3 Cara Bersyukur kepada Allah, Nikmat Auto Bertambah

0
52
cara bersyukur kepada Allah

Cara bersyukur kepada Allah – Selama hidup di dunia, Allah SWT begitu banyak memberikan kenikmatan kepada manusia. Sayangnya manusia seringkali terlupa bersyukur atas nikmat tersebut. Karena itu, sangat penting mengetahui bagaimana cara bersyukur kepada Allah.

Bukan tanpa sebab, begitu banyak keuntungan yang bisa manusia dapatkan dengan bersyukur. Salah satunya adalah hidup akan senantiasa bahagia karena merasa cukup. Untuk pembahasan selengkapnya bisa Sobat pahami langsung sebagai berikut.

Pentingnya Belajar Cara Bersyukur kepada Allah

Sebelum belajar dan menerapkan cara bersyukur kepada Allah yang baik, sudahkah Sobat tahu apa itu bersyukur? Dalam islam, bersyukur bermakna mensyukuri semua nikmat yang Allah limpahkan ke hamba-Nya.

Dengan menyadari nikmat tersebut, seorang hamba bisa selalu merasa berkecukupan. Selain itu, bersyukur juga termasuk ungkapan terimakasih pada Allah SWT atas semua yang telah diberikan.

Bagi mereka yang sering bersyukur juga akan mendapat berbagai manfaat. Adapun manfaat tersebut seperti bertambahnya nikmat dari Allah SWT hingga terhindar dari perilaku sombong. Selain itu, Sobat juga akan senantiasa berbaik sangka kepada Allah dan sesama manusia.

Semua manfaat tersebut tentu sangat berguna bagi kehidupan di dunia maupun akhirat kelak. Untuk itu, mari Sobat mulai belajar bagaimana cara bersyukur yang benar kepada Allah SWT. Setelah itu, praktekkan cara tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana Cara yang Benar Bersyukur kepada Allah SWT?

Berdasarkan pembahasan di atas, Sobat bisa mengetahui betapa pentingnya bersyukur pada Allah SWT. Lalu bagaimana cara bersyukur kepada Allah yang tepat dan benar? Sobat Cahaya Islam bisa mempelajari sekaligus mempraktekkan cara-caranya sebagai berikut:

1. Selalu Berterimakasih kepada Orang lain

Cara bersyukur kepada nikmat Allah yang pertama adalah dengan berterimakasih kepada orang lain. Bukan tanpa sebab, tidak jarang manusia adalah perantara sampainya nikmat Allah SWT kepada Sobat.

cara bersyukur kepada Allah

Oleh sebab itu, sangat penting bagi Sobat mengucapkan terimakasih atas segala nikmat sekecil apapun yang diberikan melalui manusia. Dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda,

 لا يشكر الله من لا يشكر الناس

“Orang yang tidak berterima kasih kepada manusia, berarti ia tidak bersyukur kepada Allah” (HR. Tirmidzi no.2081, ia berkata: “Hadits ini hasan shahih”).

2. Berdzikir

Cara bersyukur kepada Allah yang benar berikutnya adalah dengan berdzikir dan memuji Allah SWT. Ada sejumlah dzikir yang Nabi Muhammad SAW ajarkan untuk mengungkap rasa syukur kepada Allah SWT. Salah satunya terdapat dalam hadits,

من قال حين يصبح: اللهم ما أصبح بي من نعمة أو بأحد من خلقك فمنك وحدك لا شريك لك، فلك الحمد ولك الشكر. فقد أدى شكر يومه، ومن قال ذلك حين يمسي فقد أدى شكر ليلته

“Barangsiapa pada pagi hari berdzikir: Allahumma ashbaha bii min ni’matin au biahadin min khalqika faminka wahdaka laa syariikalaka falakal hamdu wa lakasy syukru.”

(Ya Allah, atas nikmat yang Engkau berikan kepada ku hari ini atau yang Engkau berikan kepada salah seorang dari makhluk-Mu, maka sungguh nikmat itu hanya dari-Mu dan tidak ada sekutu bagi-Mu. Segala pujian dan ucap syukur hanya untuk-Mu)

Maka ia telah memenuhi harinya dengan rasa syukur. Dan barangsiapa yang mengucapkannya pada sore hari, ia telah memenuhi malamnya dengan rasa syukur” (HR. Abu Daud no.5075, dihasankan oleh Syaikh Abdul Qadir Al-Arnauth dalam tahqiqnya terhadap kitab Raudhatul Muhadditsin).

cara bersyukur kepada Allah

3. Bersyukur dengan Hati

Cara lainnya adalah bersyukur dengan hati. Adapun bersyukur dengan hati bisa dilakukan dengan sadar secara penuh bahwa semua nikmat berasal dari Allah SWT. Selain itu, pahami juga bahwa rezeki yang Sobat dapatkan semata-mata karunia dan kemurahan dari Allah SWT.

وَمَا بِكُم مِّن نِّعْمَةٍ فَمِنَ ٱللَّهِ ۖ ثُمَّ إِذَا مَسَّكُمُ ٱلضُّرُّ فَإِلَيْهِ تَجْـَٔرُونَ

Artinya: “Segala nikmat yang ada pada kamu (berasal) dari Allah. Dan bila kamu ditimpa oleh kemudharatan, maka hanya kepada-Nya lah kamu meminta pertolongan.” (QS An-Nahl: 53).

Bersyukur dengan hati yang ikhlas juga dapat membuat seseorang bersikap menerima karunia Allah SWT tanpa rasa kecewa. Orang yang dapat menerima ketetapan Allah SWT dengan ikhlas tentu akan merasa cukup di dalam hidupnya.

Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa cara bersyukur kepada Allah yang bisa Sobat pahami dan praktekkan sekarang juga. Syukurilah nikmat apapun itu agar Allah SWT menambah semua nikmat dan karunia-Nya. Niscaya, dengan begitu Sobat akan berbahagia dunia dan akhirat. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY