Waduk Gajah Mungkur dan Fenomena Puting Beliung, Simak Penjelasan Islam tentang Fenomena Alam

0
121

Waduk Gajah Mungkur – Rabu, 20 Januari 2021 kemarin berita menghebohkan datang dari Waduk Gajah Mungkur yang terletak di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Pasalnya, sekitar pukul 16.00 WIB di waduk yang mulai dibangun pada tahun 1970-an tersebut terjadi fenomena alam puting beliung.

Fenomena alam yang terjadi di Waduk Gajah Mungkur tersebut terjadi di atar permukaan air waduk. Setelah dikonfirmasi dengan pihak BMKG setempat fenomena tersebut merupakan bukan puting beliung, melainkan waterspout. Waterspout merupakan fenomena alam seperti angin puting beliung akan tetapi letaknya berada di atas permukaan air yang luas.

Salah satu tanda dari adanya waterspout adalah akan terjadi cuaca ekstrem di sekitar wilayah tersebut. Pada bulan Januari hingga Februari wilayah Wonogiri memang masih memiliki curah hujan yang cukup tinggi.

Akibatnya, kejadian alam seperti hujan angin yang disertai kilat dan petir dapat terjadi. Masyarakat juga dihimbau oleh pemerintah setempat untuk tetap berhati-hati dan tidak mendekati lokasi dimana fenomena tersebut terjadi.

Melansir dari hasil penelitian BMKG, waterspout yang terjadi di Waduk Gajah Mungkur disebabkan karena sistem awan cumolonimbus. Namun, tidak semua awan cumolonimbus dapat menjadikan fenomena waterspout.

Fenomena alam ini juga murni atas kehendak dan kuasa Allah SWT, sehingga diciptakan waterspout (angin puting beliung di atas permukaan air) dan angin putih beliung yang biasanya menerpa perumahan warga.

Sobat Cahaya Islam, mengenai peristiwa alam yang ada di bumi ini semua adalah kehendak dari Allah SWT. Segala apa yang tidak bisa diciptakan oleh manusia adalah murni karena Allah.

Sebagai umat Muslim kita patut percaya atas kejadian tersebut yang telah diciptakan oleh Allah. Sebagaimana penciptaan siang dan malam, gerhana matahari dan bulan, serta fenomena waterspout di Waduk Gajah Mungkur adalah atas kehendak Allah.

Waterspout di Waduk Gajah Mungkur, Ketahui Fenomena Alam Waterspout

Pernahkah Sobat Cahaya Islam melihat fenomena alam angin puting beliung? Di Waduk Gajah Mungkur terjadi hal demikian. Namun, karena puting beliung tersebut terjadi di atas air yang luas maka fenomena ini disebut waterspout.

Fenomena alam waterspout terjadi dalam hitungan menit. Kira-kira 10 sampai 15 menit. Fenomena ini biasanya terjadi di pagi atau sore hari. Mari simak ulasan berikut untuk menambah khazanah keilmuan:

1.     Waterspout

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa waterspout adalah puting beliung yang berada di atas permukaan air yang luas. Maka dari itu, waterspout berbeda dengan angin puting beliung yang ada di atas permukaan tanah. Masyarakat diminta untuk tetap berhati-hati untuk menghadapi cuaca ekstrem ini.

2.     Fenomena Alam adalah Kuasa Allah

Ada banyak sekali fenomena alam yang Allah perlihatkan kepada manusia. Salah satunya adalah fenomena alam waterspout di Waduk Gajah Mungkur, Jawa Tengah. Meski kejadiannya bersifat lokal dan singkat. Namun, waterspout yang ada di Waduk tersebut hampir setiap tahun muncul. Maka dari itu, kita diminta untuk mengimani kebesaran Allah.

Dalam Al-Quran dijelaskan:

“Sesungguhnya pada pergantian malam dan siang, dan pada apa yang diciptakan Allah di langit dan di bumi, pasti terdapat tanda-tanda (kebesarannya-Nya) bagi orang-orang yang bertakwa,” (QS Yunus ayat 6).

Sobat Cahaya Islam, terkait fenomena alam waterspout di Waduk Gajah Mungkur, semoga dapat menjadi salah satu pengingat bagi kita untuk selalu mengimani kebesaran dan kuasa Allah SWT.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY