinsip Sedekah

Bansos atau bantuan sosial merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada golongan orang yang membutuhkan. Ataupun yang sedang dilanda kesulitan saat ini. Tidak bisa dipungkiri, wabah covid-19 memang sangat berdampak pada laju perekonomian. Apalagi banyak orang yang harus kehilangan mata pencaharian atau pekerjaannya. Dalam islam sendiri, kaum muslimin dianjurkan untuk saling tolong menolong dan juga bersedekah. Bansos ini bisa menjadi salah satu wujud sedekah tentu saja.

Dua Bansos Disalurkan di Awal Tahun 2021, Tahukah? Ini Prinsip Bersedekah Dalam Islam

Dua Bansos Disalurkan di 2021 dan Prinsip Sedekah Dalam Islam

Dua bansos disalurkan di awal tahun 2021 untuk meningkatkan daya beli dan konsumsi dari masyarakat. Sehingga ini diharapkan bisa cepat memulihkan perekonomian saat ini. Dalam islam, memberikan bantuan adalah sikap yang terpuji dan bahkan dianjurkan. Apalagi islam sendiri mengajarkan kaum muslimin untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu orang yang tidak mampu.

Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.(1)

Dalam ayat diatas dijelaskan bahwasanya Allah memerintahkan kita untuk menafkahkan sebagian harta yang sudah Allah jadikan itu milik kita. Dengan kata lain, bersedekah merupakan salah satu perintah Allah dan merupakan ajaran islam. Namun dalam bersedekah terdapat beberapa prinsip yang wajib sobat CahayaIslam perhatikan.

Bukan Jumlahnya, Besar Kecilnya

Salah satu prinsip bersedekah adalah apa yang kita berikan, bukan berapa banyak jumlahnya. Jadi bersedekah tidak harus dilakukan saat kita kaya, ataupun memiliki uang banyak. Namun memberikan apa yang kita punya juga termasuk sedekah yang baik lho. Karena pahala yang kita dapat bukan dilihat dari besar kecilnya sedekah yang mampu kita berikan ya sobat CahayaIslam.

Keikhlasan

Salah satu prinsip dalam bersedekah adalah keikhlasan. Apapun yang kaum muslimin berikan, berapa banyak dan untuk siapa tidak akan berarti jika tidak ada rasa ikhlas. Maka dari itu, sebelum bersedekah pastikan niatnya terlebih dahulu. Dan pastikan juga bahwa hati kita merasa ikhlas dalam memberikan sedekah. Ini akan menjadi amalan dan pahala bagi diri kita.

Memberi Dengan Niat Yang Lurus

Prinsip yang harus dipegang dalam bersedekah adalah niat yang lurus. Jangan sampai bersedekah semata-mata hanya untuk terlihat dermawan. Namun jadikan sedekah ini sebagai kewajiban, atau jalan hidup. Ini akan membuat kita lebih mudah untuk bersedekah. Dan lagi jangan khawatir akan miskin jika memberikan sebagian harta kita kepada orang lain. Karena Allah saja menjamin rezeki kita.

Dua bansos disalurkan – oleh pemerintah diawal tahun 2021 nanti. Ini merupakan salah satu cara pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan. Sobat CahayaIslam, sebagai seorang muslim kita tentu memiliki kewajiban untuk membantu orang lain yang tidak mampu. Apalagi bagi kita yang mampu, sedekah adalah perintah Allah SWT.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Hadid Ayat 7

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY