Bagaimana Pandangan Program Tapera dalam Islam?

0
31
Tapera

Tapera Setelah momen idul Fitri berlangsung, pemberitaan mengenai program Tapera yang bisa diakses oleh PNS, TNI / Polri serta elemen lainnya kembali mencuat ke publik. Program ini sebenarnya sudah diwacanakan akan berlangsung mulai bulan Januari di awal tahun, namun pelaksanaannya memang secara bergiliran.

Sobat Cahaya Islam, tempat tinggal adalah sebuah kebutuhan bagi umat muslim agar dapat mendapatkan jaminan keamanan. Hanya saja, tidak sembarang tempat tinggal dapat menjadi hunian yang aman bagi umat bila dalam pembangunannya ternyata ada prinsip yang tidak sesuai dengan Islam. Lantas, bagaimana dengan program Tapera sendiri?

Apa yang Dimaksud Dengan Program Tapera?

Tapera

Program Tapera (Tabungan Perumahan Rakyat) adalah program untuk memberantas kesenjangan sosial sehingga seluruh masyarakat Indonesia dapat memiliki hunian yang nyaman dengan pembayaran secara berkelanjutan. Hanya saja, di awal perintisan ya tak semua elemen dapat menggunakan fasilitas ini. ASN menjadi elemen perintis untuk diterapkan program ini.

Mekanisme pembayarannya sendiri dipotong sebesar 3% dari keseluruhan gaji yang dimiliki. Walaupun tujuannya menggiurkan, nyatanya program ini menimbulkan pro – kontra di tengah masyarakat.

Sebagian besar menyatakan bahwa pembayaran yang dilakukan terlalu tinggi. Bahkan ada segolongan umat yang juga menginginkan skema tabungan perumahan ini dengan skema syariah. Tujuannya agar umat bisa membangun rumah sesuai dengan prinsip syariah sekaligus biaya bisa sedikit lebih dikurangi.

Bagaimana Islam Memandang Tabungan Perumahan Rakyat tersebut?

Tapera

Sobat Cahaya Islam, suatu program yang memudahkan umat agar memiliki hunian baru tentu sangat baik. Hanya saja, perlu ditabayyuni bagaimana akad serta mekanisme pembayaran tabungan tersebut. Selain itu, umat harus dapat memastikan bahwa pembayaran tabungan hunian tersebut bebas dari riba. Sungguh umat akan sangat merugi bila rumah yang ditinggali dapat menjadi suatu keharaman.

Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan Rasulullah SAW dalam haditsnya yakni :

وَكُلُّ قَرْضٍ شَرَطَ فِيهِ أَنْ يَزِيدَهُ ، فَهُوَ حَرَامٌ ، بِغَيْرِ خِلَافٍ

Artinya : “Setiap utang yang dipersyaratkan ada tambahan, maka itu adalah haram. Hal ini tanpa diperselisihkan oleh para ulama.” (Al Mughni, 6: 436)

Muamalah dalam Islam juga mengajarkan bahwa tidak boleh terjadi dua akad. Fenomena dua akad ini biasa terdapat pada mekanisme kredit perumahan rakyat di jaman sekarang. Sehingga umat disarankan untuk menjauhinya. Maka tidak heran, bila di Tabungan Perumahan Rakyat kali ini masyarakat juga menuntut untuk diberlakukan prinsip syariah.

Selain demi keberkahan tempat tinggal, umat juga akan terhindar dari dosa riba.  Selain itu, umat perlu memahami konsep pembangunan hunian sesuai dengan prinsip syariah. Keagungan Islam dalam peraturannya tentu mengajarkan umat untuk berhati – hati dalam beramal termasuk membangun rumah syar’i.

Apa saja yang Perlu Diperhatikan dalam Pembangunan Hunian bagi Muslim?

Sobat Cahaya Islam, terdapat berbagai aspek yang perlu diperhatikan supaya hunian yang ditinggali dapat menjadikan umat nyaman dan terjaga keamanannya. Beberapa aspek diantaranya adalah :

1. Dibangun di Lingkungan yang Baik

Aspek pertama yang perlu diperhatikan yakni kondisi lingkungan sekitar rumah. Pastikan terbebas dari lingkungan maksiat seperti perjudian, perzinahan bahkan hal – hal buruk lainnya. Selain itu, lingkungan yang baik dapat membantu keluarga muslim untuk menanamkan karakter serta nilai – nilai Islam lebih mudah.

2. Tidak Merugikan Orang Lain

Walaupun terlihat sepele, namun rumah yang baik menurut Islam yakni tidak merugikan tetangga sekitar misa dengan membuka akses jalan maupun kemudahan lainnya. Hal ini juga termasuk sebuah pembelajaran bagi umat untuk memuliakan tetangganya.

Nah Sobat Cahaya Islam, itulah ulasan sederhana mengenai pandangan Islam terkait Tapera. Semoga ulasan ini dapat membantu para pembaca untuk lebih memahami tentang kredit perumahan rakyat bagi umat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY