Bersyukur Adalah Contoh Perilaku Beriman dan Bertaqwa Kepada Allah SWT

0
61
Bersyukur adalah contoh perilaku

Bersyukur adalah contoh perilaku – Sobat Cahaya Islami, selalu bersyukur adalah contoh perilaku beriman dan bertakwa yang dicontohkan oleh Rasulullah. Allah sangat mencintai umatNya yang senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan.

Dengan selalu bersyukur kita tidak pernah merasa kekurangan dalam hidup. Seperti yang selalu dicontohkan oleh Baginda Rasul dimana beliau selalu bersyukur atas segala yang diberikan oleh Allah baik berupa nikmat karunia maupun berupa ujian dan cobaan.

Selalu Bersyukur Adalah Contoh Perilaku Beriman dan Bertakwa

Allah berfirman dalam Q.S Ibrahim ayat 7,

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

Manusia yang senantiasa bersyukur tidak akan pernah kekurangan, karena Allah akan memberikan nikmatNya berlipat ganda. Ini adalah janji Allah SWT kepada ummat yang selalu mensyukuri sekecil apapun karunia pemberian Allah kepadanya.

Sebaliknya segala bentuk kekurangan akan selalu menimpa sebagai bentuk azab bagi orang yang ingkar dari nikmat Allah atau kufur nikmat. SUngguh celaka orang yang memiliki sifat kufur nikmat semacam ini.

Selalu bersyukur adalah contoh perilaku umat Islam yang sangat mulia dan disukai oleh Allah SWT. Dengan selalu bersyukur maka ia mengakui keagungan dan keberadaan Allah yang berperan dalam setiap hal yang menimpanya.

Manfaat Dari Sikap Selalu Bersyukur Atas Nikmat Allah

Bersyukur adalah sikap berterima kasih atas pemberian dari Allah, baik berupa pemberian rejeki dan nikmat maupun pemberian berupa ujian dan cobaan. Meskipun Allah memberikan ujian dan cobaan yang berat, kita harus tetap beriman kepadaNya.

Dibalik semua ujian dan cobaan pasti terselip hukmah, itulah yang harus kita syukuri. Ada banyak manfaat yang bisa kita petik dari perilaku bersyukur, diantaranya adalah:

1. Memiliki Hati yang Lapang

Manusia yang selalu bersyukur akan memiliki hati yang lapang. Hal ini disebabkan tidak ada keraguan dalam dirinya tentang kebesaran Allah sehingga ia merasa ringan untuk melangkah. Ia juga tidak memiliki rasa dengki karena dalam hatinya selalu merasa telah dicukupi.

2. Mendapatkan Tempat Terbaik di Sisi Allah

Bersyukur adalah contoh perilaku

Selalu bersyukur adalah contoh perilaku beriman dan Allah akan mengingat umatNya yang selalu bersyukur bahkan menjanjikan tempat yang sangat mulia baginya. Ini sudah menjadi ketentuan yang dituangkan dalam QS Al Baqarah ayat 152,

فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ ࣖ

Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.

Allah telah menjanjikan tempat yang paling mulia di sisiNya kelak kepada umat yang senantiasa bersyukur melalui ayat di atas. Sebaliknya tersedia neraka yang sangat pedih bagi mereka yang kufur nikmat.

3. Memiliki Kehidupan yang Tenang dan Damai

Sikap bersyukur akan membawa ketenangan dan kedamaian, karena mereka yang selalu bersyukur akan terhindar dari banyak masalah dalam hidupnya. Keimanan dan ketakwaan yang tertanam kuat akan membuatnya selalu tawakal dan inilah yang membawa kedamaian.

Dalam keadaan sesulit apapun, sikap bersyukur akan membuat banyak hal menjadi terlihat mudah sehingga hilang semua perasaan takut. Ada Allah yang akan senantiasa menjadi penolong.

Rasa tenang dan damai itu hadir karena kuatnya keyakinan bahwa hanya Allah yang dapat dijadikan tempat bersandar. Dengan demikian, kita senantiasa bersyukur ketika akhirnya dapat menyelesaikan masalah atas bantuan Allah SWT.

Sobat Cahaya Islami, tanamkanlah sikap bersyukur dalam setiap sendi kehidupan agar mendapatkan ridho Allah SWT. Ingatlah bahwa bersyukur adalah contoh perilaku yang mencerminkan keimanan dan ketakwaan yang harus ditanamkan dalam setiap aspek kehidupan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY