Disnaker Jawa Barat Siap Mengawasi Pembagian THR, Ini Kewajiban Perusahaan Terhadap Karyawan Menurut Islam

0
22
Disnaker Jawa Barat 1

Disnaker Jawa Barat – Disnakertrans Jawa Barat, Rachmat Taufik Garsadi mengatakan siap untuk mengawasi pembagian THR oleh perusahaan. Pihaknya mengatakan akan mengawal seluruh perusahaan untuk betul-betul mengikuti perjanjian untuk memberikan THR kepada pekerja. Pemerintah pusat pun juga meminta agar uang THR penuh disalurkan selambat-lambatnya adalah H-7 sebelum hari raya Idul Fitri. Dan pemerintah pusat juga meminta perusahaan agar tidak memberikan THR dengan cara menunda atau mencicil.

Disnaker Jawa Barat 1

Pemberian THR atau Tunjangan Hari Raya inipun telah diatur dalam Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Republik Indonesia (RI) Nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 bagi pekerja atau buruh di perusahaan.

Itu sebabnya, tunjangan ini juga termasuk hak yang didapatkan oleh pekerja atau karyawan. Sementara bagi perusahaan yang masih terdampak pandemi covid-19 dan tidak bisa memberikan THR. Maka ini harus dibuktikan dengan laporan keuangan.

Disnaker Jawa Barat Siap Mengawasi Pembagian THR, Begini Kewajiban Perusahaan Terhadap Karyawan Menurut Islam

Disnaker Jawa Barat 2

Disnaker Jawa Barat mengatakan siap untuk mengawasi pembagian THR kepada pekerja oleh perusahaan. Tunjangan ini merupakan salah satu kebijakan yang mana diatur untuk dilaksanakan oleh seluruh perusahaan kepada pekerjanya. Dalam islam sendiri juga mengatur bagaimana pemimpin atau perusahaan memiliki kewajiban kepada pekerja. Itu sebabnya, tidak seharusnya perusahaan memperlakukan pekerja tidak layak apalagi sampai tidak memberikan tunjangan yang menjadi hak pekerja.

Dalam dunia kerja, bukan hanya pekerja yang memiliki kewajiban terhadap pemimpin atau perusahaan. Namun pemimpin pun memiliki kewajiban yang harus dilaksanakan untuk para pekerjanya. Islam juga mengatur mengenai bagaimana seorang pemimpin harus bersikap. Lalu bagaimana kewajiban perusahaan terhadap karyawan atau pekerja menurut islam.

Memberikan Upah Yang Pantas

Disnaker Jawa Barat 3

Salah satu kewajiban pemimpin atau perusahaan terhadap pekerja adalah memberikan upah. Tentu saja upah yang diberikan juga harus sesuai dengan hak yang harus didapatkan pekerja. Biasanya pemberian upah juga sesuai dengan perjanjian. Dengan memberikan upah atau gaji yang pantas merupakan salah satu bentuk pemimpin yang menuntaskan kewajibannya kepada para pekerja. Dan ini juga yang sesuai dengan ajaran islam.

Bersikap Adil Kepada Pekerja

Berlaku adil adalah kewajiban yang harus dilakukan seorang pemimpin atau perusahaan kepada pekerjanya. Mulai dari pekerjaan yang harus dikerjakan oleh karyawan, tentu saja perlakuan adil sangatlah penting. Ini juga diatur dalam ayat Al Quran dimana seorang pemimpin diperintahkan untuk berlaku adil dan berbuat kebajikan. Terutama kepada karyawan atau pekerjanya.

Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.

Disnaker Jawa Barat – mengatakan bahwa akan mengawasi pemberian Tunjangan Hari Raya oleh seluruh perusahaan kepada pekerja. Dalam hal ini, tunjangan adalah salah satu kewajiban yang harus diberikan oleh perusahaan. Ini juga diatur dalam islam lho sobat CahayaIslam. Maka dari itu, pemberian gaji dan perlakuan adil menjadi bagian kewajiban pemimpin.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nahl Ayat 90

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY