Dokter Wayan Viral, Begini Kedudukannya Dalam Islam

0
289
dokter Wayan viral

Dokter Wayan Viral – Di Indonesia sering kali seorang tokoh yang menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet. Terbaru, ada sosok dokter Wayan viral yang menarik perhatian banyak orang.

Warganet membicarakan sosok dokter Wayan di sosial media seluruh Indonesia. Tak heran ramai orang yang merasa penasaran dengan dokter Wayan.

Mengenal Sosok Dokter Wayan Viral

Hebohnya informasi tentang dokter Wayan viral berawal dari akun TikTok bernama @iiarsss yang memposting video beberapa waktu lalu. Akun tersebut memposting video yang menampilkan sebuah rumah mewah dengan tumbuhan liar di sekitarnya.

Bukan hanya itu, dalam video juga terlihat tumpukan sampah di dalamnya. Rupanya rumah itu milik seorang dokter yang bernama Wayan.

Dahulu, rumah dengan dua lantai tersebut tampak megah dan tertata rapi. Di dalamnya juga terdapat bermacam tanaman hias dan akuarium.

Berdasarkan informasi yang beredar, Wayan adalah seorang dokter yang berjaya pada masanya. Sampai saat ini, tetap banyak pasien yang datang untuk berobat walaupun kondisi rumahnya tidak terurus.

Biasanya mereka mempercayai kemampuan seorang dokter Wayan dalam mengobati keluhan pasien yang datang. Walaupun begitu, kini ruang praktek yang dokter Wayan gunakan sudah tak layak untuk dipakai.

Tampak bermacam obat-obatan dan peralatan medis kotor dan berselimut debu.

Kedudukan Dokter dalam Islam

Sobat Cahaya Islam, kondisi dokter Wayan viral memang begitu memprihatinkan siapa saja. Padahal islam begitu memuliakan profesi seorang dokter.

Bahkan ilmu kedokteran mendapat kedudukan yang tinggi dalam agama islam, walaupun keadaan mahalnya biaya mengenyam pendidikan di fakultas kedokteran.

Kendati demikian, tak semua orang bisa menjadi dokter yang baik. Tidak sedikit juga orang yang justru mengalami kegagalan walaupun sudah menempuh pendidikan di bidang kedokteran.

Melalui dokter, banyak orang yang percaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Namun tetap saja kesembuhan seorang manusia datang dari Allah dan melalui perantara dokter.

Karena itulah, islam begitu memuliakan profesi dokter yang dengan ikhlas dan sungguh-sungguh membantu mengobati pasiennya.

Pandangan Islam Terhadap Profesi Kedokteran

Sobat Cahaya Islam, berikut ini ada beberapa pandangan agama islam terhadap profesi kedokteran.

1.       Menyingkap Rahasia Obat dari Sebuah Penyakit

Di antara tujuan penting menjadi seorang dokter adalah untuk menyingkap rahasia pengobatan dari sebuah penyakit. Selain itu, perkembangan ilmu kedokteran juga meningkatkan optimisme kaum muslim dalam menghadapi penyakit sambil terus berharap kesembuhan dari Allah SWT.

dokter Wayan viral

Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَا أَنْزَلَ اللَّهُ دَاءً إِلَّا أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً

“Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, kecuali Ia telah menurunkan obatnya.” (HR. al-Bukhari: 5246, Ibnu Majah: 3430 dari Abu Hurairah radliyallahu anhu).

Hadist tersebut memperlihatkan pentingnya ilmu kedokteran dalam membantu menggali obat untuk berbagai penyakit.

2.       Dokter Membantu Menyembuhkan Orang yang Sakit

Dalam Al Quran, Allah SWT berfirman:

كَلَّا إِذَا بَلَغَتِ التَّرَاقِيَ () وَقِيلَ مَنْ رَاقٍ

“Sekali-kali jangan. Apabila nafas (seseorang) telah (mendesak) sampai ke kerongkongan, dan dikatakan (kepadanya): “Siapakah yang dapat mengobati?” (QS. Al-Qiyamah: 26-27).

Dari ayat itu terdapat pelajaran bahwa seseorang yang sakit boleh saja dipanggilkan dokter. Namun dokter tidak bisa mengobati seseorang dari penyakit atau masa kematian.

dokter Wayan viral

3.       Dokter Menjadi Orang yang Berhak Mengobati

Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَنْ تَطَبَّبَ وَلَا يُعْلَمُ مِنْهُ طِبٌّ فَهُوَ ضَامِنٌ

“Barangsiapa berpraktik kedokteran padahal ia belum dikenal menguasai ilmu kedokteran, maka ia harus bertanggung jawab (atas perbuatannya, pen).” (HR. Abu Dawud: 3971, Ibnu Majah: 3457 dan an-Nasai: 4748)

Dari hadis di atas, jelas bahwa tak semua orang berhak melakukan pengobatan apalagi jika tidak mempunyai ilmunya.

Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa pandangan islam tentang dunia dan ilmu kedokteran. Karena itu, sudah sepatutnya manusia menghargai seorang dokter seperti dokter Wayan viral.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY