Download WhatsApp, Memanfaatkan Teknologi dalam Islam

0
40
Download WhatsApp

Download WhatsApp – Perkembangan teknologi memang semakin pesat, selalu ada aplikasi yang akan memudahkan setiap aktivitas, contohnya komunikasi. Jika dulu komunikasi harus bertatap muka atau via telpon, saat ini cukup dengan download WhatsApp.

Dengan mendownload WhatsApp kita sudah bisa terhubung dengan orang lain, baik untuk bertelponan atau bertatap muka melalui video call. Banyak sekali manfaat WhatsApp untuk kehidupan.

Download WhatsApp dan Hikmah Teknologi dalam Islam

Sekilas mungkin tidak ada hubungannya aktivitas download WhatsApp dengan Islam. Akan tetapi jika dipelajari lebih jauh akan banyak manfaat dan hikmah dari perkembangan teknologi tersebut, lalu apa saja hikmah kemajuan teknologi dari sudut pandang Islam:

1.      Mempermudah Pekerjaan

ayat Al-Qur’an dari sebuah Surat Al-Anbiyaa ayat ke-80:

وَعَلَّمۡنٰهُ صَنۡعَةَ لَبُوۡسٍ لَّـكُمۡ لِتُحۡصِنَكُمۡ مِّنۡۢ بَاۡسِكُمۡ‌ۚ فَهَلۡ اَنۡـتُمۡ شٰكِرُوۡنَ


Artinya: Dan telah Kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu; Maka hendaklah kamu bersyukur (kepada Allah).

Menurut tafsir al-qurtubi pada surah Al-Anbiya ayat ke 80  tentang penggunaan baju besi dalam peperangan. Hal ini ditafsirkan bahwa dalam Islam juga dianjurkan menciptakan atau mempergunakan sesuatu dengan tujuan mempermudah pekerjaan.

Sehingga memanfaatkan teknologi terkini untuk mempermudah pekerjaan berupa aktivitas komunikasi dan silaturahmi adalah merupakan anjuran dalam Islam. Segala sesuatu, termasuk teknologi memang memiliki dua sisi, tergantung kita yang memanfaatkannya.

2.      Menjalin Silaturahmi

Download WhatsApp

Dengan adanya WhatsApp kemudahan silaturahim makin terasa. Seseorag yang jauh dari keluarganya akan terasa dekat dengan teknologi WhatsApp, kapan saja dan dalam aktivitas apa saja mereka bisa terhubung sesuai dengan yang diinginkan.

Menjalin silaturahim juga merupakan anjuran dalam Islam, terutama silaturahim kekerabat dan orang tua. Bahkan secara khusus yang memerintahkan menjalin silaturahim. Berikut bunyi hadisnya.

تَعْبُدُ اللَّهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا ، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ ، وَتُؤْتِى الزَّكَاةَ ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ

Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat).” (HR. Bukhari no. 5983

3.      Untuk Memperluas Jaringan Dakwah

Dengan kemudahan komunikasi yang disediakan oleh WhatsApp, seseorang akan lebih mudah terhubung dengan orang lain, kemudahan ini bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan nasihat kebaikan dan memberikan pengetahuan-pengetahuan agama lainnya.

Sederhananya, jika kita mau downloadd WhatsApp pertama-pertama yang harus kita perbaiki adalah niat terlebih dahulu, bahwa memanfaatkan teknologi semata untuk kemaslahatan kehidupan dan dakwah Islam, tidak untuk hal-hal yang berseberangan dengan itu.

Contoh Penciptaan dan Pemanfaatan Teknologi dalam Islam

Jika di atas kita sudah mengetahui salah satu hikma teknologi adakah mempermudah pekerjaan. Di dalam Islam, juga sudah banyak contoh penciptaan suatu alat yang bertujuan untuk mempernudah pekerjaan atau mendapat kemaslahatan bagi banyak orang, berikut contohnya.

1.      Nabi Nuh Membuat Perahu

Kisah Nabi Nuh dalam membuat perahu bisa kita jadikan contoh penciptaan teknologi dan memanfaatkannya untuk kebaikan dalam Islam, hal ini juga berlaku untuk orang-orang yang berhasil menciptakan software yang mempermudah belajar Al-qur’an atau lainnya

Sebagaimana Nabi Nuh, membuat sendiri perahunya dan memanfaatkan ciptaannya tersebut untuk menyelamatkan kaumnya. Begitu pun orang-orang era digital yang menciptakan aplikasi atau software yang bisa membuat seseorang mudah dalam belajar Islam.

2.      Adanya Al-Qur’an Digital

Download WhatsApp

Contoh selanjutnya adalah yang dekat dengan kehidupan kita saat ini, yaitu Al-Qur’an digital. Penciptaan dan pemanfaatan Al-Qur’an digital digunakan untuk mempermudah orang yang ingin berinteraksi dengan Al-Qur’an di mana pun berada.

Hal ini adalah hikmah dari teknologi dakam Islam, kita sebagai umat Islam harus maksimal memanfaatkan kemudahan teknologi untuk kebaikan kehidupan dan Islam. Karena segala sesuatu yang kuta kerjakan akan diminta pertanggung jawaban.

Sobat Cahaya Islam, sesuatu sederhana seperti download WhatsApp saja, jika kita pikirkan dengan hikmah insya Allah kita akan memetik satu pelajaran berharga dari peristiwa tersebut. Hakikatnya hidup ini adalah perjalanan, semoga kita bisa mengumpulkan banyak hikmah sebelum tiba di tempat tujuan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY