Desiree Pernah Gugat Ibunya! Inilah Keutamaan Berbakti Kepada Ibu

0
36
desiree

Desiree – Baru – baru ini publik sedang digemparkan kasus seseorang publik figur bernama Desiree Tarigan.  Kasus ini nyatanya menyeret isu lama yakni ketika sang perempuan diisukan pernah menggugat ibuk kandung. Hingga saat ini kasusnya masih panas serta menyeret nama pengacara kondang yakni, Hotman Sitompul.

Sobat Cahaya Islam, agama manapun sebenarnya mengajarkan bagaimana cara untuk memuliakan seorang ibu, sehingga isu serupa dengan Desiree tak pernah terjadi. Bahkan Islam sendiri sangat kentara dalam menjaga kehormatan seorang ibu. Rasulullah telah mencontohkan bagaimana seorang anak memuliakan ibunya.

Apa dampaknya jika terjadi kasus serupa seperti Desiree?

Terlepas kasus penggugatan Desiree itu benar atau tidak, tentunya ibu haruslah tetap dipandang sebagai seseorang yang berjasa dalam hidup. Baik itu ibu kandung, tiri maupun angkat.

Hal ini disebabkan karena perjuangan seseorang menjadi ibu tidaklah mudah. Tentu saja jika ibu juga merawat anaknya dengan setulus hati dan ikhlas. Sehingga sang anak pun juga dapat merasakan kehangatan dari ibu.

Keutamaan Berbakti kepada Ibu

Seorang anak yang memuliakan ibunya mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah Ta’ala. Hal ini pun juga digambarkan Rasulullah memalui haditsnya. Beliau menyampaikan bahwa ibu memang lebih diutamakan terlebih dahulu dibandingkan ayah. Hal ini bukan berarti tidak penting. Hanya saja, penempatan ibu didahulukan mengingat jasa ibu yang terlampau besar.

1. Surga di Telapak Kaki Ibu

Sebagian besar kaum muslimin telah mengetahui bahwa surga letaknya ada di bawah telapak kaki ibu karena Rasulullah SAW yang menyampaikan. Wajar saja jika demikian, karena di tangan ibulah anak itu dibesarkan, dirawat dan diajari.

Sungguh sangat disayangkan bila ada kaum muslimin yang tega menelantarkan seorang ibu. Allah SWT akan sangat tidak menyukaiNya. Tidak disukai manusia di dunia adalah hal yang biasa, lantas bagaimana jika diri tak disukai oleh Allah SWT? Jangankan meminta tolong, untuk berdo’a saja belum tentu akan dikabulkan.

Selain itu, jika terdapat seorang hamba yang tak bisa meraih surga dengan keilmuannya, maka sebenarnya berbakti kepada ibu juga dapat menjadi tiket emas. Hal ini juga telah dicontohkan oleh Uwais Al Warni yang sangat berbakti pada ibunya.

Hal ini juga sesuai dengan apa yang disampaikan Rasulullah dalam hadits yakni :

Dikeluarkan oleh Imam an-Nasâ-i (6/11), al-Hâkim (2/114 dan 4/167) dan ath-Thabrani dalam al-Mu’jamul Kabîr (2/289), dengan sanad mereka dari Mu’awiyah bin Jahimah as-Sulami bahwa ayahnya Jahimah as-Sulami Radhiyallahu anhu  datang kepada Nabi Muhammad n dan berkata:

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَدْتُ أَنْ أَغْزُوَ وَقَدْ جِئْتُ أَسْتَشِيرُكَ فَقَالَ هَلْ لَكَ مِنْ أُمٍّ قَالَ نَعَمْ قَالَ فَالْزَمْهَا فَإِنَّ الْجَنَّةَ تَحْتَ رِجْلَيْهَا

 Wahai Rasûlullâh! Aku ingin ikut dalam peperangan (berjihad di jalan Allâh Azza wa Jalla ) dan aku datang untuk meminta pendapatmu.” Maka Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apakah kamu mempunyai ibu?” Dia menjawab, “Ya.” Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tetaplah bersamanya! Karena sesungguhnya surga ada di bawah kedua kakinya.”

2. Mendapat Ridho Allah Ta’ala

Bagi seorang anak, ibu adalah teladan dalam setiap aktivitas. Sehingga, hal inilah yang menyebabkan seorang ibu menjadi mulia. Sebab dia akan selalu mengusahakan yang terbaik agar dapat diteladani oleh anak – anaknya. Misal, contoh ibu seorang imam besar yakni Imam Syafi’i dan kisah heroik sang ibu lainnya.

Maka dari itu, jika seorang anak mampu untuk melakukan perjuangan dan memuliakan seorang ibu, maka hal itu akan sangat dicintai oleh Allah Ta’ala. Namun yang terjadi akan sebaliknya, manakala sang anak menelantarkan ibunya bahkan tak menganggap sama sekali.

Nah Sobat Cahaya Islam itu tadi beberapa keutamaan yang akan didapatkan oleh seorang yang memuliakan seorang ibu sehingga tidak terjadi kasus seperti Desiree. Ibu yang sudah mengandung dan merawat sudah seharusnya mendapatkan tempat terbaik di hati sang anak walaupun sang ibu pernah melakukan sebuah kesalahan. Tak dapat dipungkiri karena ibu bukanlah seorang malaikat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY