Bersiap Pengumuman SBMPTN 2020, Mengapa Ilmu Itu Penting Dalam Islam? Ini Alasannya!

0
56
Bersiap Pengumuman SBMPTN dan Alasan Pentingnya Ilmu Dalam Islam

Bersiap Pengumuman SBMPTN – SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan langkah awal untuk memasuki jenjang pendidikan perkuliahan. Pengumuman dari seleksi ini tentu saja sangat dinantikan oleh para calon mahasiswa. Jika sebelumnya pengumuman SBMPTN dijadwalkan pada tanggal 20 Agustus. Saat ini dimajukan menjadi tanggal 14 Agustus. Hal ini dikarenakan seleksi jalur mandiri juga akan segera dibuka setelah pengumuman SBMPTN ini.

Bersiap Pengumuman SBMPTN dan Ilmu Menurut Islam

Menuntut ilmu adalah hal yang cukup penting dalam kehidupan. Itu sebabnya, banyak orang antusias untuk menuntut ilmu hingga jenjang yang tinggi. Seleksi seperti SBMPTN adalah kesempatan untuk bisa masuk ke perguruan tinggi yang diharapkan. Sehingga pengumuman dari hasil seleksi ini tentu saja menjadi saat-saat yang cukup menegangkan. Sobat Cahaya Islam, ilmu memiliki keutamaan dalam islam. Sehingga agama pun menganjurkan kaum muslimin untuk menuntut ilmu.

Bersiap Pengumuman SBMPTN 2020, Ini Alasannya Menuntut Ilmu Sangatlah Penting Menurut Islam

Bersiap Pengumuman SBMPTN dan Menuntut Ilmu Merupakan Perintah Allah

Bersiap Pengumuman SBMPTN 2020 dan mengharapkan hasil terbaik dari seleksi ini. Tentu saja ini merupakan harapan semua orang yang ingin menuntut ilmu. Ilmu merupakan bekal dan kebutuhan dalam kehidupan manusia. Sehingga seorang muslim akan lebih baik jika memiliki banyak ilmu. Manfaat dari menuntut ilmu pun tidak lain juga untuk diri sendiri. Bahkan bisa menjadi jalan untuk memberikan manfaat kepada orang lain.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Dalam ayat diatas dijelaskan, bahwa orang yang berilmu akan diangkat derajatnya. Itu salah satu keutamaan dari menuntut ilmu. Lalu apa alasannya ilmu sangat penting menurut islam?

Ilmu Memberikan Banyak Manfaat, Meski Sepeninggal Pemiliknya

Bersiap Pengumuman SBMPTN dan Ini Pentingnya Ilmu

Pentingnya menuntut ilmu menurut islam, ini karena banyaknya manfaat dari memiliki cukup ilmu. Saat kita masih hidup, ilmu bisa menjadi bekal dalam kehidupan. Ini bahkan bisa memberikan manfaat kepada orang banyak dengan ilmu yang kita miliki. Lalu sepeninggal kita? ilmu akan tetap bermanfaat. Sejatinya, orang-orang akan mengingat kita dari apa yang kita lakukan semasa hidup dan kebaikan yang ada dalam diri kita. Ilmu adalah salah satunya.

Ilmu Adalah Perintah Allah Kepada Nabi

Ilmu merupakan sesuatu yang kekal, tidak akan terkikis masa meskipun kita sudah tiada. Alasan mengapa ilmu ini penting dalam islam, hal ini karena merupakan salah satu perintah Allah SWT. Dalam firman-Nya, Allah memerintahkan Nabi untuk meminta kepadaNya tambahan ilmu. Ini artinya, ilmu sangatlah penting menurut islam.

وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

dan katakanlah: “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan”.

Bersiap Pengumuman SBMPTN – yang merupakan langkah untuk menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi. Itu sebabnya, banyak orang bersaing dalam hal menuntut ilmu. Namun yang perlu diingat, menuntut ilmu juga harus diimbangi dengan pengetahuan yang cukup soal agama. Ini agar kita tidak hanya menuntut ilmu tinggi saja, namun bisa menempatkannya berdampingan dengan ilmu agama.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Mujadillah Ayat 11

(2) – Surat Ta Ha Ayat 114

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY