3 Tips Tingkatkan Baca Quran di Bulan Ramadhan

0
52
baca Quran di bulan Ramadhan

Baca Quran di Bulan Ramadhan – Aktivitas baca Quran di bulan suci Ramadhan adalah aktivitas yang mulia. Pasalnya, kitab Qur’an adalah pedoman bagi seluruh kaum muslimin di dunia. Selain itu, bulan Ramadhan juga merupakan bulan diturunkannya Quran. Maka tak mengherankan bila aktivitas ini lebih sering dilakukan saat Ramadhan.

Sobat cahaya Islam, baca Quran di bulan puasa nyatanya tak semudah yang dibayangkan. Pasalnya godaan di bulan Ramadhan terlampau besar. Mulai dari makanan yang berlimpah, bacaan tak berfaedah sampai akhirnya aplikasi yang sanguo melenakan umat muslim.

Bagaimana Membiasakan Aktivitas Baca Quran di Bulan Ramadhan?

Baca Quran di bulan suci harus dijadikan sebagai aktivitas rutinan. Bukan hanya di bulan puasa saja, namun juga setelah bulan itu berakhir. Maka dari itu diperlukan adanya kesungguhan komitmen dalam diri dan perlu didukung oleh faktor eksternal lainnya. Contoh faktor eksternal lain yakni keluarga dan lingkungan.

Selain itu, aktivitas ini harus disadari sebagai wujud ketaqwaan kepada Allah SWT. Walaupun terdapat banyak pahala yang berlimpah, hal ini tidak akan mengalihkan fokus umat untuk membaca Qur’an dan meraih ridho Allah Ta’ala.

Tips Tingkatkan Baca Quran di Bulan Ramadhan

Selain memiliki komitmen dalam diri, terdapat tips dan strategi khusus agar dapat meningkatkan aktivitas baca Quran di bulan puasa. Sebab manusia tidak dapat menjalankan keseluruhan aktivitas tanpa perencanaan yang matang dan teratur. Beberapa tips diantara adalah :

1.Berkunjung ke Masjid

baca Quran di bulan Ramadhan

Tips pertama yang bisa dilakukan agar bacaan Quran dapat meningkat yakni dengan mengikuti kegiatan tadarus di Masjid maupun musholla. Hal ini dimaksudkan agar ada yang menyimak bacaan Qur’an yang dibacakan. Bila terdapat kesalahan maka akan dengan mudah untuk dibenarkan.

2. Belajar pada Para Alim Ulama’

Selain sering berkunjung kepada masjid, hendaknya kaum muslimin juga mempelajari bacaan Quran dengan benar melalui para ulama’. Biasanya, di bulan Ramadhan ini banyak kelas belajar Quran seperti tahsin dan tilawah. Ada yang gratis dan berbayar. Jika dalam keadaan mampu, sebaiknya memilih yang berbayar saja supaya bisa dijadikan wasilah untuk berderma juga.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam belajar pada para ulama’. Pertama, perhatikan adab dalam mencari ilmu. Bila kelas belajar Quran dalam bentuk online, misal sebagai seorang muslimah tetaplah berusaha menutup aurat. Kemudian, siapkanlah buku catatan khusus bila dibutuhkan.

3. Buat Jadwal Rutin

baca Quran di bulan Ramadhan

Tips yang lain yakni buatlah jadwal rutin supaya aktivitas baca Quran bisa dilakukan secara rutin. Hal lain yang dibutuhkan juga sampaikan jadwal yang dibuat pada teman atau sahabat yang mendukung program baca Quran anda.

Dengan adanya kecanggihan teknologi sekarang, jangan lupa untuk download beberapa aplikasi baca Quran gratis di hp masing – masing. Tentu hal tersebut juga akan memudahkan agar jadwal lebih terstruktur dan bacaan menjadi lancar.

Nah Sobat cahaya Islam, itulah beberapa tips baca Quran di bulan Ramadhan. Semoga tips ini dapat menjadi rekomendasi bagi kaum muslimin agar lebih dekat dengan RabbNya. Selain itu, membaca Qur’an juga dapat menjadi obat hati bagi siapapun yang membacanya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY