Bintang Emon Difitnah, Sudah Tahu Jenis Fitnah dan Bahayanya?

0
79
bintang emon

Bintang Emon – Semakin banyak fitnah dan kedustaan yang tersebar di akhir zaman. Bintang Emon seorang komedian baru-baru mendapat fitnah. Ia difitnah sebagai seorang pemakai narkoba. Foto mirip dirinya yang sedang mengkonsumsi narkoba tersebar di sosial media. Namun ternyata foto itu adalah editan. Seseorang telah sengaja mengedit dan menyebarkan foto dia sedang memakai narkoba.

bintang emon

Fitnah Terhadap Bintang Emon Termasuk Dosa Besar

Dalam Islam, fitnah adalah salah satu dosa besar yang tidak diampuni Allah. Fitnah juga disebut sebagai kebohongan besar yang merugikan korban fitnah. Dalam hukum Islam, fitnah hukumnya haram dilakukan.

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka, karena sesungguhnya sebagian tindakan berprasangka adalah dosa dan janganlah kamu mencari-car kesalahan orang lain.” (Al-Hujurat : 12)

Prasangka sama halnya dengan fitnah. Keduanya sama-sama menghasilkan informasi yang tidak jelas kebenarannya. Berita atau informasi yang tidak benar adalah sebuah kebohongan. Meskipun dalam prasangka bisa benar dan salah. Namun tetap saja kita tidak boleh berprasangka. Sebab sebagian dari prasangka itu dosa.

bintang emon

Sobat Cahaya Islam, jauhi perbuatan membuat dan menyebarkan fitnah. Jangan sembarang membagikan berita yang tidak jelas. Bisda jadi itu adalah fitnah yang sengaja dibuat oleh seseorang. Akibatnya yang menyebarkan pun berdosa.

Sebelum membagikan sebuah informasi, sebaiknya diperiksa kebenaran dan sumbernya dulu. Dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda, bahwa orang yang suka menebar fitnah tidak akan masuk surga.

Jenis-Jenis Fitnah

Fitnah Syubhat

Fitnah syubhat adalah jenis fitnah yang sangat Rasulullah khawatirkan. Mengapa? Syubhat artinya samar-samar atau tidak jelas. Fitnah Syubhat membuat seseorang kehilangan ilmu dan keyakinannya. Hal tersebut membuat orang tersebut menjadikan hal yang ma’ruf menjadi tidak jelas dan berbaur kemungkaran. Sementara, perbuatan munkar tidak dihindari, malah dikerjakan.

Perkara yang termasuk fitnah syubhat yaitu, kekafiran, kemunafikan, perbuatan bid’ah yang menyebabkan perpecahan. Hati-hati terhadap fitnah syubhat ini, karena sangat berbahaya. Sangat berbahaya karena disebabkan oleh kurangnya ilmu. Menjadi lebih berbahaya dan menjadi fitnah besar jika disertai dengan niat jelek dan dikendalikan hawa nafsu.

Fitnah Syahwat

Fitnah syahwat disebabkan oleh perbuatan seseorang yang menuruti hawa nafsu. Fitnah ini dapat mengurangi dan melemahkan tingkat keimanan seorang muslim. Ciri-ciri orang yang terkena fitnah syahwat yaitu malas beribadah dan selalu melanggar perintah Allah.

Fitnah syahwat biasanya adalah perbuatan yang berhunungan dengan urusan duniawi. Allah menjadikan dunia indah bagi manusia yang menuruti hawa nafsu dan syahwatnya. Namun, dunia bukanlah tempat yang baik. Sebaik-baik tempat yaitu di sisi Allah.

Bahaya Akibat Fitnah

Fitnah sangat merugikan semua orang, terutama orang yang terkena fitnah. Demikian juga dengan apa yang dialami Bintang Emon. Ia pasti merasakan akibat dari fitnah kepada dirinya.  Berikut adalah bahaya-bahaya fitnah:

Menyebabkan Kesengsaraan

Korban fitnah pasti akan dicemooh dan dilecehkan harga dirinya oleh masyarakat. Pelaku fitnah juga kena akibatnya, seperti dijauhi dan tidak dipercaya lagi.

bintang emon

Bisa Mencelakai Orang Lain

Fitnah timbul karena kebencian terhadap seseorang. Kebencian tersebut dapat memunculkan untuk melakukan tindakan kriminal yang akan mencelakai orang lain.

Memecah Belah dan Merusak Silaturahmi

Satu fitnah dapat menyebabkan satu negara saling bermusuhan. Demikian juga dalam lingkup yang lebih kecil. Fitnah bisa membuat tali silaturahmi menjadi rusak.

Merupakan Tanda-tanda Seorang Munafik

Tanda orang munafik ada tiga, yakni: berbicara dusta, mengkhianati amanah, dan melanggar janji.

Masuk Neraka

Azab paling mengerikan dari fitnah adalah dimasukkan ke neraka. Fitnah adalah salah satu dosa besar dan tidak terampuni, kecuali melakukan taubat kepada Allah.

Sobat Cahaya Islam, fitnah lebih kejam dari pembunuhan. Jauhi perbuatan fitnah, karena itu akan menyebabkan kerugian bagi pelaku, korban, maupun orang lain. Semoga sobat Cahaya Islam dilindungi oleh Allah dari segala jenis fitnah yang makin banyak di akhir zaman ini. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!