Chadwick Boseman Meninggal Akibat Kanker Usus, Terapkan Pola Makan Sehat Ala Rasulullah Mulai Sekarang!

0
27

Chadwick Boseman – President of Wakanda Forever dikabarkan tutup usia pada Sabtu, 29/8/2020. Pemeran salah satu tokoh Avenger Black Panther ini meninggal akibat kanker usus yang di deritanya sejak empat tahun lalu. Pada Juni lalu, ia terlihat tertunduk lemas dengan balutan kain putih saat dilarikan ke rumah sakit, siapa sangka kini aktor Hollywood ini telah berpulang.

Kepergian Chadwick Boseman meninggalkan duka mendalam bagi penggemarnya, pihak Marvel Studio turut menyampaikan ungkapan duka terdalam atas kepergian aktor pemeran Black Panther ini.

Chadwick Boseman wafat akibat kanker usus besar yang di deritanya. Pihak dokter menyatakan bahwa sampai saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit kanker usus besar seperti yang di derita oleh Chadwick.

Untuk itu, penting bagi sobat Cahaya Islam menjaga dan menerapkan pola makan sehat agar terhindar dari segala macam penyakit pencernaan. Berikut pola makan sehat ala Rasulullah yang dapat sobat terapkan di rumah masing-masing.

Kanker Usus Besar Renggut Nyawa Chadwick Boseman, Terapkan Pola Makan Sehat Rasulullah

Makhluk hidup membutuhkan makan dan minum agar dapat melanjutkan kehidupannya. Allah SWT memerintahkan umat manusia untuk makan dan minum dari apa-apa yang telah Allah limpahkan di muka bumi,

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Karena sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 168)

Makanan dalam tubuh bisa jadi membawa manfaat apabila di makan secukupnya, dan dapat pula berubah menjadi racun apabila berlebihan. “Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf: 31)

Rasulullah SAW sebagai sebaik-baiknya teladan telah memberikan contoh pola makan sehat kepada umatnya, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Tidak Berlebihan

Konsep pertama yang di terapkan Rasulullah SAW adalah makan secukupnya dan tidak berlebih-lebihan, sesuatu yang berlebihan akan membawa dampak buruk dan tidak disukai Allah SWT. Demikian doa beliau kepada Allah SWT,

“Ya Allah, jadikan rizki keluarga Muhammad berupa makan yang secukupnya.” (HR. Muslim: 1055)

  • Kurangi Gula, Garam serta Lemak

Ternyata mengkonsumsi gula, garam serta lemak dalam jumlah besar tidak baik bagi tubuh. Biasanya Rasulullah mengkonsumsi makanan dengan bahan baku gandum, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Bunda Aisyah radiallahu’anha,

“Keluarga Muhammad tidak pernah merasakan kenyang karena makan roti gandum yang diberi idam (semacam kuah) dalam tiga hari, sampai dia bertemu dengan Allah (wafat).” (HR. Bukhari: 5423)

Semakin banyak gula yang masuk ke dalam tubuh, maka potensi terserang gula darah atau diabetes semakin besar. Makanlah apa yang dibutuhkan oleh tubuh, bukan apa yang diinginkan oleh hawa nafsu.

 

  • Banyak Berpuasa

Puasa bukan sekedar ibadah wajib di bulan Ramadhan bagi setiap umat Islam, dengan berpuasa kita dapat menahan hawa nafsu dalam tubuh sekaligus sebagai proses detoksinasi untuk membersihkan racun-racun dalam tubuh.

  • Makan yang Halal dan Baik untuk Tubuh

Mengkonsumsi makanan yang halal saja tidak cukup untuk tubuh kita, makanan yang di konsumsi haruslah halal lagi thayib sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh tubuh. Daripada banyak konsumsi karbohidrat, lebih baik untuk memperbanyak konsumsi serat, seperti buah-buahan serta sayur mayur.

  • Makan Saat Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang

Adab makan dan minum yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah makan ketika merasa lapar dan berhenti sebelum merasa kenyang, sisakan bagian perutmu tetap kosong agar dapat berpikir dengan jernih.

“… hendaknya sepertiga perut itu untuk makanan, sepertiga lagi untuk minuman dan sepertiga lagi untuk bernafas.” (HR. Ibnu Majah: 3349)

Sobat cahaya Islam, untuk menjaga tubuh tetap sehat kita harus cermat dalam memilih makanan untuk di konsumsi. Semoga dari peristiwa Chadwick Boseman ini kita dapat memetik pelajaran untuk menjaga pola makan serta pola hidup sehat.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!