Malam Nuzulul Quran, Ini Beberapa Amalan Yang Bisa Dilakukan

0
90
Malam Nuzulul Quran dan Amalan Untuk Dilakukan

Malam Nuzulul Quran – Merupakan malam yang jatuh pada tanggal 17 Ramadhan pada penanggalan Hijriyah. Tepatnya pada 10 hari kedua di bulan Ramadhan. Ini merupakan malam yang diperingati oleh semua umat muslim. Dimana merupakan peringatan dan sejarah bagi umat muslim atas turunnya kitab suci Al-Quran untuk pertama kali. Sehingga malam ini menjadi malam yang bersejarah dan akhirnya diperingati oleh semua umat muslim. Bagaimana cara memperingati Nuzulul Quran ini?

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (1)

Dalam agama islam, turunnya Al-Quran ini bukanlah untuk diperingati. Namun yang terpenting adalah bagaimana kita memahami dan mengambil ibrah. Serta mengamalkan hukum atau ketentuan yang berlaku di dalamnya. Hanya saja, untuk mengingat peristiwa besar ini maka semua umat muslim akhirnya memperingati tanggal 17 Ramadhan sebagai malam yang disebut Nuzulul Quran. Semua umat muslim kemudian berlomba untuk memperbanyak pahala dan berkah pada malam Nuzulul Quran dengan amalan-amalan yang baik untuk dilakukan.

Malam Nuzulul Quran dan Beberapa Amalan Yang Bisa Dilakukan Umat Muslim

Malam Nuzulul Quran dan Amalan Untuk Dilakukan

Malam Nuzulul Quran merupakan malam yang dianggap sebagai waktu tepat untuk memperbanyak amalan-amalan. Apalagi ditengah pandemi covid-19 ini, Wakil presiden pun mengajak masyarakat untuk memperbanyak amalan untuk melawan wabah corona ini. Begitu juga dengan Kementrian Agama yang menghimbau untuk memperkuat kepedulian terhadap sesama. Nuzulul Quran memang peringatan besar bagi umat muslim. Tidak heran banyak orang memanfaatkan waktu ini untuk memperkuat ibadah dan amalan kita.

Sebenarnya, mengamalkan sesuatu tidaklah harus menunggu Nuzulul Quran. Kita bisa melakukannya setiap saat atau sepanjang bulan Ramadhan. Namun karena ini merupakan malam yang penuh berkah. Maka tidak ada salahnya kita mengamalkan beberapa amalan untuk memperbanyak pahala kita. Apa saja amalan untuk melewati Nuzulul Quran ini?

Membaca Al-Quran dan Memaknainya

Malam Nuzulul Quran Amalkan Dengan Membaca Alquran

Malam Nuzulul Quran bisa kita peringati dengan beberapa amalan baik untuk dilakukan. Salah satunya adalah memperbanyak membaca Al-Quran. Kitab suci Al-Quran ini diturunkan bukan hanya untuk dibaca saja, namun juga dimaknai dan diamalkan. Oleh karena itu, dengan adanya malam yang penuh berkah sebagai peringatan hari turunnya Al-Quran untuk pertama kali. Maka kita bisa mengamalkannya dengan membaca sekaligus memaknainya. Selain mendapatkan pahala, kita bisa lebih memahami makna dari bacaan Al-Quran yang kita baca.

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran.(2)

Memperbanyak Dzikir dan Doa

Selain membaca Alquran, kita juga bisa melakukan amalan dengan memperbanyak dzikir dan doa. Bisa I’tikaf sendiri dan dilakukan sepanjang malam. I’tikaf ini bertujuan untuk fokus beribadah pada Allah SWT. Jika biasanya ini dilakukan di masjid, namun ditengah pandemi covid-19 ini kita bisa melakukannya di rumah. Dengan memperbanyak dzikir dan doa, kita bisa mendapatkan banyak berkah sekaligus sebagai upaya untuk menjaga diri kita agar selamat dari wabah yang saat ini cukup meresahkan.

Melaksanakan Shalat Malam

Malam Nuzulul Quran dan Amalan Sholat Malam Bisa Dilakukan

Amalan lainnya yang bisa dilakukan adalah melaksanakan sholat malam. Nuzulul Quran adalah malam yang penuh berkah. Sehingga akan baik jika kita menghabiskan malam tersebut dengan amalan-amalan seperti melaksanakan sholat malam. Ini bisa dilakukan setelah sholat tarawih dan tadarus. Meskipun di rumah, kita bisa melakukan banyak amalan yang akan memperbanyak pahala kita.

Malam Nuzulul Quran – Dengan melakukan amalan-amalan baik, maka Nuzulul Quran akan menjadi malam yang sungguh berkah. Sobat cahaya islam, mari kita manfaatkan malam penuh berkah ini untuk beribadah dan fokus pada Allah SWT.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Qadr Ayat 1-5

(2) – Surat Sad Ayat 29

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!