Billy Syahputra dan Amanda Kenakan Busana Pengantin, Bagaimana Pandangan Islam Tentang Pernikahan Beda Agama?

0
35
Billy Syahputra dan Amanda Kenakan Busana Pengantin dan Ini Hukum Menikah Beda Agama

Billy Syahputra dan Amanda – Beberapa waktu lalu beredar video di media sosial yang memperlihatkan penampilan Billy dan Amanda mengenakan busana pengantin. Seketika video ini menuai banyak komentar dimana para netijen mempertanyakan mengenai pernikahan keduanya. Namun ternyata menurut klarifikasi Billy Syahputra, ini adalah kerjasama antara dia, Amanda dan juga Anne Aventie yang merupakan pemilik butik. Keduanya menjadi model untuk busana pengantin dari Anne.

Meskipun hanya sebagai model untuk busana pengantin saja. Namun Billy Syahputra mengaku hubungannya dengan Amanda serius, dan akan dilanjutkan ke jenjang pernikahan. Keduanya berharap bisa menikah meskipun berbeda keyakinan. Dalam islam sendiri, tidak ada ajaran yang memperbolehkan pernikahan antara dua orang yang berbeda agama. Lalu bagaimana pandangan islam mengenai menikah beda agama?

Billy Syahputra dan Amanda Kenakan Busana Pengantin, Ini Pandangan Islam Tentang Pernikahan Beda Agama

Billy Syahputra dan Amanda yang menjadi perbincangan hangat karena hubungan keduanya. Awalnya para netijen menyangka ini adalah settingan, namun keduanya menegaskan mereka menjalin hubungan yang serius. Sementara kita tahu bahwa keduanya memeluk agama yang berbeda. Tentu saja ini tidak ada dalam ajaran islam, dimana seorang muslim diperbolehkan menikah dengan non muslim.

Sobat Cahaya Islam, menikah adalah sesuatu yang sakral dan dilandasi dengan agama. Pernikahan pun erat kaitannya dengan agama karena ini sama saja dengan mengikat sebuah hubungan di hadapan Allah SWT. Sayangnya, pernikahan beda agama masih seringkali kita temui di jaman modern saat ini. Lalu bagaimana pandangan islam mengenai pernikahan beda agama ini?

Larangan Untuk Pindah Agama Bagi Seorang Muslim

Billy Syahputra dan Amanda Kenakan Busana Pengantin dan Ini Hukum Menikah Beda Agama

Dalam islam, tidak ada ajaran yang mengatakan bahwa pernikahan beda agama ini diperbolehkan. Bahkan islam sendiri melarang kaum muslim untuk mati selain dalam keadaan beragama islam. Ini artinya, Allah melarang adanya perpindahan agama bagi kaum muslimin. Dan menikah dengan seorang yang bukan muslim, apalagi mengorbankan agama untuk menikah dengan kaum non muslim. Ini hukumnya adalah dilarang.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.

Larangan Menikah Antara Kaum Muslim Dengan Non Muslim

Pandangan islam tentang pernikahan beda agama, ini tertuang dalam sebuah ayat Al Quran. Dimana Allah menyebutkan bahwasanya dilarang seorang laki-laki muslim menikahi wanita non muslim kecuali sudah beriman atau memeluk agama islam. Begitu juga sebaliknya. Bagaimanapun, agama adalah ideologi atau pedoman hidup. Tentu saja akan menimbulkan banyak konflik jika terjadi pernikahan antara dua orang dengan kepercayaan yang berbeda.

وَلَا تَنْكِحُوا الْمُشْرِكَاتِ حَتَّىٰ يُؤْمِنَّ ۚ وَلَأَمَةٌ مُؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكَةٍ وَلَوْ أَعْجَبَتْكُمْ ۗ وَلَا تُنْكِحُوا الْمُشْرِكِينَ حَتَّىٰ يُؤْمِنُوا ۚ وَلَعَبْدٌ مُؤْمِنٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكٍ وَلَوْ أَعْجَبَكُمْ ۗ أُولَٰئِكَ يَدْعُونَ إِلَى النَّارِ ۖ وَاللَّهُ يَدْعُو إِلَى الْجَنَّةِ وَالْمَغْفِرَةِ بِإِذْنِهِ ۖ وَيُبَيِّنُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ

Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.

Billy Syahputra dan Amanda – berharap bisa melanjutkan hubungannya hingga ke jenjang pernikahan. Hidup adalah sebuah pilihan, sehingga kita tidak bisa mengatur apa yang menjadi pilihan hidup orang lain. Namun sobat Cahaya Islam, agama adalah prinsip, kepercayaan dan pedoman hidup. Jangan sampai kita termasuk orang-orang yang ingkar karena mengorbankan agama untuk pernikahan yang Allah tidak ridhoi.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ali ‘Imran Ayat 102

(2) – Surat Al-Baqarah Ayat 221

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!