Pentingnya Bagi Umat untuk Memahami Muamalah dalam Ekonomi Islam

0
141
muamalah dalam ekonomi Islam

Muamalah dalam Ekonomi Islam – Sejatinya, sebagai seorang muslim mempelajari tentang topik muamalah dalam ekonomi Islam adalah suatu keharusan.

Sebab umat akan lebih dapat memahami pembahasan tersebut dan mengamalkannya dalam kehidupan. Jika niat saja, tentu kurang afdhol bukan?

Maka dari itu perlu disertai adanya niat serta pemahaman yang jelas akan muamalah.

Sobat Cahaya Islam, muamalah dalam ekonomi Islam idealnya berkaitan dengan proses transaksi di dalam sistem perekonomian sebagaimana yang Rasulullah contohkan semasa hidup beliau.

Muamalah tentu bertujuan untuk mendatangkan kebermanfaatan di dalamnya atas suatu barang alias yang menjadi alat pertukaran.

Hubungan antara fiqh muamalah dan ekonomi Islam sendiri sejatinya adalah sebuah kajian tata bahasa yang disandingkan dengan kemahiran penggunaan bahasa.  

Mengapa Umat Harus Mempelajari Muamalah dalam Ekonomi Islam?

Sobat cahaya Islam, mempelajari muamalah dalam ekonomi Islam adalah suatu hal yang wajar. Justru setiap umat harus memahami konsep tersebut sebelum akhirnya bermuamalah dengan sesama muslimin lainnya.

Pemahaman akan muamalah yang baik akan mendatangkan banyak manfaat bagi si pemilik ilmu. Salah satunya yakni tidak sampai memasukkan hal – hal yang dinilai haram dan menyebabkan kemudharatan. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat An Nisa ayat 29 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ اِلَّآ اَنْ تَكُوْنَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِّنْكُمْ ۗ وَلَا تَقْتُلُوْٓا اَنْفُسَكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيْمًا

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil (tidak benar), kecuali dalam perdagangan yang berlaku atas dasar suka sama suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu. Sungguh, Allah Maha Penyayang kepadamu.

Kendati di negeri tidak mengamalkan sistem ekonomi Islam, namun masih ada beberapa kegiatan muamalah yang dapat dikondisikan dengan Islam.

Misal, dalam hal hutang piutang. Umat muslim yang memahami syariat dan sistem perekonomian Islam sudah seharusnya meniadakan adanya unsur riba di dalam transaksi tersebut bagaimanapun alasannya.

Tips Belajar Sistem Perekonomian Islam

Agar umat lebih berhati – hati dalam bermuamalah, maka berikut tips belajar mudah terkait sistem perekonomian Islam. Diantaranya yakni sebagai berikut :

1.    Jangan Belajar Sendiri

Hal pertama yang perlu dipahami agar pembelajaran tidak membosankan, yakni jangan belajar sendiri. Belajar sendiri selain bisa menyesatkan dan memberikan berbagai pemaknaan, juga terkadang bisa menyebabkan adanya jalan buntu.

Maka dari itu, penting mencari komunitas dan organisasi terkait untuk belajar lebih dalam terkait sistem perekonomian Islam.

2.    Belajar dengan para Asatidz

Kemudian, sobat cahaya Islam perlu menentukan untuk mempelajari hal tersebut dari beberapa asatidz yang terpercaya dan berdasar Ahlus Sunnah Wal Jamaah. Hal ini dimaksudkan agar jiwa pembelajar dalam diri terus dipompa dan senantiasa meningkat bila bertemu dengan para asatidz yang menentramkan hati. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Al Ankabut ayat 69 sebagai berikut :

وَالَّذِيْنَ جَاهَدُوْا فِيْنَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَاۗ وَاِنَّ اللّٰهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِيْنَ ࣖ

Artinya : Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridaan) Kami, Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sungguh, Allah beserta orang-orang yang berbuat baik.

3.    Mendiskusikan Keilmuannya

Selanjutnya, pada saat mempelajari sistem perekonomian Islam, jangan lupa untuk mendiskusikan keilmuan tersebut dengan banyak guru maupun kawan diskusi.

muamalah dalam ekonomi Islam

Hal ini dimaksudkan agar keilmuan dapat merasuk dalam hati. Selain itu, sobat cahaya Islam dapat saling menyebarkan dakwah berkaitan dengan sistem perekonomian Islam.

Kendati sistem tersebut berasal dari Islam, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kehidupan non muslim juga dapat terjamin bila sistem tersebut diwujudkan.

Hal ini sudah dibuktikan beberapa ratusan tahun silam dimana Islam masih menjadi peradaban dan menerapkan aturan Islam di dalamnya di berbagai aspek kehidupan.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan muamalah dalam ekonomi Islam dan beberapa tips yang dapat dilakukan umat muslim untuk belajar terkait sistem perekonomian Islam. Semoga ulasannya bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY