Doni Salmanan Bagi-bagi Uang, Hikmah Sedekah dalam Islam

0
28
Doni Salmanan

Doni Salmanan Tahukah Sobat Cahaya Islam bahwa Doni adalah seorang youtuber bandung yang terkenal. Dia juga menggeluti profesi sebagai treding saham. Sebelum menjadi youtuber dan treder kisah hidup Doni Salmanan ternyata penuh perjuangan dan menjalani beragam pekerjaan.

Saat ini Doni Salmanan sedang menjadi bahan perbincangan warganet. Setelah berdonasi 1 Milyar ke Reza Arap saat live streaming game, kini Doni Salmanan bagi bagi uang pecahan Rp100.000 pada penendara motor yang sedang menunggu lampu merah, ojek online, tukang parkir, hingga tukang sapu dijalan kota bandung.

Sedekah yang dibagikan Doni Salmanan itu juga bukan atas nama dirinya sendiri, melainkan atas nama subscriber chanel youtube miliknya. Doni Salmanan mendapat apresiasi sangat baik dari warganet. Aksinya yang sedan membai bagikan uang iral dimedia sosial. Bahkan banyak netizen yang memuji aksi sedekah Doni Salmanan ditengah pendemi covid-19.

Dibalik Kisah Doni Salmanan Yang Dermawan

Sebelum menjadi seperti sekaran ini, hidup Doni penuh perjuangan, dia hidup penuh kesusahan, berbagai pekerjaan dilaluinya, sebagai bekerja sebagai tukang parkir. Doni sering menyisihkan uangnya untuk belajar treding saham di warnet saat menjadi tukang parkir.

Doni Salmanan membulatkan tekat untuk membantu perekonomian orang tuanya yang bekerja sebagai tukang jahit. Dan akhirnya Doni bisa sukses dan dikenal sebagai pemuda yang ahli sedekah. Lalu apakah Hikmah bersedekah dalam islam? Simak penjelasannya diparagraf selanjutnya.

Hikmah Sedekah seperti Doni Salmanan dalam Islam

Bersedekah adalah pemberian dari seorang muslim kepada orang lain secara ikhlas dengan suka rela tanpa dibatasi jumlah dan waktu tertentu. Sedekah mencakup segala amal dan segala perbuatan baik, bukan hanya sekedar mengeluarkan atau menyumbangkan harta benda.

Seperti dalam firman Allah SWT dalam Al Qur’an yang berbunyi

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali dari bisikan- bisikan orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat kebaikan atau menadakan perdamaian diantara manusia. Dan barang siapa berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kami akan memberinya pahala yang besar” (An Nisa ayat 114)

Berikut hikmah sedekah dalam islam:

1.     Memperkuat Iman

Ibadah menjadi sarana pengabdian seorang hamba kepada sang pencipta dan sedekah dalam islam menjadi salah satu perintah untuk semua umat muslim didunia. Bersedekah dapat menguatkan iman kepada Allah SWT jika dilakukan dengan niat ibadah.

2.     Meningkatkan Empati Sosial

Doni Salmanan

Sedekah ataupun zakat merupakan memberikan harta benda yang kita miliki baik berupa materil maupun non materil pada orang yang lebih membutuhkan.bersedekah dapat melatih rasa empati kita pada orang lain terkhusus pada penerima sedekah tersebut, dalam kata lain bersedekah tidak hanya sebatas membantu orang lain yang kesusahan.

3.     Menghindari Sikap Kikir

Sifat buruk yang harus dihindari salah satunya adalah kikir. Kikir harus dihindari sebagai makhluk sosial. Kita juga tidak seharusnya sombong dengan apa yang kita miliki, berangapan apa yang kita miliki adalah murni hasil kerja keras kita tanpa adanya campuran tangan Allah. Sehingga kita akan terhindar dari sikap kikir.

4.     Menyembuhkan Penyakit

Doni Salmanan

Rasulullah SAW sudah bersabda jika kita sebagai manusia harus membentengi harta dengan cara zakat atau sedekah, sebab dengan cara ini maka penyakit dapat disembuhkan dan segala balak akan terhindar.

Sobat cahaya islam demikian kisah hidup Doni Salmanan dan beberapa hikmah bersedekah, semoga dengan kisah tersebut dapat mendorong niat kita untuk menjadi pribadi yang dermawan dan peduli dengan sesama.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY