Siswa Dibully Sampai Pingsan, Begini Dampak Bullyan Bagi Korban Dalam Pandangan Islam

0
501
Siswa Dibully Sampai Pingsan 2

Siswa dibully Tindakan bullying lagi-lagi membuat gempar media sosial. Ini karena adanya video yang tersebar dan kemudian viral, dimana memperlihatkan seorang siswa dibully hingga pingsan. Pembullyan ini diketahui terjadi di SMP Swasta yang ada di Bandung. Hal ini juga dibenarkan oleh pihak kepolisian Ujung berung, dan sampai menyebabkan korban akhirnya harus dilarikan ke rumah sakit.

Siswa Dibully Sampai Pingsan 2

Saat ini pembullyan nampaknya semakin marak terjadi di sekitar kita. Terlebih di lingkungan seperti sekolah. Tentu saja ini tidak dibenarkan dan bahkan menyimpang dari perilaku seorang siswa atau pelajar. Sayangnya, banyak pelaku bully tidak menyadari hal ini dan justru melakukan perundungan yang memberi dampak buruk pada korban. Bagaimana menurut islam mengenai hal ini?

Siswa Dibully Sampai Pingsan, Ini Dampak Bullyan Bagi Korban Dalam Pandangan Islam

Siswa Dibully Sampai Pingsan 1

Siswa dibully hingga pingsan dan kemudian harus dilarikan ke rumah sakit. Kejadian ini menuai banyak hujatan karena melihat perlakuan anak-anak yang melakukan pembullyan tersebut. Dalam islam sendiri, perilaku ini sangat dilarang dan bahkan digambarkan sebagai perbuatan dosa besar. Sebagai seorang muslim, perbuatan semacam ini tentu saja tidak mencerminkan sikap seorang muslim.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُمْ وَلَا نِسَاءٌ مِنْ نِسَاءٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُنَّ خَيْرًا مِنْهُنَّ ۖ وَلَا تَلْمِزُوا أَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا بِالْأَلْقَابِ ۖ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الْإِيمَانِ ۚ وَمَنْ لَمْ يَتُبْ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.

Ayat ini menegaskan bagaimana Allah melarang kaum muslimin untuk merendahkan orang lain. Ini sama halnya dengan perbuatan yang zalim. Padahal dalam ajaran islam dijelaskan bagaimana kita tidak boleh berbuat zalim. Tahukah sobat CahayaIslam, bahwa perbuatan bully ini akan memberi banyak dampak buruk bagi korbannya. Bagaimana menurut islam?

Menyebabkan Trauma

Bully dapat menyebabkan trauma tersendiri bagi korban. Biasanya ini pun akan terjadi dalam jangka yang panjang. Sehingga membuat korban akhirnya enggan bersosialisasi, rasa tidak percaya dengan orang lain dan perasaan lainnya yang menyebabkan kesusahan bagi diri sang korban. Ini artinya, pembullyan berimbas buruk bagi kesehatan mental korbannya.

Memicu Perselisihan

Tahukah sobat CahayaIslam, bahwa perselisihan dapat dipicu oleh perbuatan semacam ini. Hal ini karena pembullyan biasanya meninggalkan rasa sakit hati atau bahkan dendam yang akhirnya menimbulkan perselisihan. Buruknya, ini mungkin akan menjadi pengalaman pahit bagi sang korban yang menimbulkan perasaan marah, benci dan juga dendam. Tentu saja ini tidak baik bukan?

Siswa dibully – hingga dilarikan ke rumah sakit. Ini bentuk perundungan yang sungguh miris kita lihat, bahkan mungkin menjadi pengalaman terburuk untuk korban. Maka dari itu sobat CahayaIslam, sebisa mungkin jangan sampai ya merendahkan orang lain atau mengolok-olok. Ada banyak dampak buruk bagi korbannya lho. Ini sungguh menyimpang dari ajaran islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Hujurat Ayat 11

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY