Reza Artamevia Terjebak Narkoba, Semakin Banyak Orang Mengkonsumsi Barang Haram, Apa Solusinya Menurut Islam?

0
41

Reza Artamevia – Pada hari Jumat tanggal 4 September, Reza Artamevia kembali ditangkap polisi dikarenakan kasus penyalahgunaan narkoba. Dia ditangkap di restoran di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Pada saat itu, Reza Artamevia dinyatakan positif menggunakan sabu-sabu.

Sobat cahaya islam, islam mengajarkan kepada kita untuk menjauhi segala sesuatu yang mudharatnya lebih besar daripada manfaatnya. Narkoba adalah salah satunya. Barang ini justru sering disalahgunakan pemakaiaannya yang akibatnya merubah hukumnya menjadi haram.

Solusi Agar Tidak Ada Lagi Yang Konsumsi Narkoba Seperti Reza Artamevia

Narkoba adalah suatu zat yang tidak diperbolehkan apabila dikonsumsi secara terus menerus tanpa adanya resep dari dokter. Narkoba biasanya digunakan dalam dunia kesehatan sebagai obat bius, obat penenang, serta obat tidur. Narkoba hukumnya haram apabila digunakan secara berlebihan tanpa dosis yang tepat.

Hal itu sesuai dengan hadist yang berbunyi:

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

لا ضَرَرَ ولا ضِرارَ

Artinya: “Tidak boleh memberikan dampak bahaya, tidak boleh memberikan dampak bahaya.” (HR Ibnu Majah Nomor 2340).

Adapun bahaya narkoba adalah sebagai berikut:

  1. Memperlambat fungsi system saraf sehingga mengurangi aktivitas fungsional tubuh
  2. Mengurangi nafsu makan dan mempercepat detak jantung serta tekanan darah
  3. Dapat menimbulkan halusinasi

Ada beberapa solusi agar kita tidak mudah terjerus untuk menggunakan narkoba, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memperkuat Iman Kepada Allah

Agar kita tidak mudah terpengaruh dengan tren pada masa sekarang, yaitu menggunakan narkoba. Maka, kita harus memperkuat iman kita kepada Allah SWT. Salah satunya adalah dengan mendekatkan diri kepada-Nya melalui shalat wajib dan sunnah serta rajin membaca dan menghafalkan al-Quran.

  1. Jangan Pernah mencoba Menggunakan Narkoba Walaupun Disuruh

Hal itu dikarenakan apabila kita sudah terlanjur mencoba menggunakan narkoba meskipun sekali, kita pasti akan merasa ketagihan. Tidak ada pengguna narkoba tanpa pernah mencobanya. Oleh karena itu, jangan pernah mencoba narkoba.

  1. Mempunyai Hobi dan Aktivitas Yang Baik

Dengan mempunyai hobby seperti menulis dan melukis bisa membuat diri kita semakin sibuk. Sehingga kita tidak punya kesempatan untuk mencoba hal-hal yang bersifat negative. Selain itu, kita juga akan mempunyai teman-teman yang sama hobby nya dengan kita dan membuat pemikiran kita menjadi lebih inovatif.

  1. Mempunyai Pemikiran Jangka Panjang

Jika ada teman kita yang menawarkan kita narkoba. Coba kita bayangkan, apa yang akan terjadi jika kita menerima tawarannya? Pertama, kita pasti boros hanya untuk membeli barang haram tersebut, kedua kita mendapatkan dosa, ketiga masa depan kita yang indah akan hancur hanya karena barang haram tersebut. Sehingga kita akan lebih memilih untuk tidak menggunakan narkoba.

  1. Selektif dalam Pergaulan

Pilihlah teman-teman yang kita rasa seperjuangan dengan kita. Selain itu, juga memiliki perilaku yang baik. sehingga kita terhindar dari teman-teman yang akan membawa kita ke arah yang negative tentunya.

Itulah solusi agar terhindar dari narkoba seperti yang dilakukan Reza Artamevia pada saat ini. Semoga tidak ada lagi yang menggunakan narkoba selain yang diperkecualikan seperti pasien-pasien yang ada di rumah sakit. Itu pun harus sesuai dengan anjuran dokter.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!