Pentingnya Mempelajari Cara Agar Hati Ikhlas

0
178
cara agar hati ikhlas

Cara Agar Hati Ikhlas – Dalam kehidupan seringkali kita mendengar istilah ikhlas. Walaupun istilah tersebut familiar diucapkan, namun pada kenyataannya ikhlas merupakan hal yang tidak mudah dilakukan. Sebagai umat muslim yang taat, Sobat Cahaya Islam hendaknya perlahan mempelajari cara agar hati ikhlas. Hal ini penting dilakukan karena ikhlas merupakan akhlak yang dianjurkan oleh Allah

Mengenal Beberapa Cara Agar Hati khlas

Ikhlas adalah perbuatan yang dapat dimaknai sebagai ketulusan hati dan bersih hati. Ikhlas merupakan salah satu akhlak terpuji yang Allah anjurkan untuk senantiasa tertanam dalam diri hamba-Nya. Mempelajari penerapan ikhlas perlu dilakukan mulai dari hal-hal kecil sekitar. Dalam hal ini, ikhlas dapat diterapkan melalui cara-cara berikut.

1.      Berserah Kepada Allah SWT.

Manusia merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah SWT. Menjadi seorang makhluk tentu saja harus menghamba kepada sang pencipta. Dalam hal ini, sebagai hamba yang taat hendaknya Sobat Cahaya Islam menerapkan sikap ikhlas melalui cara berserah kepada segala ketetapan yang Allah berikan. Hal ini dipaparkan dalam kutipan berikut.

قُلْ إِنَّ صَلَاتِى وَنُسُكِى وَمَحْيَاىَ وَمَمَاتِى لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين َ لَا شَرِيكَ لَهُ ۖ وَبِذَٰلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ 

Artinya : “Katakanlah, Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam, tiada sekutu bagi-Nya dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)”  (QS. Al-An’am 162-163)

Melalui paparan ayat di atas dapat dipahami bahwa menjadi seorang manusia hendaknya senantiasa berserah kepada Allah SWT. Setiap amal perbuatan, ibadah, dan segala perilaku di dunia harus bertujuan untuk menghamba pada Allah SWT. Segala sesuatu yang kita miliki harus diserahkan kembali kepada Allah SWT.

Perilaku senantiasa berserah ini merupakan salah satu bentuk cara agar hati ikhlas. Dengan berserah, kita akan mempercayakan segala sesuatunya dari Allah dan untuk Allah SWT. Berserah juga merupakan tindakan melatih diri agar selalu ingat pada Allah SWT. Langkah ini penting dilakukan agar Sobat senantiasa berada di jalan Allah SWT.

2.      Senantiasa Berbuat Baik Tanpa Pamrih

cara agar hati ikhlas

Salah satu cara agar kita senantiasa ikhlas adalah berbuat baik kepada siapapun tanpa pamrih. Sebagai manusia hendaknya kita memiliki kesadaran untuk saling menolong  yang sedang membutuhkan. Menolong sesama tanpa pandang status, kasta, dan tidak mengharap imbalan adalah salah satu upaya memupuk keikhlasan dalam diri. Hal ini sesuai ayat berikut.

وَمَنْ أَحْسَنُ دِينًا مِمَّنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ وَاتَّبَعَ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا ۗ وَاتَّخَذَ اللَّهُ إِبْرَاهِيمَ خَلِيلًا

Artinya; “Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia pun mengerjakan kebaikan dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya.” (QS. An-Nisa : 125)

Penggalan ayat pada surah An-Nisa tersebut menjelaskan bahwa menjadi orang yang ikhlas adalah sebaik-baiknya manusia beragama. Ikhlas dapat dimulai dari hal-hal kecil, seperti halnya membantu sesama untuk arah yang lebih baik. Kebaikan-kebaikan tersebut hendaknya dilakukan secara tulus, karena Allah SWT akan memberikan hadiah bagi mereka yang ikhlas.

3.      Berdoa dan Meminta Pertolongan Allah SWT

cara agar hati ikhlas

Menerapkan anjuran untuk berbuat ikhlas tentunya perlu tahapan yang tidak mudah. Setiap hamba hendaknya senantiasa belajar untuk ikhlas setiap harinya.Untuk memudahkan proses belajar ikhlas, hendaknya Sobat Cahaya Islam meminta pertolongan pada Allah SWT melalui doa berikut.

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ

Artinya: Dengan nama Allah menguasai diri, harta benda, serta agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar ikhlas terima segala ketentuanmu. Berkati dan rahmatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang mau tunda dan enggan menunda apa yang Kau segerakan.

Dalam kehidupan tentunya kita mengikuti takdir dan jalan yang diberikan oleh Allah. Terkadang takdir yang Allah berikan tidak sesuai dengan ekspektasi hamba-Nya, sehingga perlu rasa ikhlas untuk menghadapi situasi yang demikian. Doa di atas merupakan salah satu bentuk permohonan kepada Allah SWT agar diberi hati yang lapang dan ikhlas akan segala ketetapan-Nya.

Melalui pemaparan di atas, dapat dipahami bahwa ikhlas merupakan akhlak yang harus diterapkan dalam diri manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat banyak cara agar hati ikhlas dan lapang. Cara-cara tersebut dapat dimulai dari hal kecil yang ada di sekitar kita. Melalui ikhlas, nantinya kita akan belajar menjadi seorang hamba yang diridhoi Allah SWT.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY