Malam Lailatul Qadar, Ini 3 Tanda Akuratnya!

0
88

Malam Lailatul Qadar – Pada bulan Ramadhan ada satu malam yang sangat mulia, yaitu malam lailatul qadar. Lailatul qadar merupakan malam penuh kemuliaan. Di malam yang mulia ini ibadah dan amalan sholih yang dilakukan memiliki nilai pahala seribu bulan. Itulah kenapa malam lailatul qadar disebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Berdasarkan pendapat mayoritas para ulama, lailatul qadar turun di malam ganjil pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Meskipun tidak menutup kemungkinan kalau bisa saja malam itu turun pada malam genap. Sobat Cahaya Islam sebaiknya meningkatkan intesitas ibadah di 10 malam terakhir supaya bisa mendapatkan malam yang penuh kemuliaan.

Rasulullah juga demikian, beliau juga sangat bersungguh-sungguh beribadah di 10 malam terakhir bulan Ramadhan dibandingkan dengan malam lainnya. Sobat Cahaya Islam bisa mencontoh beliau dengan sungguh beribadah di 10 malam terakhir untuk mendapat malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan.

3 Tanda Malam Lailatul Qadar

Terdapat tanda-tanda datangnya malam lailatul qadar. Tanda-tanda tersebut didasarkan pada hadist shahih. Sobat Cahaya Islam bisa mengetahui datangnya lailatul qadar dengan melihat tanda-tanda berikut ini.

1. Cuaca Cerah di Malam Hari

Di malam penuh kemuliaan cuacanya cerah, tidak ada mendung ataupun hujan. Sinar bulan dan bintang dapat terlihat jelas. Dan di pagi harinya, matahari terbit dengan memancar cahaya putih. Cahaya putih dari sinar matahari tanpa disertai dengan pancaran sinar ke segala arah. Sinarnya teduh dan menenangkan.

Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam ke dua puluh tujuh (dari bulan Ramadlan). Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru.” (HR. Muslim no. 762)

2. Suhunya Hangat

Lailatul qadar adalah malam yang diberkahi banyak kemuliaan. Sangat berbeda dari malam-malam biasa, termasuk cuaca dan suhunya. Suhu di malam ini tidak terlalu dingin ataupun terlalu panas. Temperatur udaranya memberi kenyamanan pada setiap orang.

Sedangkan, di pagi hari setelah malam lailatul qadar, sinar matahari bersinat tidak terlalu panas dan cerah. Sinarnya yang memancar memberi kehangatan serta ketenangan pada setiap makhluk di muka bumi.

3. Keadaan Sangat Tenang dan Nyaman

Saat malam lailatur qodar, para malaikat turun ke bumi untuk menebar kemuliaan dan keberkahan bagi orang-orang yang beribadah di malam tersebut. Suasana di bumi pun sangat tenang dan nyaman serta orang-orang dapat merasakan nikmatnya beribadah.

3 tanda akurat di atas bisa menjadi pedoman bagi kita umat muslim untuk menyambut datangnya malam yang mulia. Semoga kita bisa mendapatkan kemuliaan di malam lailatul qadr. Sebab banyak keutamaan yang bisa didapatkan di malam paling mulia di bulan Ramadhan.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

  • Malam Paling Mulia

Tidak malam paling mulia selain malam lailatul qadar. Keberkahannya melebihi malam 1000 bulan. Perbanyak ibadah di waktu ini.

  • Waktu Diturunkannya Al-Quran

Al-Quran diturunkan pertama kali di malam mulia ini. Jadi semakin lengkap alasan mengapa lailatul qadar adalah malam paling istimewa.

  • Takdir Kembali Dicatat 1 Tahun Ke Depan

Malaikat akan mencatat takdir umat manusia untuk satu tahun ke depan pada malam lailatul qadr.

  • Pintu Ampunan Dibuka

Allah menerima pintu ampunan dan taubat hamba-Nya yang bertaubat d malam lailatul Qodar. Gunakan kesempatan untuk memohon ampun kepada Allah di 10 malam terakhir. Kita tidak tahu kapan tepatnya malam itu akan datang. Sebaiknya kita mempersiapkan dan meningkatkan ibadah kita semua saat sudah memasuki 10 malam terakhir bulan Ramadhan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!