Jimat Asmaul Husna, Bolehkah Menggunakannya?

0
321
jimat Asmaul Husna

Jimat Asmaul Husna – Umat islam pastinya mengenal bahwa Asmaul Husna adalah nama-nama Allah SWT yang sangat indah. Bahkan tidak jarang terdapat jimat Asmaul Husna yang banyak orang-orang gunakan.

Dalam hadits, jumlah Asmaul Husna mencapai 99 nama. Kendati demikian, di dalam Al Quran ada nama-nama Allah lain selain 99 nama itu.

Bolehkah Menggunakan Jimat Asmaul Husna?

Banyak sekali keutamaan dari Asmaul Husna bagi manusia yang mengamalkannya. Tak heran jika ada yang menggunakan jimat Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu keutamaan dari Asmaul Husna yaitu dapat menjadi perantara doa supaya mudah terkabul. Tetapi bagaimana hukumnya jika Asmaul Husna menjadi jimat?

Sebab tidak jarang seseorang menuliskan kata Ar Razzaq dengan jumlah tertentu di kain, lalu membawanya kemana saja untuk kelancaran rezeki.

Banyak orang yang menyebut praktik tersebut sebagai pembuatan jimat. Menurut ulama, orang-orang yang melakukan hal tersebut maka harus bisa menjaga benda yang ia bawa.

Sebagai contoh, kain dengan tulisan salah satu nama Asmaul Husna tidak boleh dibawa ke kamar mandi untuk menjaga kemuliaannya. Nabi Muhammad SAW saat hendak masuk ke kamar mandi melepaskan cincinnya karena bertuliskan Muhammadur Rasulullah.

Hukum Jimat Bertuliskan Asmaul Husna

Sobat Cahaya Islam, sebaiknya dalam penggunaan jimat Asmaul Husna harus mempunyai sumber yang bisa dipertanggungjawabkan atau guru yang jelas.

Jangan hanya mengambil kata-kata tersebut dari internet tanpa tahu darimana pengambilannya. Di sisi lain, penggunaan Asmaul Husna untuk jimat hukumnya boleh.

Namun penggunaan tersebut dengan catatan yakin bahwa hanya Allah yang mampu memberi manfaat dan menolak keburukan. Bukan itu saja, perlu juga tetap menjaga kemuliaan Asmaul Husna.

Pembuatan jimat tersebut pun juga harus mempunyai sumber dan guru yang sejelas mungkin. Dengan demikian, Sobat tetap percaya bahwa semua yang terjadi atas izin Allah SWT dan bukan karena jimat semata.

Keutamaan dari Asmaul Husna

Sobat Cahaya Islam, untuk meyakini keagungan Allah dalam Asmaul Husna, tak ada salahnya memahami keutamaannya di bawah ini.

1.       Terkabulnya Doa

Allah SWT memerintahkan hambanya untuk berdoa dengan menyebut nama-nama dalam Asmaul Husna. Karena itu merupakan perintah Allah, maka hal tersebut menjadi jaminan bahwa doa akan Allah kabulkan.

jimat Asmaul Husna

Allah SWT berfirman:

وَلِلَّهِ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ فَٱدْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا۟ ٱلَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِىٓ أَسْمَٰٓئِهِۦ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al ‘Araf: 180)

Sebagai seorang hamba, Sobat harus berdoa kepada Allah dengan nama-nama Asmaul Husna. Jangan sampai Sobat menyeru Allah dengan nama-nama yang tidak baik.

2.       Masuk ke Surga

Keutamaan yang luar biasa dari Asmaul Husna yaitu membuat seorang hamba masuk ke surga. Sebab barangsiapa yang hafal ke 99 Asmaul Husna dan merenungkannya, makai a akan masuk surga.

Ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا ، مِائَةً إِلا وَاحِدَةً ، مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ

Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu, siapa yang menjaganya maka dia masuk surga.” (HR. Bukhari, no.2736, Muslim, no.2677 dan Ahmad, no.7493). 

3.       Mendatangkan Pahala

Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk mempelajarinya ketika mendengar Asmaul Husna. Mengingat Asmaul Husna berisi nama-nama yang baik dan seruan terbaik untuk Allah SWT.

jimat Asmaul Husna

Hal tersebut sejalan dengan:

 “Dialah Allah, tidak ada Tuhan/Ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, Dia mempunyai asmaul husna (nama-nama yang baik).” (QS. Thaa-Haa 20:8)

Sobat Cahaya Islam, jika ingin memiliki jimat Asmaul Husna, hendaknya pelajari dan renungi makna dari nama-nama baik tersebut. Dengan begitu, Sobat bisa mendapat keutamaan dan Rahmat dari Allah SWT.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY