Jaksa KPK dan Pengacara Nurhadi Adu Mulut! Ini Perkataan Yang Sebaiknya Tidak Diucapkan Menurut Islam

0
494
Jaksa KPK dan Pengacara Nurhadi Adu Mulut

Jaksa KPK dan Pengacara – Persidangan perkara suap-gratifikasi yang menjerat Nurhadi yang merupakan mantan Sekretaris MA berujung perdebatan. Hadirnya seorang saksi bernama Budi Soesanto membuat jaksa KPK dan pengacara Nurhadi adu mulut. Hal ini karena pengacara Nurhadi, Maqdir Ismail bermaksud untuk mengkonfirmasi pemberitaan mengenai MAKI. Dimana disebutkan bahwa ada keterlibatan seorang berinisial BS sebagai pemborong.

Jaksa KPK dan Pengacara Nurhadi Adu Mulut

Hal yang dilakukan oleh pengacara Maqdir Ismail ini menyebabkan jaksa KPK merasa keberatan. Sehingga terjadi adu mulut oleh keduanya. Terjadinya adu mulut dalam persidangan tentu saja bukan hal yang terpuji. Apalagi dalam islam, kaum muslimin diperintahkan untuk menjaga lisan dengan baik. Sehingga hal ini sudah pasti bukan ajaran islam, dan cenderung menyimpang dari syariat yang ada.

Tahukah sobat CahayaIslam, ada beberapa kategori perkataan yang tidak baik untuk diucapkan menurut islam.

Jaksa KPK dan Pengacara Nurhadi Adu Mulut! Tahukah? Ini Lho Perkataan Yang Sebaiknya Tidak Diucapkan Menurut Islam

Jaksa KPK dan Pengacara Nurhadi Adu Mulut dan Perkataan Yang Sebaiknya Tidak Diucapkan

Jaksa KPK dan pengacara Nurhadi, Maqdir Ismail ini terlibat adu mulut. Ini karena dipicu oleh pertanyaan yang berusaha dilontarkan oleh sang pengacara. Sehingga memicu jaksa KPK untuk ikut berbicara dan merasa keberatan dengan pertanyaan tersebut. Dalam pandangan islam sendiri, adu mulut bukanlah sikap seorang muslim. Karena ini bisa menyebabkan terjerumus dalam bahaya lisan. Padahal islam menganjurkan untuk berkata yang baik.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا

يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.

Ayat ini menjelaskan bahwasanya kaum muslimin diperintahkan untuk mengatakan ucapan yang benar dan baik. Dan tentu saja ucapan yang tidak baik bukan hanya tidak disukai oleh Allah. Namun juga bisa menghilangkan pahala. Lalu apa saja perkataan yang sebaiknya tidak diucapkan menurut islam?

Jaksa KPK dan Pengacara Nurhadi Adu Mulut dan Perkataan Yang Tidak Baik Dalam Islam

Berbohong

Berbohong adalah salah satu perkataan yang tidak baik menurut islam. Ini juga ucapan yang dibenci Allah karena termasuk perkataan yang tidak benar. Sementara Allah sendiri memerintahkan kaum muslimin untuk berkata yang benar dan tentu saja jujur. Kebohongan bisa menyeret seseorang ke dalam api neraka.

Mencemooh atau Mengejek

Perkataan yang mengandung ejekan atau cemoohan juga dilarang dalam islam. Ini sebaiknya tidak diucapkan karena akan menimbulkan dosa, sekaligus kerugian. Seperti menyakiti hati orang lain hingga perselisihan lho sobat CahayaIslam.

Menyebarkan Rahasia

Sobat CahayaIslam tentu saja tahu bahwa Allah menganjurkan untuk kaum muslimin menjaga aib. Caranya adalah dengan tidak membicarakan aib. Baik aib diri sendiri atau orang lain. Itulah sebabnya, menyebarkan rahasia atau aib orang lain adalah perkataan yang tidak baik untuk diucapkan.

Bertengkar atau Adu Mulut

Perkataan buruk bisa datang dari amarah, dan ini biasanya terjadi ketika seseorang terlibat adu mulut atau bertengkar. Maka pertengkaran seharusnya dihindari, karena Allah membenci perkataan buruk. Ini juga bukanlah ajaran agama islam.

Pembicaraan Batil Hingga Mengutuk

Pembicaraan yang batil yang dimaksud adalah ghibah, fitnah dan segala bentuk pembicaraan yang mengacu pada ucapan yang keji. Jika sobat CahayaIslam melibatkan diri dalam pembicaraan semacam ini, itu artinya termasuk golongan orang yang tidak bisa menjaga lisan. Begitu juga dengan ucapan mengutuk.

Jaksa KPK dan Pengacara – dalam persidangan terlibat adu mulut. Ini tentu saja bukan cerminan sikap muslim yang seharusnya menjaga lisan. Begitu juga dengan menjaga amarah. Semoga kita senantiasa memperhatikan perkataan yang baik dan tidak untuk diucapkan ya sobat CahayaIslam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ahzab Ayat 70-71

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY