Benarkah Rizky DA Bercerai Karena Nikah Muda?

0
52
Rizky DA

Rizky DA – Di balik keberkahan bulan Syawwal yang biasa dijadikan momen pernikahan, namun tidak demikian yang dirasakan oleh Rizky DA. Sang penyanyi dangdut ini harus meninggalkan perannya sebagai suami sah Nadya setelah talak yang ia jatuhkan. Tidak diketahui pasti kehancuran rumah tangganya. Namun, beberpaa netizen berspekulasi momen itu sudah diprediksi sejak dahulu kala bahkan sebelum kehadiran sang buah hati.

Sobat Cahaya Islam, perceraian adalah suatu hal yang sangat dibenci oleh Allah SWT tak terkecuali dengan yang dilakukan Rizki DA. Namun, tidak semua umat memang sanggup untuk mempertahankan pernikahan jika memang masalah yang dihadapi begitu berat. Maka perceraian adalah jalan terbaik dibandingkan pernikahan tersebut.

Mengapa Rizky DA Harus Bercerai?

Rizky DA

Sobat Cahaya Islam, tidak diketahui pasti penyebab perceraian mereka. Sebab keduanya memilih untuk mengumbar masalah hancurnya rumah tangga mereka di depan publik. Namun, banyak spekulasi yang disampaikan oleh para netizen. Salah satu dugaan mereka yakni lantaran keraguan Rizki terhadap ayah kandung Nadya.

Nadya seringkali diisukan hamil sebelum waktunya. Terlepas dari benar dan tidaknya berita tersebut, maka seharusnya hal ini sudah didiskusikan dalam keluarga. Selain itu faktor usia Nadya yang masih 20 tahun saat menikah bisa menjadi penyebab adanya permasalahan. Walaupun sebenarnya, usia bukan batasan penentu seseorang dikatakan dewasa.

Dalam Islam, indikator kedewasaan adalah manakala seorang ummat mampu untuk menyelesaikan masalah dengan tenang setelah melakukan pengkajian yang mendalam dan cemerlang.

Selain itu, dewasa juga terlihat ketika seseorang mampu menyelesaikan masalah dengan syariat Islam sepelik apapun. Walaupun usia sudah 20 tahun, namun jika pemikirannya belum berkembang, maka tidak bisa dikatakan dewasa.

Bagaimana Islam Memandang Perceraian?

Islam telah memberikan gambaran secara jelas tentang perceraian. Hal tersebut tidak diharamkan, hanya saja termasuk aktivitas yang dibenci oleh Allah Ta’ala. Selain itu, perceraian sama saja menjadi gerbang keresahan bagi kelangsungan hidup keluarga.

Misal anak bisa saja menjadi anak yang broken-home jika ibu dan ayah terlihat saling berseteru. Pun, silaturrahmi dan silah ukhuwah yang tadinya dipersatukan dalam pernikahan dapat rusak atau tidak terjalin lagi. Serta masih banyak permasalahan lainnya. Perlu diketahui, bahwa perceraian tidak boleh dilakukan atas dasar untuk menyakiti istri. Hal ini didasarkan pada hadits Rasulullah SAW yakni :

لَا ضَرَرَ وَلَا ضِرَارَ

Tidak (boleh) ada madharat dan tidak boleh saling mencelakai. [HR. Ahmad dan Ibnu Mâjah. Hadits shahih. Lihat ash-Shahîhah no.250.

Bagaimana Strategi Agar Rumah Tangga Bisa Harmonis?

Rizky DA

Islam memberikan gambaran yang jelas mengenai langkah dan strategi agar umat dapat mempertahankan pernikahan serta menjadikan keluarga samawa. Beberapa diantaranya yakni :

1. Belajar Kitab Munakahat

Sobat Cahaya Islam, perlu diketahui bahwa para ulama’ terdahulu telah memberikan sejumlah tsaqofah Islam yang sangat banyak. Salah satunya yakni kitab terkait Munakahat. Seyogyanya, baik calon suami maupun istri sama – sama mempelajari kitab tersebut agar dapat memahami pernikahan ideal dalam Islam.

2. Saling Meningkatkan Kepercayaan

Selain mempelajari secara keilmuan, praktek yang harus diterapkan yakni saling mempercayai. Keluarga akan menjadi harmonis bila ada rasa kepercayaan. Memang, di awal menjalani rumah tangga umat akan menghadapi berbagai cobaan.

Nah Sobat Cahaya Islam, itulah ulasan mengenai kasus Rizky DA yang belum mampu mempertahankan pernikahannya. Semoga ke depan, Rizky dan Nadya saling dipertemukan dengan jodohnya. Aamiin Ya Robbal Al-Amin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY