Arti Dan Manfaat Lebaran Ketupat Bagi Umat Muslim

0
83
Lebaran Ketupat

Lebaran KetupatSetelah 7 hari Ramadhan berlangsung, biasanya tradisi masyarakat muslim di Indonesia juga melaksanakan lebaran ketupat. Lebaran ini dimaknai sebagai bentuk wujud rasa syukur umat memasuki dan menyambut puasa Sunnah 6 Syawwal.

Sobat Cahaya Islam, momen lebaran ketupat juga dapat dimaknai sebagai wadah untuk berbagi dengan sesama. Ketupat beserta kuah yang sudah jadi dapat dibagikan di musholla, masjid, tetangga bahkan kerabat. Menyenangkan bukan?

Apa Arti Lebaran Ketupat Bagi Umat?

Lebaran Ketupat

Sebagian besar kaum muslimin memahami bahwa Lebaran Ketupat atau Bakdo Ketupat bukanlah aktivitas yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW secara langsung. Sebab, Rasulullah SAW hanya memberikan teladan untuk berpuasa 6 hari di bulan Syawwal sebagai penyempurna bulan Ramadhan untuk menjemput Sunnah Nabi. Kendati demikian, Bakdo Ketupat tetap dapat dilaksanakan sebagai wujud untuk berbagi serta bersyukur kepada Allah SWT.

Ketupat sendiri dimaknai dalam berbagai versi. Sebagian menafsirkan bahwa ketupat sama halnya dengan dosa tersebab kerumitan dalam mengancamnya. Ada juga yang memaknai ketupat sebagai lambang kesucian diri karena jika dibelah warnanya putih.

Selain itu, ada juga yang beranggapan bahwa ketupat dapat dijadikan alat untuk tolak bala’. Tentu untuk hal ini hanya Allah SWT sajalah yang dapat menjamin keamanan seorang muslim ya.

Bakdo Ketupat juga seringkali dikaitkan dengan aktivitas dakwah Sunan Kalijaga sebab beliau lah yang pertama kali memperkenalkan ketupat pada masyarat Jawa. Ketika momen ini berlangsung, maka akan banyak dijumpai rumah umat yang sedang menganyamnya.

Namun, bertambahnya tahun momen Bakdo Ketupat semakin menyusut. Tak banyak orang yang melaksanakan Bakdo Ketupat seperti para pendahulu. Tentu hal tersebut tidak menjadi masalah. Sebab memang bukanlah sebuah kewajiban bagi ummat.

Hanya saja, momen ini sebenarnya dapat terus dilangsungkan asalkan para keluarga muslim mampu untuk melaksanakannya. Jangan sampai karena mewajibkan bakdo Ketupat lantas harus membuka hutang disana – sini. Hal ini merupakan perbuatan yang kurang disenangi.

Manfaat Bakdo Ketupat

Lebaran Ketupat

Semua aktivitas kebaikan akan membuahkan dampak positif bagi yang beramal. Selain itu, melakukan suatu kebaikan adalah ajaran dari Islam. Sehingga, ketika umat berbuat baik maka pahala yang didapatkan akan berlipat ganda dan peluang mendapatkan ridho Allah SWT semakin besar. Terkait Bakdo Ketupat ini terdapat beberapa manfaat yang didapatkan yakni :

1. Mempererat Silaturrahmi

Fenomena Bakdo Ketupat dapat mempererat hubungan silaturrahmi antar kerabat. Mengapa demikian? Sebab ada tradisi dalam Bakdo Ketupat untuk memberikan atau membagikan ketupat pada kerabat yang lebih tua. Tentu hal ini akan memperkuat silaturahmi antar kerabat yang bisa jadi sudah lama tak terjalin. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yakni :

مَا مِنْ ذَنْبٍ أَجْدَرُ أَنْ يُعَجِّلَ اللَّهُ تَعَالَى لِصَاحِبِهِ الْعُقُوبَةَ فِى الدُّنْيَا – مَعَ مَا يَدَّخِرُ لَهُ فِى الآخِرَةِ – مِثْلُ الْبَغْىِ وَقَطِيعَةِ الرَّحِمِ

“Tidak ada dosa yang lebih pantas untuk disegerakan balasannya bagi para pelakunya [di dunia ini] -berikut dosa yang disimpan untuknya [di akhirat]- daripada perbuatan melampaui batas (kezhaliman) dan memutus silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat)” (HR. Abu Daud no. 4902, Tirmidzi no. 2511, dan Ibnu Majah no. 4211, shahih)

2. Menyelaraskan Kebersamaan

Selain itu Bakdo Ketupat juga dapat membantu antar ummat untuk menyelaraskan kebersamaan. Bisa jadi sebelumnya ummat mengalami perseteruan dengan ummat lainnya. Sehingga momen Bakdo Ketupat dapat membantu ummat untuk kembali bersama.

Nah Sobat Cahaya Islam, itulah ulasan mengenai beberapa manfaat Lebaran Ketupat yang bisa didapatkan oleh kaum muslimin. Walaupun bukanlah sebuah kewajiban, tampaknya tradisi ini perlu dilestarikan sebagai upaya untuk menguatkan ukhuwah antar kaum muslimin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY