99 Asmaul Husna: Begini Pandangan Dalam Islam

0
159
99 Asmaul Husna

99 Asmaul Husna – Dalam agama islam banyak sekali hal yang patut muslimin pelajari. Salah satunya adalah tentang 99 Asmaul Husna.

Sayangnya masih sedikit umat islam yang paham tentang Asmaul Husna. Jika Anda belum tahu tentang Asmaul Husna bisa simak informasi selengkapnya berikut ini.

Mengetahui Tentang 99 Asmaul Husna

Sebagai informasi, 99 Asmaul Husna bisa menjadi pelengkap doa yang manusia panjatkan kepada Allah SWT. Hal tersebut berada dalam salah satu sabda nabi Muhammad SAW dan menjadi keistimewaan nama-nama indah-Nya tersebut.

Perlu Anda ketahui, Asmaul Husna adalah nama-nama yang indah dan agung Allah SWT. Nama tersebut merupakan kata yang tercermin dari sifat milik Allah.

Keutamaan dari Asmaul Husna yang sangat tinggi adalah menjadi penyebab terkabulnya doa. Bahkan Allah SWT menganjurkan supaya hamba-Nya berdoa dengan menyebut nama-nama indah dalam Asmaul Husna.

Bukan hanya itu, nabi Muhammad SAW dalam haditsnya juga pernah menganjurkan umatnya untuk berdoa dengan menyematkan nama-nama Asmaul Husna. Terdapat 99 nama-nama baik milik Allah SWT yang bisa menyertai doa seorang muslim.

Karena itu, umat muslim bisa menghafal ke 99 nama baik Allah supaya mendapat keberkahan dan berpeluang besar dikabulkan.

Asmaul Husna, Nama-nama Baik Allah SWT

Sobat Cahaya Islam, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, 99 Asmaul Husna adalah nama indah yang Allah SWT miliki. Nama-nama indah tersebut tersebar di ayat-ayat suci dalam Al Quran.

Karena itulah, nama-nama Asmaul Husna perlu senantiasa dilafalkan oleh setiap muslimin. Selain itu, ayat Al Quran tentang Asmaul Husna juga sangat banyak.

99 Asmaul Husna

Jika seorang muslim berdoa sambil melafalkan Asmaul Husna maka ia akan mendapatkan Rahmat dari Allah SWT. Selain itu, Allah SWT juga menjauhkan orang tersebut dari segala bentuk keburukan.

Oleh sebab itu, tak hanya membaca dalam Al Quran, umat muslim juga perlu menghafalkan nama-nama indah Allah SWT dalam Asmaul Husna.

Pandangan Islam Terhadap Asmaul Husna

Sobat Cahaya Islam, berikut ada beberapa pandangan dalam islam tentang Asmaul Husna:

1.       Asmaul Husna Nama yang Sangat Baik

Asmaul Husna berisi nama yang begitu baik dan penting untuk disebutkan oleh umat muslim. Hal ini tertuang dalam:

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ

اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ۖ

Artinya : “Dan Allah memiliki Asma’ul-husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma’ul-husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”( Q.S. al-A’raf/7:180)

Dalam sejumlah ayat lain juga dijelaskan bahwa Asmaul Husna termasuk amalan yang berguna dan mempunyai nilai tak terhingga.

2.       Nama-Nama Baik untuk Manusia Serukan

Dalam QS Taha ayat 8 berbunyi:

اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۗ لَهُ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى

Artinya : “(Dialah) Allah, tidak ada tuhan selain Dia, yang mempunyai nama-nama yang terbaik.”

Ayat tersebut menjelaskan bahwa tak ada tuhan yang berhak untuk manusia sembah kecuali Allah SWT. Adapun Asmaul Husna itu merupakan nama-nama yang  baik untuk umat islam serukan.

3.       Asmaul Husna Membuat Manusia Dekat Kepada Allah

Dalam QS Al Isra’ ayat 100, terdapat penjelasan yang berbunyi:

قُلْ لَّوْ اَنْتُمْ تَمْلِكُوْنَ خَزَاۤىِٕنَ رَحْمَةِ رَبِّيْٓ اِذًا لَّاَمْسَكْتُمْ خَشْيَةَ

الْاِنْفَاقِۗ وَكَانَ الْاِنْسَانُ قَتُوْرًا ࣖ

Artinya : “Katakanlah (Muhammad), “Sekiranya kamu menguasai perbendaharaan rahmat Tuhanku, niscaya (perbendaharaan) itu kamu tahan, karena takut membelanjakannya.” Dan manusia itu memang sangat kikir.”

Menurut ayat tersebut, jelas bahwa Asmaul Husna atau nama terbaik harus manusia serukan agar menjadikan umat islam lebih dekat kepada Allah SWT.

Sobat Cahaya Islam, itulah informasi tentang 99 Asmaul Husna dalam islam. Anda bisa belajar menghafal Asmaul Husna agar bisa lebih mudah menyebutnya ketika berdoa.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY