Begini Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Agama Anak Menurut Islam

0
197
Begini Peran Orang Tua 2

Begini peran orang tua – Orang tua merupakan sosok yang memiliki peran penting dalam perkembangan anak. Itu sebabnya, keluarga disebut sebagai sekolah pertama bagi seorang anak. Apalagi seorang Ibu yang menjadi madrasah bagi anak-anaknya. Itu sebabnya, menjadi orang tua tentu saja mengemban peran yang cukup berat. Bukan hanya harus memberikan kasih sayang, namun tahu bagaimana untuk mendidik anak dengan baik. Sehingga bisa membentuk anak yang sholeh dan sholehah kelak.

Begini Peran Orang Tua 1

Dalam mendidik anak tentu saja harus memperhatikan berbagai aspek. Salah satunya adalah aspek keagamaan. Ini adalah ilmu penting yang harus menjadi pembelajaran anak sedari dini. Sehingga anak bisa mengenal agama dan Allah SWT tentu saja.

Dengan mengajarkan anak untuk mencintai agama sejak dini, ini akan membuat anak menjadi lebih mudah dan terbiasa untuk menjalankan kewajiban-kewajibannya kepada Allah SWT nantinya. Dan membantu anak untuk selalu bersandar pada syariat dan ajaran-ajaran islam.

Begini Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Agama Anak Menurut Islam Yang Perlu Diketahui

Begini Peran Orang Tua 2

Begini peran orang tua dalam pembelajaran agama anak. Ada beberapa hal yang harus orang tua lakukan agar anak bisa mengenal agama sedari dini. Apalagi agama adalah pedoman dalam hidup dan merupakan benteng diri. Maka dari itu, anak-anak yang akan menjadi generasi mendatang harus berkembang sebagai aset yang bermanfaat. Itulah kenapa pentingnya agama untuk dipelajari. Dalam islam sendiri, kaum muslimin diajarkan untuk mencari ilmu setinggi-tingginya.

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.(1)

Ayat ini telah menjelaskan bahwasanya orang tua memiliki tanggung jawab untuk memelihara keluarga dari api neraka. Itu sebabnya, orang tua harus mengajarkan ilmu agama kepada anak-anak agar kelak bisa menjadikan anak sebagai aset yang bermanfaat. Dan tentu saja bisa membawa orang tua ke jalan yang mudah menuju surganya Allah SWT. Lalu bagaimana peran orang tua dalam pembelajaran agama bagi anak?

Begini Peran Orang Tua 3

Memelihara Keluarganya

Seperti yang telah dijelaskan dalam ayat Al Quran bahwa orang tua memiliki peran untuk memelihara keluarganya. Inilah peran orang tua juga dalam pembelajaran agama anak. Dengan mendidik dan mengajarkan ilmu agama kepada anak, ini adalah salah satu ikhtiar untuk bisa mencapai apa yang disebut dengan memelihara keluarga dari api neraka. Dengan membentuk anak yang sholeh sholehah, maka akan tercipta keluarga yang bahagia sesuai dengan syariat islam tentu saja.

Menjadi Contoh Bagi Anak

Anak akan meniru perilaku orang tuanya, itulah kenapa orang tua harus tahu bagaimana berperilaku dan menjadi contoh bagi anak. Untuk mengajarkan agama pada anak, sangat penting memberikan contoh kepada anak. Ini agar anak tertarik untuk semakin belajar agama. Orang tua bisa mengajarkan anak shalat, berikan contoh dengan rutin membaca Al Quran dan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya.

Begini peran orang tua – Dalam pembelajaran agama anak, orang tua memiliki peran penting. Dan juga menjadi penentu akan tumbuh seperti apa anak kelak. Jadi sobat CahayaIslam, sebagai orang tua sangat perlu memberikan contoh yang baik kepada anak dalam rangka mengajarkan ilmu agama.


Catatan Kaki:

(1) – Surat At Tahrim Ayat 6

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY