Wabah Norovirus Merebak di China, Ini Doa Agar Terhindar dari Berbagai Penyakit

0
16

Wabah Norovirus – Belum selesai wabah Covid-19, baru-baru ini publik dikejutkan dengan hadirnya virus baru yakni wabah norovirus. Diketahui dalam beberapa sumber berita, sejumlah mahasiswa di Provinsi Shanxi, China Utara terpapar oleh norovirus.

Pihak unversitas menuturkan para mahasiswa tersebut mengalami gejala seperti muntah, diare dan demam. Staf rumah sakit universitas pun membenarkan kabar tersebut akibat dari norovirus.

Namun pihaknya enggan memberikan penjelasan lebih rinci mengenai jumlah mahasiswa yang terpapar. Saat ini para mahasiswa dikabarkan mulai membaik dan sudah ada yang pulih.

Pihak kampus melalui pengujian departemen pengawasan kota menyebut wabah tersebut datang dari makanan yang sudah terkontaminasi virus. Departemen kesehatan mencatat sudah ada 30 norovirus sejak Bulan September ini dengan total mencapai 1500 kasus.

Pihaknya mengatakan bahwa virus ini berbeda dengan virus corona. Jika corona menyebar melalui cairan, berbeda dengan norovirus yang menyebar melalui kotoran. Untuk informasi, gejala norovirus diantaranya seperti mual, muntah, pusing, diare dalam jangka waktu 24 jam.

Sobat Cahaya Islam, para ulama berpesan agar terus berpedoman pada hadist-hadist sahih untuk membimbing umat Islam dalam menghadapi wabah penyakit, berikut hadistnya.

Wabah Norovirus jadi Wabah Baru di China, Ini Doa Agar Terhindari dari Penyakit

Berikut adalah bunyi doa agar terhindar adri penyakit menular.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، وَالجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ

Artinya: “Ya Allah, Aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra dan keburukan segala macam penyakit.”( H.R Abu Dawud: 1334)

MUI juga meminta umat muslim untuk berikhtiar dan membaca surat Qunut Nazilah. Nazilah sendiri memiliki arti yakni ‘petaka’ yang menimpa seseorang. Surat ini pernah dibacakan Rasulullah SAW selama 1 bulan saat mendengar kabar sahabatnya terkena musibah, berikut ini doa Qunut Nazilah versi MUI;

“Allaahummahdii fiiman hadaiyt. Wa ‘aafinaa fiiman ‘aafaiyt. Wa tawallani fiiman tawallaiyt. Wa baarikli fiimaa a’thoiyt. Wa qini syarro maa qodloiyt. Fainnaka taqdlii walaa yuqdloo ‘alaiyk. Wa innahu laa yadzillu man waalayt. Wa laa ya’izzu man ‘aadaiyt. Tabaarokta robbanaa wa ta’aalaiyt. Fa lakal hamdu ‘alaa maa qodloiyt. Astaghfiruka allahumma wa atuubu ilaiyk.”

“Allaahummadfa’ ‘annal gholaa’a wal balaa’a wal wabaa’ wal Fahsyaa’a wal munkar was suyuufal mukhtalifata wasy ssyadaaida wal mihan maa zhoharo minhaa wa maa bathona mim balainaa hadzaa khoosshoh, wa min buldaanil muslimiina ‘aammatan innaka ‘alaa kulli syaiin qadiir. Wa shallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin walkhamdulillahirabbil ‘alamiin.”

Artinya:

“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.”

“Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.”

“Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

Tips Agar Terhindar dari Virus

1. Mencuci Tangan dengan Benar

Mencuci tangan adalah hal yang paling sederhana untuk terhindar dari berbagai macam virus. Namun harus sesuai dengan protokol kesehatan yang digencarkan Kementerian Kesehatan, yakni mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik.

Mulai dari punggung tangan, pergelangan, sela-sela jari hingga sela-sela kuku. Setelah itu tangan dikeringkan dengan tisu atau handuk bersih.

2. Menggunakan Masker

Menggunakan masker saat ini adalah suatu kewajiban untuk terhindar dari berbagai macam virus. Pakailah masker yang sudah berstandar SNI.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh adalah hal yang paling pentng karena virus bisa masuk dengan leluasa jika daya tubuh manusia lemah. Untuk itu disarankan mengonsumsi makanan yang sehat, rutin berolahraga, tidak tidur larut malam dan menjaga pikiran agar tetap positif.

4. Menerapkan Physical Distancing

Physical Distancing sudah ditetapkan oleh pemerinta sejak beberapa bulan lalu. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai virus menular.

Untuk itu kita harus mentaati peraturan tersebut agar tidak berpergian ke luar rumah jika tidak penting dan menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain.

5. Membersihkan Rumah

Selain menjaga diri sendiri, kita juga wajib membersihkan rumah khususnya menggunakan disinfektan agar virus yang hinggap di benda-benda sekitar rumah hilang.

Hadirnya wabah norovirus menjadi kabar yang menakutkan bagi kita. Namun kita harus tetap berpikiran positif dan menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam virus, terlebih lagi sebagai seorang muslim kita harus rutin membaca doa agar diberikan perlindungan oleh Allah SWT, Aaamiin.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!