Doa Tolak Bala Sesuai Ajaran Islam Agar Terhindar dari Malapetaka

0
17

Doa Tolak Bala – Bencana datang kapan pun dimana pun tanpa diundang. Sebagai seorang muslim kita harus berdoa kepada Allah SWT agar selalu dalam lindungannya, yakni dengan membaca doa tolak bala.

Tolak bala ialah terhindar dari segala macam keburukan, bencana, malapetaka dan yang terjadi saat ini seperti wabah corona. Dalam Islam sendiri ritual ibadah yang dilakukan sebagaimana rukun Islam, namun jika ritual dilakukan diluar rukun tersebut maka tidak sesuai dengan ketentuan Allah SWT.

 

Terlebih lagi kondisi dunia saat ini yang sedang diserang wabah virus corona. Sobat Cahaya Islam, Rasulullah SAW juga pernah mengalami musibah wabah beberapa kali.Untuk mengatasinya, Rasulullah SAW juga memohon perlindungan kepada Allah SWT dari berbagai penyakit.

Doa untuk menolak bala ada beberapa versi dari berbagai sumber yang bisa kita hafalkan. Doa ini ditujukan agar diberikan kekuatan dan perlindungan Allah SWT, berikut ini adalah doa yang bisa sobat cahaya islam baca setela salat fardhu:

Doa Tolak Bala Agar Terhindar dari Segala Macam Musibah

وَمَآ أَصَٰبَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُوا۟ عَن كَثِيرٍ

Arti: Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu). (QS Asy-Syura:30)

Dalam Al Quran Surat Ash Shoffat Allah SWT berfirman:

فَلَوْلَا أَنَّهُ كَانَ مِنَ الْمُسَبِّحِينَ لَلَبِثَ فِي بَطْنِهِ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ

“Maka jika sekiranya dia (Nabi Yunus) tidak termasuk orang-orang yang banyak berdzikir (bertasbih) kepada Allah, niscaya dia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit.” (QS Ash Soffat:143).

Qunut Nazilah versi MUI;

“Allaahummahdii fiiman hadaiyt. Wa ‘aafinaa fiiman ‘aafaiyt. Wa tawallani fiiman tawallaiyt. Wa baarikli fiimaa a’thoiyt. Wa qini syarro maa qodloiyt. Fainnaka taqdlii walaa yuqdloo ‘alaiyk. Wa innahu laa yadzillu man waalayt. Wa laa ya’izzu man ‘aadaiyt. Tabaarokta robbanaa wa ta’aalaiyt. Fa lakal hamdu ‘alaa maa qodloiyt. Astaghfiruka allahumma wa atuubu ilaiyk.”

“Allaahummadfa’ ‘annal gholaa’a wal balaa’a wal wabaa’ wal Fahsyaa’a wal munkar was suyuufal mukhtalifata wasy ssyadaaida wal mihan maa zhoharo minhaa wa maa bathona mim balainaa hadzaa khoosshoh, wa min buldaanil muslimiina ‘aammatan innaka ‘alaa kulli syaiin qadiir. Wa shallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin walkhamdulillahirabbil ‘alamiin.”

Yang artinya:

“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.”

“Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.”

“Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

Tips Agar Terhindar dari Bencana

1. Bersukur dengan Hati

Artinya meyakini semua nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kita. Mencintai Allah dengan segala keagunannya akan memberikan kekuatan pada diri kita sendiri.

2. Bersyukur dengan Lisan

Memuji Allah dengan segala keagungan yang maha pemberi kenikmatan, mengucapkan alhamdulillah jika diberikan kenikmatan, segera beristigfar jika melakukan kesalahan, mengucap masyaallah jika melihat ciptaan-Nya.

3. Bersyukur dengan Amal Perbuatan

Ketika Allah SWT memberikan kenikmata kepada kita, maka kita membalasnya dengan perbuatan yang baik seperti lebih taat kepada Allah, berbuat kebaikan kepada orang lain dan tetap bersyukur.

4. Mencintai Sesama Umat Muslim

Rasulullah SAW berpesan agar manusia bersilaturahmi supaya rasa saling mencintai sesama umat tumbuh. Sehingga rumah kita diberkahi oleh Allah SWT, karena sebagai umat Muslim kita diharuskan untuk tetap bersatu dan harmonis.

5. Mendekatkan diri Kepada Allah

Allah SWT menggolonkan dua manusia yang beruntung, yakni manusia yang mencintai Allah dengan cara melaksanakan amalan-amalan wajib dan kedua manusia yang mencintai Allah dengan cara melaksanakan amalan-amalan sunnah setelah mengerjakan yang wajib.

Demikianlah doa tolak bala yang bisa kita hafalkan dan amal perbuatan yang bisa kita lakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon perlindungannya. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya, Aaamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!