Hindari Berdandan yang Mengarah ke Tabarruj ini!? (Bagian 2)

0
2100
Hindari Berdandan yang Mengarah ke Tabarruj ini bagian dua

Assalamualaikum sobat muslimah cahayaislam yang di ridhoi Allah. Kita ketemu lagi dalam pembahasan lanjutan dari artikel yang mengulas tentang fashion dan cara berdandan yang mendekati tabarruj. Artikel ini merupakan ulasan lanjutan dari artikel dengan judul serupa yang telah tim Cahayaislam buat beberapa waktu yang lalu (DISINI).

Hindari Berdandan yang Mengarah ke Tabarruj ini!? (Bagian 2)

Karena kami telah menjanjikan untuk melanjutkan ulasannya, maka tanpa menghabiskan waktu yang banyak, yuk! kita langsung saja bahas poin-poin berikutnya. Dandanan dan fashion semacam apa dan bagaimana lagi yang mengarah ke tabarruj dan perlu kita hindari:

Jilbab atau pakaian yang transparan atau bisa dilihat bagian dalamnya

حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ، حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنْ سُهَيْلٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَتُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا

Abu Huraira melaporkan Rasulullah (ﷺ) yang mengatakan ini: Dua adalah tipe penghuni Neraka yang tidak saya lihat: orang yang memiliki cambuk seperti ekor lembu bersama mereka dan mereka akan memukuli orang, dan wanita yang berpakaian tetapi tampak telanjang, yang cenderung (kepada kejahatan) dan membuat suami mereka condong ke arah itu. Kepala mereka akan seperti punuk unta bukht yang miring ke satu sisi. Mereka tidak akan masuk surga dan mereka tidak akan mencium baunya sedangkan baunya akan tercium dari jarak ini dan itu. [1]

Dalam hadits Muslim diatas, ada penjelasan dimana Rasulullah bersabda bahwa ada dua golongan yang tak pernah beliau lihat sebelumnya di neraka. Salah satu dari kedua golongan itu adalah para wanita yang “berpakaian namun telanjang”.

Menurut banyak ahli hadits dan para ulama yang telah tim Cahayaislam tanyakan soal hadits tersebut. Mereka menjelaskan bahwa maksud dari wanita yang berpakaian namun sebenarnya telanjang itu salah satunya adalah mereka yang berpakaian dengan menggunakan bahan yang tembus pandang atau transparan. Dimana orang lain bisa melihat bagian dalam tubuhnya. Pada dasarnya pakaian seperti ini tidak menutup aurat dengan sempurna, bahkan malah membuat orang yang melihatnya semakin tergoda.

Dalam hadits diatas pula ditambahkan di penghujung akhir yang berisi ancaman KERAS untuk mereka: tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya surga (golongan tersebut), walaupun sungguh bau dari surga bisa tercium dari jarak sekian dan sekian.

Jilbab atau busana yang menunjukkan definisi dan lekuk tubuh meski tidak transparan

Banyak pula alim ulama yang memberikan penjelasan bahwa hadits muslim pada poin sebelumnya tidak hanya ditujukkan kepada mereka yang menggunakan pakaian transparan. Namun, termasuk pula para wanita yang memakai pakaian ketat sehingga lekuk tubuhnya menjadi sangat jelas (meskipun pakaiannya tidak menggunakan bahan yang tembus pandang).

Dalam suatu riwayat pernah pula diceritakan bahwa Rasulullah pernah menghadiahkan sebuah pakaian tebal dari negara Mesir kepada Usamah bin Zaid. Namun, akhirnya Usamah memberikannya kepada istrinya untuk dipakainya. Mendengar itu, kemudian Rasulullah mengatakan bahwa agar istrinya mengenakan pakaian dalam sebelum mengenakan baju itu. Karena dikhawatirkan lekuk tubuhnya akan terlihat.

Nah, kira-kira itu dia tambahan contoh busana dan dandanan yang mengarah kepada Tabarruj yang bisa tim cahayaislam ulas kali ini. Insha Allah kita masih akan lanjutkan lagi kok seri artikel ini sampai ke bagian 3 di kesempatan selanjutnya (insha Allah). Semoga dengan ini ukhti sekalian bisa lebih berhati-hati dalam berdandan dan memilih pakaian yang akan dikenakan. Sampai ketemu di artikel selanjutnya ya! Semoga memberi manfaat!


Catatan Kaki

[1] H.R. Sahih Muslim 2128 Bab: Wanita yang Berpakaian Namun Telanjang, Menolak Kebenaran Dan Menyesatkan Orang Lain

3 1

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY