Dampak Lonjakan Covid Indonesia Bagi Umat Islam

0
64
lonjakan Covid Indonesia

Lonjakan Covid IndonesiaBeberapa hari yang lalu berakhir sudah program penyekatan mudik untuk mereduksi lonjakan Covid di Indonesia. Namun, nampaknya program tersebut belum berhasil secara signifikan. Pasalnya, masih ada beberapa masyarakat yang tetap melanggar program meski telah mendapatkan sosialisasi program tersebut.

Sobat Cahaya Islam, kasus lonjakan Covid Indonesia tentu menjadi permasalahan bersama yang harus diselesaikan. Maka dari itu, tak bisa masyarakat hanya menyalahkan pihak pemerintah saja ataupun sebaliknya. Sehingga urgensitas dari penjagaan kesehatan seluruh umat memerlukan sinergi dari beberapa pihak.

Bagaimana Seharusnya Umat Merespon Lonjakan Covid Indonesia?

lonjakan Covid Indonesia

Sebagai umat muslim, tentu seharusnya melakukan langkah pencegahan agar diri tak ikut menjadi pasien covid 19. Selain itu, diperlukan adanya kesadaran diri untuk tak ikut latah tak memperdulikan bahaya dari virus tersebut. Memang, umat secara fitrah merasa lelah dan jenuh untuk melakukan social bahkan physical distancing.

Seharian menghadap laptop, handphone maupun gadget lainnya malah menjadikan sebagian ummat rentan menjadi makhluk rebahan dan pencinta drama. Walaupun sebagian besar umat lainnya juga masih tetap produktif. Namun rating tontonan drama maupun sinetron semakin melonjak sebagai dampak dari eksistensi pandemi.

Sobat cahaya Islam, sudah selayaknya ummat senantiasa menyerukan tentang keprihatinan terhadap kondisi negara yang menghadapi pandemi. Seperti misalnya melakukan sosialisasi kesehatan maupun melakukan aksi penyadaran di lingkungan sekitar.

Apa Dampak Positif dan Negatif dari Pandemi yang Berkelanjutan?

lonjakan Covid Indonesia

Sobat Cahaya Islam, setahun merasakan pandemi setidaknya memberikan perubahan bagi ummat. Jika ummat cerdas dalam memilah aktivitas, maka akan menghasilkan perubahan positif. Sementara jika umat terlena dengan suasana nyaman di rumah, maka bisa jadi ummat semakin terpuruk. Berikut beberapa dampak positif dan negatif dari adanya pandemi :

1. Dampak Positif Pandemi

Salah satu efek positif dari Pandemi yakni masyarakat bisa meningkatkan kemampuan dalam berteknologi. Efek ini tentu sangat dirasakan bagi para pekerja di kalangan pendidik, ASN dan pekerja kedinasa lainnya. Selain kemampuan berteknologi, masa pandemi juga menjadikan para pelaku bisnis membuka usaha secara online dan bersaing secara sehat.

Tentu hal ini merupakan terobosan baru dalam hal perekonomian keluarga. Selain itu, efek pandemi juga menjadikan silaturrahmi menjadi lazim untuk dijalankan walaupun harus dalam keadaan menghadap gadget masing – masing. 

Sebelum pandemi berlangsung, mungkin sebagian besar ummat lebih memilih untuk mematikan hp agar tak diganggu teman. Namun ketika pandemi, hp lebih sering berada dalam keadaan aktif. Selain itu, ummat secara tidak langsung juga dapat mengikuti kajian dan pembelajaran online baik berbayar maupun gratis. Tentu hal ini merupakan suatu kesempatan emas yang tidak boleh dilewatkan oleh para generasi muslim.

Hal ini pun nyatanya sesuai dengan hadits Rasulullah SAW yakni :

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah membaca Kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), akan dinaungi rahmat, akan dikeliling para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya.” (HR. Muslim, no. 2699)

2. Dampak Negatif Pandemi

Namun, selain berdampak positif, pandemi juga memberikan dampak negatif. Salah satu hal yang sangat disayangkan yakni sebagian besar ummat lebih cenderung untuk menonton tayangan drama, sinetron bahkan hal – hal yang dilarang oleh Islam.

Selain itu, pandemi juga menjadikan ummat terkadang melalaikan amanah dengan alasan kekurangan sinyal maupun sedang dalam jaringan yang tidak baik. Tentu tersebut merupakan hal yang tak dipebolehkan dalam Islam. Sebab menyebabkan karakteristik umat menjadi ternodai.

Nah Sobat Cahaya Islam, itulah ulasan mengenai lonjakan Covid Indonesia. Semoga setelah membaca ulasan ini, umat dapat lebih waspada dan memposisikan sebagai pihak yang selalu menyadarkan dibandingkan menjadi pihak yang latah dengan para pelanggar protokol kesehatan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY