Buzzer adalah Sukarelawan Medsos, Waspadai Fitnah yang Dibuatnya

0
84
buzzer adalah

Buzzer adalah – sekelompok orang atau seorang individu saja yang tugasnya mempengaruhi pengguna medsos lain dengan cerita narasi tertentu. Seorang buzzer selalu menyuarakan narasi yang sudah diatur sedemikian rupa sesuai kepentingan atasannya. Buzzer membuat informasi mengenai kepentingan tertentu, biasanya kepentingan politik dan kepentingan ekonomi.

Saat ini keberadaan buzzer sangat penting bagi mereka yang memiliki kepentingan politik dan ekonomi. Buzzer mempunyai tujuan mempengaruhi para netizen atau pengguna media sosial agar mendukung narasi yang dibuatnya.

buzzer adalah

Sobat Cahaya Islam bisa melihat akun-akun buzzer saat Pilpres kemarin. Setiap tim pemenangan pilpres dari dua kubu saat itu mengerahkan buzzer-buzzer untuk menjaring suara dari masyarakat. Mereka membuat narasi yang berbentuk dukungan kepada setiap calon.

Para buzzer-buzzer menggunakan banyak cara agar masyarakat mau memilih presiden kubu mereka. Cara-cara yang tidak benar tak jarang mereka gunakan. Mulai dari fitnah kepada kubu lawan, hingga menyebarkan berita hoax atau bohong tentang kredibilitas pasangan kubu mereka.

Buzzer adalah Pegiat Medsos dengan Motif Kepentingan

Buzzer adalah pegiat atau sukarelawan yang tugasnya membuat narasi tertentu melalui media sosial. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi opini publik, entah untuk kepentingan politik, ekonomi, atau kepentingan lainnya. Sesuai dengan pesanan yang mempekerjakannya.

Pemerintah menggunakan buzzer untuk melanggengkan kekuasaan mereka dan menyebarkan propaganda pemerintah. Contohnya, pemerintah membuat kebijakan yang merugikan rakyat.

buzzer adalah

Buzzer yang pro dan dibayar oleh pemerintah akan berusaha mengeluarkan berita agar rakyat tetap percaya dengan apa yang menjadi kebijakan pemerintah. Meskipun kebijakan yang dikeluarkan terkadang tidak sesuai atau tidaak berpihak kepada rakyat namun dengan berbagai narasi buzzer akan membuat berita agar seolah-olah kebijakan tersebut merupakan kebijakan yang tepat.

Cara Menghindari Fitnah Buzzer

Sobat Cahaya Islam, kita adalah manusia yang beriman kepada Allah sehingga sebaiknya selalu berusaha untuk berpegang teguh terhadap agama Islam. Sudah dengan jelas Islam melarang manusia untuk membuat fitnah apalagi hingga menipu rakyat.

Di akhir zaman memang fitnah semakin banyak dan membahayakan. Cara untuk terhindar dari fitnah buzzer adalah dengan  meminta perlindungan kepada Allah.

buzzer adalah

Islam mengajarkan kita untuk menjauhi perbuatan dosa termasuk fitnah, namun kita juga terkadang tidak dapat menghindar dari fitnah yang ada. Terdapat doa yang bisa anda amalkan agar dapat terhindar dari fitnah, berikut ini adalah bacaan doa agar terhindar dari fitnah:

Rabbana la taj’alna fitnatan lil qaumidz dzalimin. Wa najjina birahmatika minal qaumil kafirin.

“Ya Tuhan kami.  Semoga Engkau tidak menjadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang dzalim (buruk amal perbuatannya), dan pastinya Engkau pun berkenan menyelamatkan kami dengan rahmat-Mu dari (tipu daya) orang-orang yang kafir (mengingkari dan memusuhi ajaran-ajaran-Mu).” (QS. Yunus: 85-86)

Doa tersebut dapat diamalkan dan dibacakan setelah solat. Dengan membaca doa tersebut, Inshaallah kita akan terhindar dari fitnah yang banyak terjadi di akhir zaman. Allah telah memberikan petunjuk kepada kita tentang bagaimana cara terhindar dari fitnah. Selain membaca doa tersebut, kita juga bisa menghindari fitnah dengan tidak mudah percaya dengan informasi yang banyak tersebar saat ini.

Manusia dikaruniai akal oleh Allah agar bisa membedakan mana hal baik dan mana yang buruk.  Jangan sampai kita menjadi manusia yang mudah termakan fitnah sehingga mendapatkan kerugian di dunia dan diakhirat.

Jangan lupa untuk selalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah karena tiada tempat berpegang dan berlindung yang paling aman kecuali Allah. Segala masalah apapun yang kita hadapi di dunia akan menjadi ringan jika semuanya diserahkan kepada Allah.

Buzzer adalah salah satu ujian bagi manusia sehingga Allah mengetahui mana manusia yang taat dan mana manusia yang berbuat kerusakan. Semoga kita termasuk sebagai manusia yang taat dan mulia dihadapan Allah.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!