Viral Video Bagi-Bagi Duit, Ini Bersedekah Yang Efektif Menurut Islam!

0
480
Viral Video Bagi-Bagi Duit dan Sedekah Yang Efektif Menurut Islam

Viral video – Beberapa waktu lalu tampak sebuah video pengendara mobil membagikan uang di jalanan. Video ini seketika viral karena aksi membagikan uang yang mengundang banyak pertanyaan dan komentar. Bahkan muncul dugaan bahwa aksi ini dilakukan dalam rangka untuk kampanye. Suharsono yang merupakan calon Bupati petahana Bantul, mengakui bahwa dirinya berada dalam video tersebut ketika diperiksa. Namun ia mengaku membagikan uang bukan dalam rangka untuk kampanye.

Viral Video Bagi-Bagi Duit dan Sedekah Yang Efektif Menurut Islam

Suharsono memberikan klarifikasi terkait aksi pembagian uang, dimana ia mengatakan ini murni untuk kemanusiaan. Dan bukan untuk melakukan aksi kampanye. Bersedekah atau memberikan sebagian harta kepada yang membutuhkan adalah anjuran dalam islam. Itulah kenapa kaum muslimin seharusnya menafkahkan sebagian hartanya untuk amal atau sedekah. Namun sedekah tentu saja harus dilakukan dengan benar dan bukan berdasar pada niat untuk mendapatkan sesuatu.

Viral Video Bagi-Bagi Duit, Begini Sedekah Yang Efektif Menurut Islam

Viral Video Bagi-Bagi Duit dan Sedekah Dalam Islam

Viral video bagi-bagi duit di jalanan sempat mengundang anggapan bahwa ini adalah aksi untuk kampanye. Namun setelah diperiksa, Suharsono sendiri mengaku pembagian uang ini tidak lain adalah untuk aksi kemanusiaan. Dan sama sekali bukan dalam rangka untuk kampanye. Dalam islam, bersedekah adalah salah satu kewajiban bagi seorang muslim yang mampu. Terlebih lagi dijelaskan dalam ajaran islam juga, bahwa dalam harta kita terdapat hak orang-orang yang membutuhkan.

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.(1)

Untuk bersedekah di jalan Allah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan lho sobat CahayaIslam. Bersedekah bukan hanya sekedar memberikan sebagian harta kita untuk orang lain. Mau tau cara bersedekah yang efektif menurut islam?

Sedekah Dengan Cara Yang Baik

Viral Video Bagi-Bagi Duit dan Begini Sedekah Yang Efektif

Sedekah dengan cara yang baik ini bukan hanya berdasarkan kebaikan sumber harta yang disedekahkan saja. Namun bagaimana cara kita menyampaikan sedekah tersebut. Untuk bersedekah dengan efektif maka akan lebih baik jika disampaikan langsung kepada yang membutuhkan. Meskipun membagikan uang di jalanan sebagai niat kemanusiaan tidaklah dilarang, namun akan lebih baik jika dilakukan atau diserahkan dengan cara yang lain.

Memastikan Penerima Adalah Yang Membutuhkan

Tidak dapat dipungkiri, bahwa dalam setiap aksi kemanusiaan selalu terdapat segelintir orang yang memanfaatkan. Sehingga ini membuat sedekah tidak jatuh kepada orang yang tepat. Maka dari itu sobat CahayaIslam, untuk bersedekah secara efektif alangkah lebih baik jika memastikan penerimanya. Apakah benar-benar yang membutuhkan atau tidak.

Bersedekah Dalam Bentuk Yang Manfaat

Bersedekah bisa berwujud apa saja, selama itu bermanfaat bagi orang lain. Baik dalam bentuk uang, sembako atau barang-barang bermanfaat lainnya. Agar sedekah ini efektif, maka bisa dilakukan dengan memberikan sedekah tersebut dalam bentuk yang dibutuhkan.

Viral video – Dimana terlihat sebuah mobil melakukan aksi membagi-bagikan uang. Sedekah memang bisa dilakukan dengan berbagai cara dan bentuk. Namun untuk bersedekah yang efektif, pahami beberapa hal diatas ya sobat CahayaIslam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 261

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY