Kesepakatan Damai Arab-Israel, Ini Alasan Islam Menganjurkan Perdamaian!

0
40
Kesepakatan Damai Arab-Israel

Kesepakatan damai – Presiden Amerika Serikat yaitu Donald Trump, beberapa waktu lalu mengumumkan adanya kesepakatan untuk perdamaian antara Uni Emirat Arab dengan Israel. Amerika Serikat menganggap ini sebagai langkah awal untuk mewujudkan perdamaian di Timur-Tengah. Namun sebagian besar pihak di Timur-Tengah menganggap ini merupakan pengkhianatan pada perjuangan Palestina untuk bisa mencapai kemerdekaan. Terlebih kebijakan yang dikeluarkan oleh Trump kabarnya lebih banyak menguntungkan Israel dan merugikan Palestina.

Kesepakatan Damai Arab-Israel Diumumkan Donald Trump

Dalam pengumuman untuk kesepakatan ini, sebagian besar orang menganggap ini adalah suatu hal yang aneh. Hal ini karena antara Uni Emirat Arab dan Israel tidak pernah terjadi konflik. Sehingga janggal jika adanya pengumuman perdamaian diantara keduanya. Dalam islam sendiri, perdamaian sangat dianjurkan. Sehingga akan terwujud kehidupan yang damai dan tentram. Ada beberapa alasan kenapa islam menganjurkan perdamaian dalam kehidupan.

Kesepakatan Damai Arab-Israel, Ini Alasannya Islam Menganjurkan Perdamaian

Kesepakatan Damai Arab-Israel dan Ini Alasan Islam Anjurkan Perdamaian

Kesepakatan damai Arab-Israel yang diumumkan oleh Donald Trump ini kabarnya menuai banyak kontroversi. Dalam kehidupan islam, kita dianjurkan untuk mewujudkan hidup yang damai. Ini dilakukan dengan cara menghindari perselisihan atau permusuhan. Bahkan islam sendiri menganjurkan kita tetap berbuat baik kepada orang yang berbuat dzalim. Itu artinya, perdamaian adalah langkah penting untuk mewujudkan kehidupan islam yang tenang dan harmonis.

Islam menganjurkan perdamaian tentu saja dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah karena Allah tidak menyukai perselisihan dan permusuhan. Itu sebabnya Allah memerintahkan untuk berdamai dan juga menegaskan bahwa kita semua adalah bersaudara.

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.

Dalam ayat ini ditegaskan bahwa Allah memerintahkan untuk berdamai dan memperbaiki hubungan. Itulah kenapa islam menganjurkan perdamaian. Tentu saja sebagai umat islam, kita harus menjaga hubungan dengan baik agar terwujud kehidupan yang damai, tentram dan tenang.

Kesepakatan Damai Arab-Israel dan Allah Perintahkan Perdamaian

Alasan kenapa islam menganjurkan perdamaian, tidak lain adalah karena perintah Allah. Allah memerintahkan kita untuk mewujudkan perdamaian dengan berbuat adil. Ini tertuang dalam ayat Al Quran dimana Allah meminta kita untuk berbuat adil tanpa membedakan ras, agama ataupun perbedaan lainnya.

لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ إِنَّمَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ قَاتَلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَأَخْرَجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ وَظَاهَرُوا عَلَىٰ إِخْرَاجِكُمْ أَنْ تَوَلَّوْهُمْ ۚ وَمَنْ يَتَوَلَّهُمْ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangimu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu, dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.

Kesepakatan damai – antara Arab-Israel yang diumumkan oleh Donald Trump nampaknya menimbulkan pertentangan. Kita tahu bahwa Israel banyak melakukan penjajahan atau perbuatan dzolim kepada Palestina. Maka itu sobat Cahaya Islam, mari kita doakan saudara-saudara kita semoga segera terwujud kehidupan yang damai bagi mereka dan kita semua.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Hujurat Ayat 10

(2) – Surat Al-Mumtahanah Ayat 8-9

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!