Doakan Orang Tua? Ini Lho Manfaat dan Keutamaannya Dalam Islam

0
519
Doakan Orang Tua dan Keutamaannya Menurut Islam

Doakan orang tua – Doa bisa menjadi salah satu bukti kasih sayang kepada orang tua. Ini karena doa akan menjadi kebaikan, baik untuk yang mendoakan dan tentu saja yang didoakan. Tepat di tanggal 22 Desember ini diperingati sebagai hari Ibu, sehingga banyak orang memanjatkan doa untuk Ibu. Bukan hanya Ibu saja, sudah kewajiban bagi seorang anak mendoakan kedua orang tuanya. Termasuk ayah yang juga memiliki peran penting dalam keluarga lho.

Doakan Orang Tua dan Begini Manfaatnya Dalam Islam

Untuk memperingati hari Ibu, tidak perlu merayakan dengan perayaan yang dalam islam sendiri pun tidak ada tuntunannya. Doa bisa menjadi hal terbaik yang bisa dilakukan sobat CahayaIslam untuk menunjukkan kasih sayang kepada orang tua. Apalagi islam juga memerintahkan kita sebagai muslimin untuk tidak lupa mendoakan orang tua. Tahukah? mendoakan orang tua juga memberikan banyak manfaat dan keutamaan.

Doakan Orang Tua? Ini Beberapa Manfaat dan Keutamaannya Menurut Islam

Doakan Orang Tua dan Keutamaannya Menurut Islam

Doakan orang tua merupakan salah satu perintah Allah SWT. Dalam ajaran islam pun bukti kasih sayang seorang anak salah satunya dengan senantiasa mendoakan orang tua. Dan karena doa tidak akan pernah terputus, maka doa bisa terus mengalir baik semasa orang tua hidup ataupun sudah meninggal. Bukan hanya memberikan kebaikan kepada orang tua, kita juga memperolah kebaikan dan tentunya pahala.

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Sobat CahayaIslam, ada beberapa manfaat dan keutamaan mendoakan orang tua menurut islam lho. Apa saja?

Amalan Yang Tiada Putus

Doakan Orang Tua Menurut Islam

Keutamaan dan manfaat dari mendoakan orang tua salah satunya menjadi amalan yang tidak putus. Selain bisa menjadi amalan bagi orang tua, ini juga amalan bagi kita lho sobat CahayaIslam. Karena dengan mendoakan orang tua kita bisa mendapat banyak kebaikan dan pahala.

Dicintai Allah SWT

Manfaat lainnya dari mendoakan orang tua adalah mendapatkan cinta dari Allah SWT. Sebagai seorang anak, berbakti kepada orang tua tentunya adalah kewajiban. Dan melakukan apa yang diperintahkan Allah akan membawa kita pada cinta-Nya. Sebesar apa kita mencintai orang tua, maka sebesar itu juga cinta yang akan Allah berikan lho.

Balasan Surga

Doa untuk orang tua bukan hanya mampu menjadi amalan bagi orang tua di akhirat nanti. Namun juga menjadi amalan bagi yang mendoakan. Selain itu, surga juga menjadi balasan bagi orang tua yang senantiasa didoakan dan juga bagi anak yang senantiasa mendoakan.

Doakan orang tua – selain menjadi bukti bakti dan kasih sayang kepada orang tua. Ini juga memiliki manfaat dan keutamaan lho menurut islam. Apalagi berbuat baik kepada orang tua termasuk perintah Allah SWT. Demikian beberapa manfaat dan keutamaanya, semoga kita termasuk golongan orang yang memuliakan orang tua ya sobat CahayaIslam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Luqman Ayar 14

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY